Power Supply

Cara Penggunaan Power Supply BK Precision 1550 serta Perawatannya

Bagi seorang yang bergelut d dunia kelistristrikan pastinya sudah tidak asing lagi dengan Power supply. Power Supply merupakan sebuah perangkat keras yang berperan dalam menyuplai tegangan atau daya secara langsung ke komponen yang ada dalam casing sebuah perangkat elektronik. Alat ini berfungsi untuk menyuplai tegangan langsung ke komponen dalam casing yang membutuhkan tegangan dengan cara mengubah tegangan AC menjadi DC.

Brand yang dikenal memproduksi power supply berkualitas adalah BK Precision, perusahaan ini telah mengembangkan power supply beragam seri satu diantaranya adalah power supply BK Precision 1550 yang merupakan basic low power dengan catu daya kompak 108 watt yang menghasilkan 1-36 V dan 0-3 A dari keluaran terisolasi utamanya. 

Sebagai alat SMU (source measurement unit) seri ini memiliki fitur unik dari persediaan 1550 adalah port pengisian daya USB yang terletak di panel depan memungkinkan pengguna untuk mengisi daya ponsel atau pemutar MP3. Alat ini cukup flexible digunakan untuk kebutuhan supply daya, jadi tertarikkah Anda memiliki alat ini? Untuk mengetahui lebih lanjut tentang alat dapat Anda simak dalam penjelasan berikut ini

Cara Penggunaan Power Supply BK Precision 1550

Setelah menyimak penjelasan diatas, sebagai pengguna alat, sebelum menggunakan atau memutuskan membeli alat Anda sebaiknya juga mengetahui tentang cara menggunakan power supply BK Precision 1550. Sebenarnya untuk cara kerja power supply cukuplah sederhana, dimana ketika Anda menyalakan power pada komputer, power supply akan melakukan pemeriksaan dan tes sebelum menjalankan sistem.

Meskipun cenderung mudah, jika Anda bingung dengan cara penggunaan power supply BK Precision 1550 ada baiknya Anda mempelajari lebih lanjut melalui manual booknya. Ada versi onlinenya yang bisa dibaca di buku panduan penggunaan power supply BK Precision 1550

Bidang yang Memanfaatkan Power Supply BK Precision 1550

Dalam penggunaannya power supply BK Precision 1550 memiliki peran penting untuk alat alat kritikal yang umumnya digunakan pada berbagai bidang atau sektor industri. Hal ini karena hampir semua kegiatan bisnis mengandalkan perangkat digital. Oleh karenanya power supply BK Precision 1550 ini ideal untuk semua peralatan suplai daya di laboratorium, bengkel kerja, dan sekolah dimana umumnya memiliki suplai daya terbatas

Spesifikasi Power Supply BK Precision 1550

Alat elektronik seperti power supply BK Precision 1550 pastinya dilengkapi dengan spesifikasi handal untuk kebutuhan suplai daya peralatan kritikal bisnis Anda. Untuk lebih jelasnya mengenai spesifikasi ini dapat Anda simak dalam tabel berikut ini :

Specifications 1550
MAIN OUTPUT
Output Voltage Adjustable Range 1.0 – 36 VDC
Output Current Adjustable Range 0 – 3 A
Voltage Regulation
Load (10 % to 100 %) ±50 mV
Line (min to max) ±20 mV
Ripple ±5 mV rms
Noise (Peak to Peak) ±50 mV
Current Regulation
Load (10 % to 100 %) ±20 mA
Line (min to max) ±20 mA
USB OUTPUT
Output Voltage 5 V (±10 %)
Output Current 400 mA (±10 %)
Load Voltage Regulation 80 mV (±10 %)
Ripple & Noise (no load rms) 8 mV (±10 %)
OTHER
AC Input 100 – 120 Vac (50~60 Hz)*
Efficiency at Max Power 83 % (±10 %)
Voltmeter and Ammeter Display 3 Digit
Voltmeter Accuracy ±1 % of rdg. ± 5 digits
Switching Operation Frequency 80 kHz to 120 kHz
Ammeter Accuracy ±1 % of rdg. ± 5 digits
Full Load Input Current at 120 Vac 1.8 A (±10 %)
LCD Indication CC, CV, Amp, Volt, Output ON-OFF
GENERAL
Protection Short Circuit, Overload, Over Temperature, Over Voltage
Dimensions (W x H x D) 2.8” x 6.0” x 9.8” (70 x 150 x 250 mm)
Weight 4.4 Lbs. (2 kgs)
One-Year Warranty
Supplied Accessories User manual and power cord

