Proses Kalibrasi

5 Langkah Penting Pada Saat Melakukan Pengujian Kalibrasi

Seperti yang sudah kita ketahui semua bahwasannya saat ini kalibrasi sangat dibutuhkan dalam setiap kegiatan industri. Kalibrasi ini sendiri diperlukan guna memastikan bahwa hasil pengukuran akan tetap selalu akurat. Karena nantinya ketika hasil pengukuran sudah menunjukan ketidakakuratan, tentunya akan berdampak pada kualitas produk dan kepercayaan konsumen. Untuk itulah mengapa proses kalibrasi begitu penting untuk alat ukur dan uji saat ini.

Kalibrasi sendiri banyak dilakukan tidak hanya untuk menjaga hasil ukur tetap akurat, melainkan juga untuk menjaga fungsi dan juga sebagai perawatan dari alat ukur agar tidak mudah rusak. Alat ukur semahal apapun jika digunakan secara terus menerus tanpa adanya perawatan yang baik dan benar jelas akan rusak. Maka dari itulah mengapa kalibrasi begitu penting dilakukan pada alat ukur.

Pengujian kalibrasi sendiri juga tidak boleh asal-asalan dilakukan. Hal ini tentunya terkait dengan proses kalibrasi yang baik dan benar untuk memperoleh hasil kalibrasi terbaik pula. Ada langkah-langkah penting dalam proses pengujian kalibrasi yang tentunya harus dilakukan untuk hasil kalibrasi maksimal.

Apa yang Dimaksud Pengujian Kalibrasi

Pengujian kalibrasi yang dilakukan secara rutin sudah tentu akan memberikan banyak manfaat untuk alat ukur dan juga untuk Anda sebagai pemiliknya. Setiap alat ukur yang digunakan tentunya memiliki fungsi masing-masing. Jika alat ukur tersebut digunakan secara terus menerus tanpa diimbangi dengan perawatan yang baik dan benar jelas akan mengalami penurunan performa bahkan hingga kerusakan.

Maka dari itu untuk menghindari terjadinya penurunan performa, fungsionalitas hingga resiko terjadinya kerusakan penting sekali untuk dilakukan pengujian kalibrasi secara rutin. Selain itu, pengujian kalibrasi ini dilakukan juga untuk menjaga sistem manajemen mutu contohnya seperti ISO 9000, dll.

Langkah-langkah Pengujian Kalibrasi

Dalam pelaksanaan pengujian kalibrasi ini tentunya ada langkah-langkah yang harus dilakukan. Ada beberapa langkah penting dalam setiap pengujian kalibrasi. Berikut ini penjelasan mengenai langkah pengujian kalibrasi yang bisa Anda simak dan juga ikuti :

Persiapan kalibrasi, dari alat hingga metode

Langkah penting dalam pengujian kalibrasi yang pertama jelas melakukan persiapan kalibrasi dari alat yang akan dikalibrasi, alat untuk kalibrasi hingga metode yang akan digunakan dalam proses pengkalibrasian.

Pelaksanaan kalibrasi mulai dari pengamatan

Selain mempersiapkan peralatan untuk berjalannya proses kalibrasi, langkah selanjutnya adalah pelaksanaan kalibrasi itu sendiri. Anda dapat melakukan pengamatan awal pada alat, melakukan penyetelan, melakukan pengamatan wajar hasil ukur hingga menentukan nilai ketidakpastian dari alat ukur itu sendiri.

Menghitung data kalibrasi

Langkah pengujian kalibrasi yang ketiga ialah dengan melakukan penghitungan data kalibrasi yang sudah dilakukan. Penghitungan ini tentunya sesuai dengan metode kalibrasi yang digunakan. Proses penghitungan data kalibrasi ini meliputi penghitungan konversi satuan, menghitung nilai rata-rata, hingga menentukan standar deviasi.

Menentukan ketidakpastian kalibrasi

Sedangkan langkah pengujian kalibrasi berikutnya adalah menentukan ketidakpastian kalibrasi alat ukur. Langkah ini juga menjadi langkah yang bisa dikatakan cukup penting dalam pengujian kalibrasi.

Membuat laporan hasil kalibrasi

Tahapan selanjutnya adalah membuat laporan hasil kalibrasi. Format dalam pembuatan laporan ini tentunya mengacu pada pedoman SNI 19-17025. setelah laporan dibuat sesuai dengan format dan pedoman, nantinya juga penting dan wajib untuk disahkan oleh kepala laboratorium kalibrasi.

Menghemat biaya

Melakukan pengujian kalibrasi ini sendiri tentunya dapat dikatakan menghemat biaya pengadaan alat ukur baru. Hal ini dikarenakan alat ukur selalu dirawat dengan cara yang baik dan benar tentunya akan mengurangi resiko terjadinya kerusakan yang berujung pada penggantian atau pengadaan alat ukur baru.

Kesimpulan

Dengan penjelasan diatas dapat diambil kesimpulan bahwasannya langkah dalam pengujian kalibrasi terbilang cukup simpel namun memiliki peran penting. 5 langkah dalam pengujian kalibrasi tidak boleh sampai terlewatkan karena jika terlewatkan maka pengujian kalibrasi bisa dikatakan tidak sempurna. Selain melakukan pengujian kalibrasi, tentunya mengetahui parameter kalibrasi juga penting untuk Anda ketahui.