Laboratorium Kalibrasi

Mengenal PT Inti Ganda Perdana dan Laboratorium Kalibrasi yang Bersertifikat KAN

Bagi Anda yang mungkin bekerja di bidang otomotif sudah tidak asing lagi mendengar tentang PT Inti Ganda Perdana. PT Inti Ganda Perdana sendiri adalah perusahaan yang bergerak di bidang komponen otomotif, terutama produsen rear axle dan propeller shaft. 

PT Inti Ganda Perdana sendiri masuk dalam bagian IGP Group yang merupakan perusahaan yang sudah memiliki berbagai sertifikasi seperti ISO 14001, ISO TS 16949, OHSAS 18001, serta Astra Green Company. 

Dalam meningkatkan kualitas dari produk, perusahaan naungan Astra Otoparts ini terus berinovasi dan mengembangkan berbagai teknologi otomotif yang semakin canggih. Tentu didukung oleh fasilitas yang lengkap dan peralatan yang berkualitas. Maka dari itu di artikel ini kita akan membahas tentang laboratorium kalibrasi yang dapat meningkatkan kualitas peralatannya di bawah ini.

PT Inti Ganda Perdana Memiliki Laboratorium Kalibrasi Terakreditasi KAN

Pentingnya kalibrasi alat produksi tak terbantahkan untuk memastikan produk yang bermutu tinggi dan akurasi yang konsisten. PT Inti Ganda Perdana memahami hal ini dengan memiliki laboratorium kalibrasi yang terakreditasi oleh KAN. Dengan laboratorium kalibrasi yang terakreditasi ini, PT Inti Ganda Perdana dapat melakukan kalibrasi secara berkala dan menjaga kualitas alat produksi mereka dengan optimal.

Kalibrasi sendiri merupakan kegiatan untuk menentukan hubungan antara nilai yang ditunjukkan oleh alat ukur dengan nilai yang telah diketahui. Proses ini sangat penting untuk memastikan bahwa alat ukur memberikan hasil pengukuran yang akurat dan dapat dipercaya, sehingga dapat mengurangi risiko kesalahan pengukuran yang berdampak pada kualitas produk atau layanan.

PT Inti Ganda Perdana telah mendapatkan akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) untuk laboratorium kalibrasinya. KAN sendiri merupakan lembaga pemerintah yang bertanggung jawab langsung ke Presiden Republik Indonesia dalam memberikan akreditasi kepada penyedia jasa kalibrasi di Indonesia. Dengan acuan standar internasional ISO/IEC 17025:2017, akreditasi dari KAN ini meningkatkan kepercayaan pelanggan dan pihak terkait terhadap kualitas produk atau layanan yang dihasilkan oleh PT Inti Ganda Perdana.

Sertifikat kalibrasi yang dimiliki oleh laboratorium PT Inti Ganda Perdana memiliki nomor LK-069-IDN dan berlaku hingga 24 Oktober 2026. Sertifikat ini menyatakan bahwa laboratorium yang disebutkan telah menerapkan secara konsisten SNI ISO/IEC 17025:2017(ISO/IEC 17025:2017) yang merupakan persyaratan umum untuk kompetensi laboratorium kalibrasi.

Daftar Ruang Lingkup Kalibrasi PT Inti Ganda Perdana

Laboratorium kalibrasi PT Inti Ganda Perdana memiliki ruang lingkup kalibrasi yang telah terakreditasi oleh KAN. Ruang lingkup kalibrasi adalah daftar parameter, rentang, ketidakpastian, dan metode pengukuran yang dapat dilakukan oleh laboratorium kalibrasi. Beberapa parameter penting yang tercakup dalam ruang lingkup kalibrasi PT Inti Ganda Perdana meliputi:

  • Massa
  • Tekanan
  • Kelistrikan
  • Torsi
  • Panjang

Kesimpulan

Secara keseluruhan, kita mengetahui bahwa PT Inti Ganda Perdana ini terus berinovasi dalam menghadirkan produk-produk otomotif yang berkualitas dengan dukungan peralatan yang terkalibrasi. Ya PT Inti Ganda Perdana mempersiapkan kalibrasi dengan menggunakan laboratorium kalibrasi terakreditasi KAN. Maka dari itu tidak heran jika kalibrasi yang dilakukan ini sudah sesuai dengan standarisasi yang berlaku dan juga dapat meningkatkan kualitas dari produk-produk yang ditawarkan. Semoga bermanfaat!.