Laboratorium Kalibrasi

Laboratorium Kalibrasi untuk Menjaga Kualitas Layanan Farmasi dari PT Phapros

Perusahaan PT Phapros adalah sebuah perusahaan farmasi yang merupakan anak dari perusahaan PT Kimia Farma Tbk, Sejak didirikan lebih dari enam dasawarsa yang lalu, tepatnya pada tanggal 21 Juni 1954, perusahaan ini semula merupakan bagian dari pengembangan usaha Oei Tiong Ham Concern dengan nama NV Pharmaceutical Processing Industries yang sejak awal telah menumbuhkan budaya perusahaan yang berbasis pada profesionalisme dan kualitas. 

Saat ini, perusahaan sudah memproduksi lebih dari 250 macam obat yang diklasifikasi dalam kelompok produk etikal, generic, OTC, dan Agromed. Selain itu perusahaan juga dipercaya menjadi industri farmasi lain, untuk memproduksi obat melalui kerjasama kontrak pembuatan produk. Produk tersebut telah dieksplor sejak tahun 2013 hingga saat ini yang telah diizinkan untuk beredar di beberapa negara. Perusahaan juga mulai memperluas lingkup bisnis yaitu berupa alat Kesehatan non elektronik yang telah memperoleh perizinan dari Kementerian Kesehatan RI. 

Layanan Yang Ditawarkan PT Phapros

Telah kita ketahui bahwasanya layanan utama dari perusahaan PT Phapros adalah sebagai salah satu perusahaan farmasi terbesar yang cukup ternama di Indonesia, yang memiliki kegiatan untuk memproduksi obat-obatan umum maupun obat-obatan resep. Dengan begitu produk obat tersebut harus sesuai dengan takarannya. Jika terjadi kesalahan pengukuran dosis obat tersebut, maka dapat menimbulkan berbagai masalah. 

Untuk dapat menghindari hal tersebut, sangat penting bagi perusahaan untuk melakukan kalibrasi secara rutin pada peralatan yang digunakan untuk memproduksi obat. Maka dari itu, perusahaan ini telah memiliki laboratorium kalibrasi/ Laboratorium bidang kalibrasi ini digunakan untuk menjaga kualitas dari produk kami. 

Ruang Lingkup Laboratorium Kalibrasi PT Phapros

Laboratorium kalibrasi PT Phapros juga telah menyediakan beberapa ruang lingkup kalibrasi yang cukup luas. Dengan ruang lingkup kalibrasi tersebut, maka terdapat beberapa jenis alat yang dapat melakukan kalibrasi secara rutin. Akan tetapi apa saja ruang lingkup kalibrasi tersebut? Untuk dapat mengetahuinya simak penjelasan berikut:

  • Suhu dan Kelembaban
  • Massa 
  • Volume 
  • Tekanan 
  • Panjang 
  • Instrumen Analitik

Kredibilitas Laboratorium Kalibrasi Dari PT Phapros

Selalu berupaya untuk dapat menghasilkan suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang farmasi, laboratorium kalibrasi perusahaan PT Phapros telah terakreditasi oleh KAN (Komite AKreditasi Nasional). Akreditasi tersebut telah ditetapkan pada tanggal 17 Oktober 2022 yang berlaku hingga tanggal 16 Oktober 2027, dengan nomor akreditasi LK-184-IDN. Laboratorium kalibrasi ini telah menerapkan secara konsisten SNI ISO/IEC 17025:2017.

Alasan Memilih Laboratorium Kalibrasi Dari PT Phapros

Adapun alasan mengapa memilih laboratorium kalibrasi dari PT Phapros. Alasan yang pertama yaitu mengenai akreditasi laboratorium kalibrasi ini yang telah diakui oleh KAN, serta fasilitas yang cukup mewadahi. Selain itu, para ahli teknisi yang akan menangani proses kalibrasi tersebut telah sangat berpengalaman. Dan alasan lainya mengenai berbagai opsi pembayaran serta ruang lingkup kalibrasi yang beragam. Sehingga akan dapat semakin mempermudahkan kalibrasi tersebut. 

Kesimpulan

Menjadi perusahaan yang bergerak dalam bidang farmasi, membuat PT Phapros selalu berupaya untuk menjadi perusahaan yang terbaik. Salah satu upaya yang telah dilakukan perusahaan ini yaitu dengan menyediakan laboratorium kalibrasi sendiri. Dengan menggunakan laboratorium kalibrasi terakreditasi KAN, sehingga dapat memungkinkan perusahaan untuk dapat memberikan produk yang terbaik untuk para konsumen.