Laboratorium Kalibrasi

Laboratorium Kalibrasi Standar Internasional Milik PT Samsung Electronics Indonesia

Siapa yang tidak kenal dengan merk Samsung? Ya banyak dari masyarakat Indonesia pasti tidak asing lagi dengan nama merk dagang dari PT Samsung Electronics Indonesia ini. Hal ini bukan tanpa alasan, karena perusahaan elektronik asal Korea Selatan ini menjadi salah satu pelopor perusahaan digital tingkat dunia yang sudah terkenal akan produk-produknya yang inovatif dan berkualitas.

Sudah 25 tahun berjalan PT Samsung Electronics Indonesia ini menjadi perusahaan manufaktur yang terus berkembang dan berinovasi dalam memperluas produk strategis di divisi elektronik konsumen. Untuk dapat mengenal lebih dekat tentang PT Samsung Electronics Indonesia mari kita bahas selengkapnya di artikel berikut ini.

PT Samsung Electronics Indonesia Didirikan Laboratorium Kalibrasi Terbaik

PT Samsung Electronics Indonesia memiliki lima prinsip bisnis yang diterapkannya, tepatnya pada tahun 2005 yang mengekspresikan kontribusi Samsung Electronics sebagai pemimpin global terhadap tanggung jawab sosial perusahaan. Tentu prinsip-prinsip ini harus berlandaskan kode etik global yang harus sejalan dengan kewajiban hukum, etika, dan sosial perusahaan. 

Menyinggung terhadap kualitas produk Samsung yang terbaik, tentu tidak lepas dari penggunaan peralatan dan mesin mesin canggih yang terkalibrasi dengan baik dan sesuai standar. Tentu dengan perusahaan besar sekelas Samsung memiliki laboratorium kalibrasinya sendiri yang bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan kualitas produk perusahaan. Dengan memiliki laboratorium kalibrasi sendiri, PT Samsung Electronics Indonesia dapat memastikan akurasi pada instrumen yang digunakan dalam proses produksi. Selain itu, laboratorium ini juga memenuhi standar internasional sehingga hasil pengukuran dapat diterima di seluruh dunia.

Keuntungan Memiliki Laboratorium Kalibrasi

Adapun beberapa keuntungan yang dimiliki laboratorium kalibrasi secara mandiri diantaranya:

Dapat Memenuhi Standar Internasional

Samsung Electronics Indonesia, sebagai bagian dari perusahaan global, harus mematuhi standar internasional untuk memastikan produknya dapat diterima dan diakui di pasar global. Dengan memiliki laboratorium kalibrasi sendiri, perusahaan dapat melakukan kalibrasi terhadap alat ukur dan instrumen yang digunakan dalam proses produksi, sehingga hasil pengukuran akan sesuai dengan Standar Satuan Internasional yang diakui secara global. Hal ini memastikan bahwa produk Samsung memenuhi standar kualitas yang tinggi dan dapat bersaing di pasar internasional.

Memastikan Akurasi Pada Instrumen

Laboratorium kalibrasi yang berstandar internasional akan memastikan bahwa alat ukur dan instrumen yang digunakan dalam proses produksi bekerja secara akurat dan presisi. Dengan akurasi yang terjamin, perusahaan dapat memastikan bahwa proses produksi berjalan lancar dan menghasilkan produk yang berkualitas tinggi. Akurasi instrumen juga sangat penting dalam pengujian dan kontrol kualitas produk, sehingga hasil pengukuran yang tepat akan meminimalkan risiko kesalahan dan kegagalan produksi.

Menjaga dan Meningkatkan Kualitas Produk

Kualitas produk adalah salah satu faktor kunci yang menentukan kepercayaan konsumen terhadap merek Samsung. Dengan laboratorium kalibrasi yang terpercaya, perusahaan dapat memastikan bahwa produk yang beredar di pasaran memiliki kualitas yang baik. Kalibrasi secara berkala akan membantu menjaga kualitas alat ukur dan instrumen, sehingga proses produksi dapat tetap konsisten dan menghasilkan produk yang berkualitas tinggi. Dengan demikian, laboratorium kalibrasi berkontribusi pada peningkatan reputasi perusahaan dan memperkuat posisi Samsung di pasar.

Dapat Mengurangi Kegagalan Produksi

Kegagalan dalam proses produksi dapat menyebabkan banyak kerugian bagi perusahaan, baik dari segi waktu maupun biaya. Laboratorium kalibrasi yang handal akan membantu mengidentifikasi potensi kesalahan dan penyimpangan dalam pengukuran, sehingga tindakan korektif dapat diambil sebelum terjadi kegagalan produksi yang lebih besar. Dengan melakukan kalibrasi secara rutin, perusahaan dapat menghindari kegagalan produksi yang berpotensi merugikan.

Menghindari Kerugian Perusahaan

Kualitas produk yang buruk dapat menyebabkan retur produk, klaim garansi, dan kehilangan kepercayaan konsumen. Semua ini dapat mengakibatkan kerugian finansial bagi perusahaan. Dengan memiliki laboratorium kalibrasi yang berstandar internasional, Samsung dapat memastikan bahwa produk yang dihasilkan telah sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan dan bebas dari cacat. Hal ini membantu menghindari kerugian perusahaan yang disebabkan oleh produk cacat dan memastikan kepuasan pelanggan tetap terjaga.

Kesimpulan

Dari bahasan diatas, kita mengetahui bahwa komitmen perusahaan PT Samsung Electronics Indonesia dalam meningkatkan inovasi dan produksi berbagai barang elektronik berkualitas untuk masyarakat Indonesia bahkan dunia. Hal ini didukung dengan adanya laboratorium kalibrasi terakreditasi KAN dan berstandarisasi internasional dalam menjaga keandalan alat ukur dan mesin serta memastikan produk yang dihasilkan memenuhi standar internasional.

Makanya, kita sering sekali melihat bahwa setiap produk-produk yang dihasilkan oleh PT Samsung Electronics Indonesia ini merupakan produk yang berkualitas tinggi dan terbaik dikelasnya.