Laboratorium Kalibrasi

PT Pulau Sambu Kuala Enok dengan Laboratorium Kalibrasi Terakreditasi KAN

PT Pulau Sambu Kuala Enok, yang didirikan pada tahun 1967, merupakan bagian dari Sambu Group dan merupakan perusahaan yang dirintis oleh Tn. Tay Juhana. Sedangkan Juhana sendiri adalah seorang imigran dari Singapura, memulai perusahaan ini dengan semangat inovasi dan inklusivitas sosial yang mendalam. Dia berupaya membentuk perusahaan yang memanfaatkan semua stakeholder, termasuk petani, mitra bisnis, pelanggan, dan alam itu sendiri.

Tn. Tay Juhana dan PT Pulau Sambu Kuala Enok telah melakukan revolusi di industri kelapa dengan mengembangkan model bisnis baru, berubah dari perdagangan kopra menjadi penggilingan kopra, sebuah pendekatan yang belum pernah ada sebelumnya di wilayah tersebut.

Inovasi dan upaya yang terus menerus telah memungkinkan Sambu Group untuk memperluas jangkauannya dalam menciptakan manfaat bagi masyarakat. Kelompok ini telah tumbuh dan berkembang menjadi suatu yang kita kenal hari ini, dan terus menjalankan visi dan strategi Tn. Juhana untuk mencari peluang baru dan lebih baik. Untuk penjelasan berikutnya akan kita bahas seberapa penting kalibrasi bagi PT Pulau Sambu Kuala Enok.

Seberapa Penting Laboratorium Kalibrasi?

Laboratorium kalibrasi memiliki peran penting dalam menjaga kualitas produk atau bahan baku dengan menguji ketepatan alat ukur pada PT Pulau Sambu Kuala Enok. Dengan demikian, pengukuran akan lebih akurat sehingga operasi industri dapat berjalan dengan aman dan efisien.

Tak hanya bidang industri, akreditasi kalibrasi juga memiliki peran penting dalam proses penelitian. Wakil Rektor Bidang Pengembangan Akademik UII Profesor Jaka Sriyana mengatakan bahwa akreditasi sangat dibutuhkan untuk publikasi hasil penelitian. “Akreditasi memiliki peran penting dengan alat kalibrasi kalau hendak melakukan publikasi hasil penelitian sangat dibutuhkan. Kalau alat yang dipakai ambil data tidak dipastikan akurasinya maka berdampak pada data itu valid atau tidak, ini untuk memastikan bahwa data yang diperoleh akurat. Sehingga analisis lanjutan bisa dijamin keakuratannya” kata Jaka dalam rilisnya, Kamis (30/6/2022).

Laboratorium Kalibrasi PT Pulau Sambu Kuala Enok Telah Terakreditasi KAN

PT Pulau Sambu Kuala Enok telah mendapatkan sertifikasi ISO 9001, ISO 14001, ISO 17025, ISO 45001, SMK3, Halal, dan GMP + B22. Tidak lupa juga dengan sertifikat dari KAN yang penjelasannya ada di bawah ini :

Sertifikat kalibrasi yang dimiliki oleh laboratorium PT Pulau Sambu Kuala Enok memiliki nomor LK-039-IDN dan berlaku hingga 1 April 2027. Sertifikat ini menyatakan bahwa laboratorium yang disebutkan telah menerapkan secara konsisten SNI ISO/IEC 17025:2017(ISO/IEC 17025:2017) yang merupakan persyaratan umum untuk kompetensi laboratorium kalibrasi.

Ruang Lingkup Kalibrasi PT Pulau Sambu Kuala Enok

Dalam mengakomodasi perusahaannya sendiri, PT Pulau Sambu Kuala Enok perlu menyediakan laboratorium kalibrasi yang anda dan lengkap, keadaan ini juga memaksa mereka harus menyediakan berbagai ruang lingkup kalibrasi seperti:

  • Suhu
    Kalibrasi suhu berfokus pada pengukuran dan pengaturan suhu yang akurat pada peralatan dan proses produksi. Ini sangat penting dalam banyak proses industri, termasuk pengolahan makanan, di mana suhu yang tepat penting untuk kualitas produk dan keamanan makanan.
  • Massa
    Kalibrasi massa melibatkan pengukuran dan penyesuaian akurat dari skala dan alat pengukur berat lainnya. Ini penting untuk memastikan konsistensi produk, serta mematuhi standar dan regulasi industri dan pemerintah.
  • Tekanan
    Kalibrasi tekanan digunakan untuk menyesuaikan dan memverifikasi akurasi alat pengukur tekanan, seperti manometer dan transduser tekanan. Ini penting dalam berbagai aplikasi industri, termasuk kontrol proses dan pengujian keselamatan.
  • Volume
    Kalibrasi volume terlibat dalam pengukuran dan penyesuaian alat pengukur volume, seperti pipet dan silinder ukur. Ini penting dalam banyak industri, termasuk farmasi dan kimia, di mana pengukuran volume yang tepat sangat penting.
  • Kelistrikan
    Kalibrasi kelistrikan melibatkan pengukuran dan penyesuaian peralatan pengukur listrik, seperti multimeter dan osiloskop. Dalam banyak industri, alat pengukur listrik digunakan untuk memantau dan mengontrol proses produksi, sehingga akurasi mereka sangat penting.

Kesimpulan

Jadi, kesimpulan dari semua penjelasan ini, PT Pulau Sambu Kuala Enok adalah perusahaan yang sangat serius dalam menjaga kualitas produknya. Mereka tidak hanya memproduksi produk-produk berkualitas, tapi juga memastikan bahwa setiap alat produksi mereka selalu dalam kondisi terbaik dengan memiliki laboratorium kalibrasi yang telah terakreditasi. Jadi, setiap kali Anda menikmati produk mereka, Anda tahu bahwa Anda menikmati yang terbaik.