Laboratorium Kalibrasi

Laboratorium Kalibrasi Terakreditasi Milik PT Indofood Sukses Makmur

Perusahaan PT Indofood Sukses Makmur, Tbk, , COA-CRD telah didirikan pada tanggal 14 Agustus 1990 dengan nama awal perusahaan yaitu PT Panganjaya Intikusuma, kemudian pada tanggal 6 Februari 1994 perusahaan tersebut berubah nama menjadi PT Indofood Sukses Makmur, Tbk, , COA-CRD. Selama ini kita telah mengenal profil perusahaan tersebut sebagai produsen dan distributor resmi dari salah satu merek mie instan, Indomie. 

Namun, ternyata perusahaan Indofood tidak hanya tentang Indomie saja, akan tetapi banyak sekali produk-produk buatan Indofood lainnya seperti kecap, sarden, bumbu masak, saus, dan beberapa produk lainnya. Setiap perusahaan industri pengolahan makanan pasti sangat penting untuk tetap selalu menjaga performa peralatan produksi agar dapat menghasilkan produk yang berkualitas sehingga dibutuhkan proses kalibrasi pada peralatan tersebut. 

Untuk Apa PT Indofood Sukses Makmur, Tbk, CQA-CRD Memiliki Laboratorium Kalibrasi?

Seperti pada pembahasan diatas, bahwa setiap usaha industri makanan sangat penting melakukan kalibrasi. Tidak hanya itu saja, tuntutan para konsumen terhadap kualitas produk yang berkualitas, mengharuskan PT Indofood Sukses Makmur, Tbk, CQA-CRD menyediakan laboratorium kalibrasi berkualitas pula. Dengan memiliki laboratorium kalibrasi yang sesuai dengan standar dan terakreditasi KAN, bagi perusahaan PT Indofood Sukses Makmur, Tbk, CQA-CRD tidak perlu repot-repot dalam mencari pelayanan kalibrasi untuk pelaksanaan kegiatan kalibrasi pada perusahaan tersebut.

Kanapa PT Indofood Sukses Makmur, Tbk, CQA-CRD Perlu Melakukan Kalibrasi?

Telah kita ketahui, mengenai kalibrasi yang sangat penting untuk dilakukan. Maka dari itu perusahaan PT Indofood Sukses Makmur, Tbk, CQA-CRD berupaya untuk selalu melakukan kalibrasi secara rutin, untuk dapat memastikan akurasi suatu alat ukur, termasuk segala hal yang berikatan dengan peralatan masak yang mereka gunakan. Untuk mengetahui alasan lain kenapa kalibrasi itu penting untuk dilakukan, berikut merupakan penjelasannya: 

Untuk Memenuhi Standar Nasional dan Internasional

Semua negara secara global telah mengakui bahwa aktivitas kalibrasi ini perlu untuk dilakukan, khususnya untuk peralatan masak karena hal ini sangat penting sebagai prosedur standar dalam menggunakan sebuah alat ukur. Dengan menggunakan pedoman pada standar nasional dan internasional maka alat ukur yang digunakan dan hasil pengukurannya dapat diterima di seluruh dunia. 

Dapat Meminimalisir Kegagalan Produksi

Kegagalan pada sebuah produk dapat berasal dari berbagai kesalahan. Tidak melakukan kalibrasi pada alat memasak juga dapat menyebabkan kekhawatiran akan kerugian materi maupun kerugian yang kadang dianggap menjadi produk yang cacat. Oleh sebab itu, setiap peralatan masak juga perlu untuk dikalibrasi secara rutin untuk menghindari penyimpangan nilai ukuran yang terlalu besar pada produk tersebut.

Penjaga Alat Sesuai dengan Spesifikasi

Pada dasarnya, setiap alat ukur dapat mengalami penurunan performa jika telah digunakan dalam jangka waktu tertentu. Inilah salah satu alasan mengapa kalibrasi itu sangat penting . Agar alat ukur yang digunakan tetap dapat berfungsi sesuai dengan spesifikasinya. Untuk itu kalibrasi akan menjadi panduan bagi Anda apakah alat ukur yang digunakan telah sesuai spesifikasinya, harus diperbaiki atau perlu diganti dengan alat ukur yang baru. 

Menjaga Keamanan Produksi

Kalibrasi juga dapat menjaga dan meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan oleh sebuah perusahaan. Ketika alat ukur memiliki kesalahan, maka sudah pasti akan menunjukkan penurunan kualitas suatu produk. Hal ini karena,alat ukur berjalan beriringan dengan kualitas produk sehingga dapat mencangkup proses produksi hingga distribusi produk ke tangan konsumen. 

Ruang Lingkung yang Dimiliki Lab PT Indofood Sukses Makmur, Tbk, CQA-CRD

Tidak hanya itu saja, PT Indofood Sukses Makmur, Tbk, CQA-CRD juga memiliki berbagai ruang lingkup laboratorium kalibrasi untuk memenuhi kebutuhan kalibrasi perusahaan tersebut. Berikut merupakan daftar ruang lingkup yang tersedia, yaitu: 

  • Suhu dan Kelembaban
  • Massa
  • Volume
  • Tekanan
  • Gaya
  • Panjang
  • Waktu dan Frekuensi
  • Instrumen Analitik

Kesimpulan

Sangat menarik bukan, segala upaya yang telah dilakukan oleh perusahaan PT Indofood Sukses Makmur, Tbk, CQA-CRD. Telah berdiri sejak lama dan selalu konsisten untuk berinovasi di bidang makanan membuat perusahaan ini terus berusaha untuk dapat menghasilkan sebuah produk yang terbaik dan berkualitas. 

Hal tersebut, dilakukan oleh perusahaan dengan cara membuat laboratorium kalibrasi untuk berbagai jenis peralatan masak yang mereka gunakan. Sehingga tidak heran, jika perusahaan ini hingga saat ini masih tetap dapat memproduksi produk yang berkualitas dan terpercaya.