Laboratorium Kalibrasi

Penanganan Kalibrasi Alat Kesehatan dari PT Inti Presisi Medica

Di era modern saat ini, kebutuhan akan alat kesehatan yang akurat semakin meningkat. Masyarakat dan industri kesehatan memerlukan alat yang dapat memberikan hasil pengukuran yang tepat dan konsisten. PT. Inti Presisi Medica atau yang lebih dikenal dengan IPM, merupakan perusahaan yang didirikan berdasarkan Akta Notaris G G Mochtar Rudy, SH. No. 04 pada tanggal 6 Juli 2009.

Berlokasi di Komp. Darmo Park II Blok IV/17, Surabaya, IPM memulai kegiatan komersialnya pada bulan Januari 2014 dengan fokus pada jasa dan perdagangan alat kesehatan. Dalam memastikan setiap produk dan jasa terkait alat kesehatannya ini maka IPM memiliki laboratorium kalibrasi internal. Untuk lebih jelasnya terkait apa saja layanan yang disediakan oleh PT Inti Presisi Medica mari kita simak penjelasan berikut ini.

Layanan Yang Ditawarkan PT Inti Presisi Medica

Dalam mendukung industri kesehatan di Indonesia, IPM menawarkan berbagai layanan yang meliputi yang terkait dengan peralatan kesehatan, seperti pengujian dan kalibrasi alat kesehatan, hingga perawatan dan perbaikan alat kesehatan, berikut penjelasannya.

Pengujian dan Kalibrasi Alat Kesehatan

Dengan dukungan sarana dan prasarana yang memenuhi standar nasional dan internasional, serta tenaga ahli yang berkompetensi, IPM menjamin kalibrasi dan pengujian alat kesehatan yang akurat. Baik dilakukan di tempat pelanggan (in situ) maupun di laboratorium IPM (in house).

Perawatan dan Perbaikan Alat Kesehatan

Selain kalibrasi, IPM juga menyediakan layanan perawatan dan perbaikan alat kesehatan, khususnya untuk alat non-radiologi. Pelayanan ini bisa dilakukan di sarana kesehatan pelanggan atau di workshop IPM.

Daftar Ruang Lingkup Laboratorium Kalibrasi PT Inti Presisi Medica

Sebelum menyelami lebih dalam ruang lingkup kalibrasi yang dilakukan oleh IPM, perlu diketahui bahwa laboratorium kalibrasi memainkan peran penting dalam memastikan alat kesehatan berfungsi dengan baik. Di IPM menguasai ruang lingkup kalibrasi meliputi:

  • Massa 
  • Volume
  • Tekanan 
  • Kelistrikan 
  • Waktu & Frekuensi

Contohnya, dalam ruang lingkup massa, alat seperti timbangan medis akan dikalibrasi untuk memastikan akurasi pembacaannya.

Kredibilitas Laboratorium Kalibrasi Dari PT Inti Presisi Medica

Dalam industri kesehatan, kredibilitas sangat penting. Laboratorium kalibrasi PT Inti Presisi Medica memegang akreditasi dari KAN, yang merupakan bukti komitmen IPM terhadap kualitas dan standar internasional. Sertifikat akreditasi ini menegaskan bahwa IPM memiliki prosedur dan peralatan yang memadai untuk melaksanakan kalibrasi dengan benar.

PT Inti Presisi Medica tercatat memiliki sertifikat akreditasi KAN untuk laboratorium kalibrasinya dengan nomor LK-224-IDN yang berlaku hingga 20 September 2025. Sertifikat ini menyatakan bahwa lab ini secara konsisten bisa menerapkan SNI ISO/IEC 17025/2017(ISO/IEC 17025/2017) yang merupakan persyaratan umum untuk kompetensi laboratorium kalibrasi di Indonesia.

Alasan Memilih Laboratorium Kalibrasi Dari PT Inti Presisi Medica

Memilih laboratorium kalibrasi yang tepat merupakan keputusan krusial bagi industri kesehatan. PT Inti Presisi Medica menawarkan sejumlah kelebihan, antara lain:

  • Tenaga ahli yang profesional dan bersertifikasi.
  • Akreditasi dari KAN.
  • Fasilitas dan peralatan kalibrasi yang berkualitas dan terjaga.
  • Fleksibilitas dalam pilihan lokasi kalibrasi, baik in situ maupun in house.
  • Pembayaran yang transparan.
  • Ruang lingkup kalibrasi yang luas.
  • Komitmen terhadap kepuasan pelanggan dengan standar nasional dan internasional.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, PT Inti Presisi Medica atau IPM telah menunjukkan komitmen dan dedikasinya dalam memberikan layanan kalibrasi dan perawatan alat kesehatan. Dengan standar yang tinggi, tenaga ahli yang berpengalaman, serta fasilitas yang modern, IPM menjadi pilihan yang tepat bagi industri kesehatan di Indonesia yang menginginkan keakuratan dan konsistensi dalam operasional alat kesehatan mereka.