proses sertifikasi kalibrasi
Sertifikasi Kalibrasi

Proses Sertifikasi Kalibrasi Melalui Apa Saja? Simak Penjelasannya!

Proses kalibrasi merupakan suatu proses untuk memastikan bahwa alat ukur dan peralatan yang digunakan untuk melakukan pengukuran memberikan hasil yang akurat dan konsisten dengan standar yang ditetapkan. Proses ini melibatkan perbandingan antara hasil pengukuran alat dengan standar referensi yang diketahui dengan pasti.

Proses sertifikasi kalibrasi dilakukan untuk mengakui bahwa laboratorium kalibrasi telah memenuhi persyaratan standar nasional dan internasional yang diatur dalam standar SNI ISO/IEC 17025:2017. Tentunya proses ini tidak mudah dan harus melalui beberapa tahapan, untuk lebih jelasnya, mari kita bahas.

Proses Sertifikasi Kalibrasi yang Harus Dilalui

Proses sertifikasi kalibrasi alat ukur yang harus dilalui terdiri dari beberapa tahapan. Tahapan-tahapan ini harus dilalui untuk memastikan bahwa laboratorium kalibrasi memenuhi persyaratan standar nasional dan internasional sesuai dengan standar SNI ISO/IEC 17025:2017. Berikut adalah penjelasan untuk setiap tahapan dalam proses sertifikasi kalibrasi:

Registrasi online

Tahapan pertama adalah registrasi online di website KAN (Komite Akreditasi Nasional). Laboratorium kalibrasi harus mengisi formulir pendaftaran dan menyediakan informasi yang diperlukan seperti jenis layanan kalibrasi yang disediakan, jumlah personel, dan informasi lain yang berkaitan.

Konfirmasi

Setelah melakukan registrasi online, laboratorium kalibrasi akan menerima konfirmasi dan persyaratan yang harus dipenuhi untuk memulai proses sertifikasi kalibrasi.

Upload dokumen permohonan

Laboratorium kalibrasi harus mengunggah dokumen permohonan seperti surat permohonan, daftar pengukuran yang dilakukan, dan sertifikat akreditasi sebelumnya jika ada.

Uji kelayakan

Setelah dokumen permohonan diunggah, laboratorium kalibrasi akan menjalani uji kelayakan oleh auditor dari KAN. Uji kelayakan ini meliputi evaluasi dokumen, evaluasi sistem manajemen laboratorium, dan verifikasi lapangan.

Melakukan Pembayaran

Setelah uji kelayakan berhasil, laboratorium kalibrasi harus membayar biaya sertifikasi sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Kunjungan lapangan

Auditor dari KAN akan melakukan kunjungan lapangan ke laboratorium kalibrasi untuk mengevaluasi dan memverifikasi implementasi sistem manajemen laboratorium serta memastikan bahwa laboratorium kalibrasi memenuhi persyaratan standar nasional dan internasional yang diatur dalam standar SNI ISO/IEC 17025:2017.

Perbaikan dan verifikasi

Jika ada perbaikan yang harus dilakukan, laboratorium kalibrasi harus memperbaiki terlebih dahulu sebelum auditor melakukan verifikasi akhir.

Hasil

Setelah auditor dari KAN melakukan verifikasi akhir, laboratorium kalibrasi akan diberikan sertifikat akreditasi dan diakui sebagai laboratorium kalibrasi yang terakreditasi dan memenuhi standar internasional.

Dampak Positif yang Diperoleh dari Sertifikasi Kalibrasi

Sertifikasi kalibrasi merupakan suatu proses pengakuan yang diberikan oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) untuk laboratorium kalibrasi yang telah memenuhi persyaratan standar nasional dan internasional yang diatur dalam standar SNI ISO/IEC 17025:2017. Sertifikasi kalibrasi memberikan banyak dampak positif yang sangat penting untuk kemajuan dan perkembangan industri di berbagai sektor. Berikut adalah penjelasan mengenai dampak positif yang diperoleh dari sertifikasi kalibrasi:

  1. Meningkatkan kualitas layanan
    Dengan sertifikasi kalibrasi, laboratorium kalibrasi dapat meningkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada pelanggan. Hal ini dikarenakan laboratorium kalibrasi telah memenuhi persyaratan standar nasional dan internasional, sehingga hasil kalibrasi yang diberikan dapat diandalkan dan akurat.
  2. Menjamin keandalan hasil kalibrasi
    Sertifikasi kalibrasi juga menjamin keandalan hasil kalibrasi yang diberikan oleh laboratorium kalibrasi. Hal ini sangat penting karena hasil kalibrasi yang akurat dan andal dapat digunakan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan dalam berbagai bidang, seperti industri, perdagangan, dan pemerintahan.
  3. Meningkatkan daya saing
    Laboratorium kalibrasi yang telah mendapatkan sertifikasi kalibrasi dapat meningkatkan daya saing di pasar. Hal ini karena sertifikasi kalibrasi merupakan bukti bahwa laboratorium kalibrasi telah memenuhi persyaratan standar nasional dan internasional, sehingga dapat memberikan kepercayaan dan keyakinan bagi pelanggan dalam menggunakan layanan kalibrasi yang disediakan.
  4. Memperbaiki citra perusahaan
    Sertifikasi kalibrasi juga dapat memperbaiki citra perusahaan. Hal ini karena laboratorium kalibrasi yang telah mendapatkan sertifikasi kalibrasi akan diakui sebagai laboratorium kalibrasi yang terakreditasi dan memenuhi standar internasional. Hal ini dapat memberikan kepercayaan dan keyakinan bagi pelanggan dalam menggunakan layanan kalibrasi yang disediakan.
  5. Meningkatkan efisiensi dan produktivitas
    Sertifikasi kalibrasi juga dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas di laboratorium kalibrasi. Hal ini dikarenakan sertifikasi kalibrasi memerlukan proses pengelolaan dan manajemen yang baik, sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas di laboratorium kalibrasi.

Kesimpulan

Dapat kita simpulkan bahwa, Proses sertifikasi kalibrasi dilakukan untuk memastikan bahwa laboratorium kalibrasi telah memenuhi standar nasional dan internasional yang ditetapkan. Proses ini melalui beberapa tahapan, seperti registrasi online, uji kelayakan, kunjungan lapangan, dan verifikasi. 

Dampak positif dari sertifikasi kalibrasi adalah memberikan kepercayaan bagi konsumen dan pelanggan bahwa laboratorium kalibrasi dapat memberikan hasil pengukuran yang akurat dan konsisten.

Kalibrasi.com - News - Permintaan Kalibrasi
  • Kalibrasi.com - Permintaan Kalibrasi

    Lengkapi form ini untuk mendapatkan penawaran jasa kalibrasi dari berbagai mitra laboratorium kami. Jasa kalibrasi yang ditawarkan oleh mitra Kalibrasi.com sudah sesuai standard dan terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN).
  • Should be Empty: