Power Supply

Pedoman Penggunaan pada Power Supply BK Precision 1692 serta Perawatannya

Mempertimbangkan kebutuhan akan sumber daya yang stabil dan dapat diandalkan? Power Supply BK Precision 1692 mungkin solusi yang Anda butuhkan. Sebagai unit yang efisien dengan kapabilitas sebagai basic low power SMU (Source Measurement Unit), alat ini dirancang untuk mengatasi berbagai tantangan dalam pengujian dan pengukuran listrik.

Dalam penjelasan berikut, kami akan menggali lebih dalam mengenai cara penggunaan, bidang yang mendapatkan keuntungan dari penggunaan alat ini, spesifikasi teknis, keunggulan, kisaran harga, serta panduan perawatan dan kalibrasi untuk memastikan alat ini beroperasi dengan optimal.

Pedoman Penggunaan Power Supply BK Precision 1692

Menggunakan Power Supply BK Precision 1692 cukup sederhana seperti model alat lainnya, hal ini dikarenakan hanya perlu menyesuaikan dengan panduan produk yang tersedia, adapun langkah awal yang bisa kalian lakukan meliputi:

  1. Pastikan perangkat terhubung ke sumber listrik yang sesuai.
  2. Sesuaikan tegangan keluaran menggunakan knob atau tombol yang tersedia.
  3. Monitor arus dan tegangan melalui tampilan digital yang ada.
  4. Jika diperlukan, aktifkan proteksi arus untuk mencegah kerusakan pada alat atau rangkaian yang diuji.

Untuk instruksi penggunaan yang lebih detail bisa dibaca di user manual BK Precision 1692

Bidang yang Membutuhkan Power Supply BK Precision 1692

Alat ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan spesifik berbagai aplikasi yang memerlukan sumber daya listrik yang konsisten dan dapat diandalkan. Dari laboratorium penelitian hingga lini produksi industri, kegunaan Power Supply BK Precision 1692 sangat beragam, menandakan betapa pentingnya perangkat ini dalam berbagai konteks kerja.

Bidang yang Membutuhkan Power Supply BK Precision 1692:

  • Laboratorium Penelitian dan Pengembangan: Di laboratorium, konsistensi dan keandalan sumber daya sangat krusial untuk eksperimen dan pengujian yang akurat. BK Precision 1692 memberikan daya stabil yang diperlukan untuk eksperimen ilmiah dan pengembangan teknologi.
  • Industri Elektronik: Dalam manufaktur elektronik, power supply yang dapat diandalkan diperlukan untuk produksi dan pengujian komponen elektronik seperti sirkuit terpadu, PCB, dan peralatan elektronik lainnya.
  • Pendidikan dan Pelatihan: Institusi pendidikan yang mengajarkan kursus terkait elektronika dan teknik sering menggunakan power supply seperti BK Precision 1692 untuk tujuan demonstrasi dan praktikum.
  • Pengujian dan Kalibrasi: Power supply digunakan dalam pengujian dan kalibrasi berbagai perangkat elektronik, memastikan bahwa mereka bekerja sesuai spesifikasi.
  • Perbaikan dan Pemeliharaan Elektronik: Teknisi dan insinyur yang bekerja di bidang perbaikan dan pemeliharaan elektronik memanfaatkan power supply untuk mendiagnosis dan memperbaiki kerusakan peralatan.

Spesifikasi Power Supply BK Precision 1692

Spesifikasi ini mencakup berbagai rentang pengukuran mulai dari output dan input yang bisa dikeluarkan, hal ini perlu dibahas karena terkait dengan kesesuaian dengan kebutuhan dalam berbagai bidang, berikut adalah spesifikasinya lengkap dari Power Supply BK Precision 1692:

Specifications 1692
Output Voltage 3 – 15 V or fixed 13.8 VDC (selectable)
Output Current 40 A continuous
Ripple and Noise <10 mVrms
Line Regulation (120V±10%) 80 mV
Load Regulation (0 – 100% load) 230 mV
AC Input 120 VAC, 60 Hz*
Metering Dual color digital LED
Dimensions (H x W x D) 8.67” x 4.33” x 11.82″ (220 x 110 x 300 mm)
Weight 7.7 lbs. (3.5 kg)
One-Year Warranty
Included Accessories User manual and power cord

Selengkapnya untuk spesifikasi yang lebih detail bisa cek di datasheet BK Precision 1692

Keunggulan Power Supply BK Precision 1692

Alasan utama mengapa Power Supply ini banyak dipilih karena beberapa alasan spesifik, seperti keunggulan yang akan kita telisik sebagai berikut:

  • 3-15VDC, 40A Switching Digital DC Power Supply
  • Lightweight and compact
  • High efficiency
  • Current fold back circuitry with illuminated indicator prevents overloading the power supply
  • Over temperature protection circuitry
  • Over voltage protection prevents abnormal high output voltage
  • High RFI stability
  • Variable output 3V to 15V at 40A
  • Two year warranty

Kisaran Harga Power Supply BK Precision 1692

Ketika berbicara tentang peralatan teknis, memahami kisaran harga sangat penting untuk perencanaan keuangan dan pengadaan. Power Supply BK Precision 1692 menawarkan fitur yang sangat berguna untuk berbagai keperluan teknis, dengan harga yang mencerminkan kualitas dan keandalannya. Secara umum, unit ini dapat dihargai sekitar Rp. 6,864,570.54, yang termasuk garansi dua tahun sebagai bagian dari komitmen produsen terhadap kualitas produk mereka.

Perawatan dan Kalibrasi Power Supply BK Precision 1692

Untuk menjamin operasional yang lancar dan masa pakai yang panjang, perawatan dan kalibrasi yang teratur pada Power Supply BK Precision 1692 tidak dapat diabaikan. Ini adalah langkah penting untuk memastikan bahwa alat beroperasi pada puncak kinerjanya dan menghasilkan hasil yang akurat secara konsisten.

Perawatan Power Supply BK Precision 1692

Perawatan berkala meliputi serangkaian tindakan sederhana namun penting:

  • Pembersihan: Pastikan unit tetap bersih dari debu dan kotoran, yang dapat mempengaruhi kinerja.
  • Pemeriksaan Baterai: Jika unit menggunakan baterai cadangan, periksa dan ganti baterai tersebut sesuai kebutuhan.
  • Perbaikan: Apabila terjadi kerusakan, diperlukan tindakan perbaikan untuk menghindari masalah lebih lanjut. Untuk layanan perbaikan, Anda dapat mengunjungi Kalibrasi.com, di mana tim ahli siap membantu.

Kalibrasi Power Supply BK Precision 1692

Kalibrasi adalah proses yang menyesuaikan dan memverifikasi bahwa output power supply sesuai dengan standar yang ditetapkan. Ini sangat penting untuk aplikasi yang memerlukan tingkat akurasi tinggi. BK Precision 1692, dengan kemampuannya yang dapat disesuaikan, harus dikalibrasi secara teratur untuk memastikan bahwa outputnya tetap akurat dan konsisten.

  • Frekuensi Kalibrasi: Frekuensi kalibrasi yang dianjurkan akan tergantung pada seberapa sering dan dalam kondisi apa perangkat digunakan.
  • Standar Kalibrasi: Proses kalibrasi harus sesuai dengan standar industri yang berlaku untuk menjamin keakuratan.
  • Layanan Profesional: Menggunakan layanan profesional seperti yang ditawarkan oleh Kalibrasi.com untuk melakukan kalibrasi sangat disarankan.