Power Supply

Memahami Spesifikasi Power Supply BK Precision 1670A dan Perkiraan Harga

Mungkin Anda sudah sering mendengar mengenai istilah power supply. Namun, apa Anda tahu apa power supply itu? Singkatnya, power supply adalah rangkaian komponen elektronik yang dirancang untuk memasok daya listrik ke setidaknya satu atau beberapa perangkat elektronik. selain itu, alat ini juga mampu mengubah beberapa bentuk energi yang berbeda seperti angin, matahari energi mekanik, atau kimia menjadi energi listrik.

Kini Anda dapat menemukan alat power supply dengan mudah, karena sudah banyak alat power supply dari berbagai brand yang telah beredar dipasaran. Salah satunya yaitu power supply brand BK Precision, yang merancang alat ini dengan model 1670A. Power supply BK Precision 1670A yang mampu melakukan input saluran 220VAC yang mencakup mode operasi tegangan konstan dan arus konstan dengan basic low power. 

Dilengkapi dengan instrumen smu (source measurement unit) yang bisa menggabungkan fungsi sumber dan fungsi pengukuran pada pin. Apabila Anda tertarik dengan power supply BK Precision 1670A. Nah, artikel ini akan membantu Anda untuk memahami segala sesuatu mengenai power supply BK Precision 1670A. Untuk itu, simak segala penjelasan artikel ini dengan seksama. 

Spesifikasi Power Supply BK Precision 1670A

Bagi Anda yang memiliki rencana ingin membeli alat power supply BK Precision 1670A, maka penting bagi Anda untuk mengetahui rincian spesifikasi alat ini. Untuk itu, berikut merupakan rincian spesifikasinya:

Model 1670A
Output Parameters
Number of Outputs Three (1 variable, 2 fixed)
Range 0-30 V / 0-3 A (variable)
12 V ±5% / 500 mA (fixed)
5 V ± 5% / 500 mA (fixed)
Constant Voltage Operation
Line Regulation ≤0.05% + 10 mV (main) ≤1% (fixed output)
Load Regulation ≤0.05% + 10 mV (main) ≤1% (fixed output)
Ripple & Noise ≤5 mV rms
Constant Current Operation
Adjustable Current Range 5% to 100% (Main)
Line Regulation ≤0.4% + 10 mA
Load Regulation ≤0.4% + 10 mA
Ripple & Noise ≤10 mA rms
Metering
Display 3-digit LCDs
Voltmeter Resolution 0.1 V
Voltmeter Accuracy ±(1% reading + 2 digits)
Ampmeter Resolution 0.01 A
Ampmeter Accuracy ±(1% reading + 2 digits)
General
Overload Protection Current limiting, Reverse polarity, Overvoltage, Short circuit
AC Input 115/230 VAC, 50/60 Hz
Power Consumption 165 W
Operating Temperature 0° to 40°C < 10-80% R.H.
Storage Temperature -15° to 70°C < 85% R.H.
Dimensions (H x W xD) 4.9” x 8.5” x 9.5″
(124 x 216 x 242 mm)
Weight 10 lbs (4.5 kg)
One-Year Warranty
Included Accessories Instruction manual and spare fuse

Selengkapnya untuk spesifikasi yang lebih detail bisa cek di datasheet BK Precision 1670A

Pedoman Menggunakan Power Supply BK Precision 1670A

Agar Anda bisa menggunakan semua instrumen yang telah disebutkan pada penjelasan sebelumnya. Berikut ini terdapat pedoman penggunaan power supply BK Precision 1670A yang bisa Anda ikuti setiap langkahnya. Berikut langkah dasar yang dapat Anda lakukan:

  1. Hubungkan power supply BK Precision 1670A ke perangkat yang Anda gunakan. 
  2. Kemudian periksa polaritas alat, sebelum Anda menyalakan catu daya, hal ini guna untuk menjaga kerusakan perangkat. 
  3. Selanjutnya, nyalakan alat dan tunggu hingga voltase dapat menaik secara perlahan-lahan ke level yang sesuai dengan keinginan Anda. 
  4. Jika Anda sudah selesai menggunakan power supply BK Precision 1670A, mematikan dan putuskan segala sambungan dari perangkat Anda. 

Simak manual yang tersedia dengan paket pembelian untuk mengetahui penjelasan lengkap mengenai pedoman penggunaan power supply BK Precision 1670A. 

Bidang yang Memanfaatkan Power Supply BK Precision 1670A

Dengan kemampuan power supply BK Precision 1670A, ada banyak bidang yang memanfaatkan alat ini untuk perangkat elektronik yang digunakan di alat-alat bidang tersebut. Bidang yang menggunakan alat ini seperti produksi industri, bidang penelitian ilmiah, bidang telekomunikasi, dan bahkan laboratorium pendidikan. Alat ini dapat diandalkan dan sangat fleksibel untuk menjadi solusi pilihan terbaik di berbagai aplikasi. 

Kelebihan Power Supply BK Precision 1670A

Cukup banyak bukan, bidang-bidang yang menggunakan power supply BK Precision 1670A ini. Selain itu, alat ini dapat menawarkan berbagai kelebihan yang dapat dirasakan oleh para pengguna. Beberapa kelebihan power supply BK Precision 1670A diantaranya:

  • Triple-output 30V, 3A digital display DC power supply
  • One variable 0 to 30 VDC, 0 to 3 A variable section
  • One 12 VDC fixed section
  • One 5 VDC fixed section
  • Ideal for general electronic servicing, school electronics labs, and powering up hobbyist’s projects
  • One year warranty

Perkiraan Harga Power Supply BK Precision 1670A

Untuk perkiraan harga power supply BK Precision 1670A kini berkisar Rp. 4.865.155,50 per unit. Bila Anda ingin mendapatkan harga yang lebih terjangkau, Anda bisa melakukan proses pembelian alat di Ralali.com. Ralali.com sudah menjadi distributor resmi di Indonesia yang menyediakan alat power supply dari BK Precision. Dibawah ini telah tersedia banner yang dapat Anda klik untuk dapat langsung menuju ke laman resmi milik Ralali.com.

Maintenance dan Kalibrasi Power Supply BK Precision 1670A

Seperti yang telah Anda ketahui, memiliki power supply BK Precision 1670A berarti tidak hanya sekedar menggunakannya saja. Akan tetapi Anda juga perlu melakukan maintenance dan kalibrasi secara berkala. Agar Anda dapat mengetahui maintenance dan kalibrasi seperti pa yang perlu Anda lakukan, pada pembahasan berikut ini akan dijabarkan dengan lengkap mengenai maintenance dan kalibrasi alat. 

Maintenance Power Supply BK Precision 1670A

Melakukan maintenance pada alat, Anda perlu memastikan untuk selalu mengikuti petunjuk yang sudah tertera di manual book. Jangan lakukan servis apa pun, yang tidak tertera dalam operasi instruksi kecuali bila Anda mampu memenuhi syarat untuk melakukan maintenance. Dengan mengikuti petunjuk maintenance ini, dapat memungkinkan alat tetap dapat Anda gunakan dengan aman dan nyaman. 

Kalibrasi Power Supply BK Precision 1670A

Lalu mengenai kalibrasi ini adalah langkah penting guna untuk memastikan alat yang Anda gunakan dapat berfungsi dengan optimal. Proses kalibrasi ini perlu dilakukan secara rutin dan hanya bisa ditangani oleh seorang ahli yang profesional seperti Kalibrasi.com. Jika Anda ingin melakukan kalibrasi, Anda dapat mengisi form di bawah ini untuk mengajukan layanan di Kalibrasi.com.