Selengkapnya untuk spesifikasi yang lebih detail bisa cek di datasheet BK Precision 1550

Kelebihan Power Supply BK Precision 1550

Dari penjelasan diatas mengenai spesifikasi alat, perlu Anda ketahui power supply BK Precision 1550 memiliki beragam kelebihan untuk menunjang kebutuhan peralatan suplai daya Anda. Berikut ini kelebihan-kelebihan yang dimiliki power supply BK Precision 1550 diantaranya dapat Anda simak dalam point point berikut :

  • Switching DC bench power supply with USB charger output 1-36V, 0-3A
  • Rear panel security loop
  • Compact design frees up bench space
  • Output On/Off control
  • Large bright easy to read LCD display
  • Constant voltage and constant current operation
  • Overvoltage protection
  • One year warranty

Kisaran Harga Power Supply BK Precision 1550

Jika ingin memiliki alat ini berapakah harga yang harus dibayarkan untuk memiliki power supply BK Precision 1550 ini? Berdasarkan harga resmi yang ditawarkan oleh BK Precision, produknya pada seri power supply BK Precision 1550 ditawarkan dengan harga Rp. 3.225.896,07. Meskipun begitu harga tersebut masih dapat berubah kapan saja seiring dengan nilai tukar rupiah.

Maka dari itu untuk mendapatkan harga yang lebih pasti, terjangkau, dan memiliki kualitas alat terbaik. Pilihlah tempat beli produk BK Precision 1550 melalui distributor resminya, yang dapat Anda andalkan melalui Ralali.com. Platform penjualan peralatan ukur dan uji ini telah dipercaya memiliki reputasi baik dan selalu melakukan quality control pada alat sebelum alat sampai ditangan konsumen.

Yuk segera dapatkan power supply BK Precision 1550 di Ralali.com dengan cara klik banner berikut untuk menuju halaman produk di Ralali.com.

Perawatan dan Kalibrasi Power Supply BK Precision 1550

Memiliki sebuah alat tidak boleh hanya melakukan perawatan pada saat alat mengalami gangguan saja, melainkan dilakukan secara rutin dan terjadwal melalui kegiatan perawatan dan kalibrasi. Untuk melakukan  perawatan dan kalibrasi apa saja yang harus dilakukan? untuk lebih jelasnya simak dalam penjelasan berikut  ini! 

Perawatan Power Supply BK Precision 1550

Sebuah alat sudah semestinya mendapatkan perawatan secara rutin untuk meminimalisir gangguan yang jika dibiarkan dapat menyebabkan kerusakan pada alat itu sendiri. Dalam pelaksanaanya perawatan juga tidak hanya dilakukan dengan biaya yang mahal Anda juga dapat melakukan perawatan dengan cara sederhana.

Perawatanya Anda dapat melakukan dengan membersihkan alat setelah digunakan, menyimpannya pada tempat yang benar, dan memperbaiki kerusakan ringan. Anda juga dpat melakukan perawatan berdasarkan rekomendasi pabrikannya.

Kalibrasi Power Supply BK Precision 1550

Tidak kalah pentingnya dengan perawatan, kalibrasi menjadi salah satu hal penting yang wajib dilakukan setiap peralatan ukur dan uji termasuk power supply untuk menjaga kestabilan arus tegangan listrik pada berbagai komponen komputer.  Kalibrasi membantu menetapkan standar pengukuran agar akurat dan valid sehingga penggunaan alat tidak menyebabkan kerugian.

Prosedur kalibrasi umumnya dilakukan oleh teknisi ahli yang memiliki pengalaman dibidang kalibrasi untuk menjamin hasil kalibrasi sesuai standar. Maka dari itu Anda perlu melibatkan jasa kalibrasi seperti Kalibrasi.com yang telah berkompeten dalam menangani kebutuhan jasa kalibrasi.

Platform ini menyediakan layanan jasa kalibrasi terlengkap dengan ruang lingkup kalibrasi yang luas. Kalibrasi.com juga telah bekerjasama  dengan laboratorium kalibrasi terakreditasi KAN. Jika sedang membutuhkan jasa kalibrasi, yuk segera hubungi Kalibrasi.com untuk mendapatkan layanan jasa kalibrasi terbaik dengan cara mengisi form yang tersedia berikut ini!