Laboratorium Kalibrasi

Laboratorium Kalibrasi Terakreditasi dari PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing

Masyarakat Indonesia pastinya sudah tidak asing mendengar perusahaan yang satu ini yaitu PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing yang merupakan salah satu perusahaan yang bergerak pada bidang industri otomotif atau lebih tepatnya produksi sepeda motor yang sudah berdiri sejak tahun 1974. Awal mula hadirnya perusahaan ini berfokus pada perakitan motor yang mana komponen dari motor tersebut diproduksi di Jepang.

Dalam perkembanganya PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing memulai ekspansinya di Indonesia. Dengan memiliki visi misi yang mampu mencerminkan budaya kerja perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaannya. Hal ini didukung dengan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing memiliki sumber daya yang handal serta teknologi modern untuk menyediakan produk yang berkualitas.

Dalam upaya meningkatkan kualitas dan memuaskan konsumen inilah PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing  selalu memastikan peralatan yang digunakannya selalu dalam keadaan akurat dan sesuai dengan standar. Oleh karenanya PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing  telah memiliki laboratorium kalibrasi untuk melakukan kalibrasi secara berkala pada setiap alat produksinya. Nah untuk lebih lengkapnya simak pembahasan berikut ini!

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Miliki Laboratorium Kalibrasi Terbaik

Seperti yang Anda tahu, penggunaan alat pengukuran sangatlah luas cakupannya, termasuk dalam industri otomotif. Penggunaan alat ukur yang secara terus menerus dapat membuat kondisi alat tidak akurat, itulah mengapa setiap alat ukur industri membutuhkan kalibrasi. Kalibrasi adalah sebuah kegiatan untuk menetapkan kebenaran konvensional nilai penunjukkan alat ukur terhadap standar ukur yang mampu tertelusur.

Dari pengertian tersebut dapat Anda ketahui jika kalibrasi bukanlah prosedur yang sembarangan. dilakukan. Dimana dalam pelaksanaan kalibrasi dibutuhkan laboratorium kalibrasi yang telah berkompeten. Sebuah laboratorium kalibrasi berperan penting dalam memastikan akurasi sebuah alat telah sesuai dan setara dengan standar baik secara nasional maupun internasional. Laboratorium kalibrasi yang telah terakreditasi juga akan menjadi tolak ukur dan berpengaruh terhadap kualitas mutu sebuah produk.

Oleh karenanya PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing telah memiliki laboratorium kalibrasi yang telah terakreditasi oleh KAN. Sertifikat akreditasi yang diberikan kepada PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing  termuat dalam nomor akreditasi LK-065-IDN yang ditetapkan tanggal 19 November 2020 dan berakhir tanggal 20 September 2025. 

Dengan adanya sertifikat akreditasi ini menunjukkan bahwa laboratorium kalibrasi milik PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing memiliki kompetensi dalam pelaksanaan kalibrasi yang mana lab kalibrasi ini juga telah memenuhi standar SNI ISO/IEC 1705 sebagai persyaratan umum untuk kompetensi laboratorium pengujian dan laboratorium kalibrasi. 

Nah berbicara mengenai lab kalibrasi milik PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing kurang lengkap apabila tidak membahas apa sajakah ruang lingkup kalibrasi yang tersedia di PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, untuk lebih lengkapnya berikut ini!

Ruang Lingkup Kalibrasi PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing

Salah satu ciri laboratorium kalibrasi yang baik adalah dapat melakukan kalibrasi dengan mengukur beberapa aspek atau ruang lingkup yang beragam. Oleh karenanya sebagai laboratorium kalibrasi yang telah diakui kompetensinya PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing memiliki layanan kalibrasi yang tersedia dalam ruang lingkup kalibrasi yang luas dan beragam yaitu diantaranya :

  • Suhu
  • Massa
  • Uji Tekan
  • Kekerasan
  • Force
  • Dimensi
  • Kelistrikan

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan yang dapat artikel ini sampaikan mengenai laboratorium kalibrasi milik PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing. Sebagai produsen sepeda motor sekaligus suku cadangnya perusahaan yang satu ini sangat memperhatikan kualitas dan standar atas semua produk yang dikeluarkannya dengan memiliki laboratorium kalibrasi sendiri yang telah terakreditasi KAN.

Jika Anda ingin melakukan kalibrasi pada laboratorium kalibrasi dari PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Anda dapat menghubungi langsung PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing untuk informasi lebih lanjut dengan cara menghubungi layanan telepon di nomor  021-2457-5555  atau datang langsung ke kantor Yamaha yang  beralamat di  Jl. DR KRT Radjiman Widyodiningrat RT/RW 009-06 Rawa Terate, Cakung Jakarta Timur 13920 Indonesia.