Electrical Measuring, Multimeter

Mengenal Multimeter, Kegunaan, Hingga Rekomendasi Brandnya

Multimeter adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur beberapa nilai listrik. Multimeter dapat mengukur tegangan, arus, hambatan, dan (terkadang) menguji kontinuitas. Mungkin saja Anda memiliki alat ini di rumah untuk mengukur tegangan yang ada di baterai, atau ada di aki kendaraan bermotor. Hal tersebut memang sangat wajar, akan tetapi apakah Anda tahu sebenarnya apa penjelasan dari multimeter? Dan bagaimana kegunaannya?

Karena jaman semakin maju, penggunaan listrik sudah sangat marak ditemukan di berbagai tempat, dalam hal penanganannya, listrik membutuhkan beberapa alat khusus, salah satunya multimeter yang akan dijelaskan di pembahasan dibawah.

Mari Membahas Tentang Multimeter

Multimeter adalah alat yang sangat berharga untuk memecahkan masalah berbagai komponen listrik. Beberapa kegunaannya yang sangat umum adalah untuk:

  • Stop Kontak di dinding
  • Kabel listrik
  • Peralatan
  • Elektronik konsumen
  • Sistem kelistrikan kendaraan

Beberapa multimeter juga berbeda-beda. Paling mencolok adalah saat Anda mengetahui bahwa multimeter ini memiliki dua jenis, yaitu analog yang masih menggunakan penunjuk jarum dan juga digital yang sudah menggunakan layar LED.

Prinsip Dasar dari Multimeter

Multimeter memang menjadi alat yang serbaguna, dan sampai sekarang ini penggunaannya akan selalu penting. Multimeter memiliki prinsip dasar yang beroperasi berdasarkan prinsip kumparan putar yang menggunakan magnet permanen. Dalam alat pengukur multimeter dengan kumparan putar, besaran listrik dikonversi menjadi gerakan jarum penunjuk. Prinsip ini terutama digunakan dalam pengukuran besaran listrik arus searah, di mana perubahan besaran listrik menghasilkan gerakan jarum penunjuk melalui sistem induksi elektromagnetik.

Jika dilihat dari segi desainnya juga, Multimeter memiliki panel yang terdiri dari beberapa komponen penting, termasuk jarum penunjuk, skala pengukuran, dan sekrup pengaturan jarum. Jarum penunjuk berfungsi sebagai petunjuk nilai besaran yang diukur, membantu pengguna dalam membaca hasil pengukuran. 

Skala pengukuran dibagi berdasarkan jenis besaran listrik yang akan diukur, seperti skala tegangan, skala arus, dan skala resistor. Sekrup pengaturan jarum digunakan untuk mengkalibrasi posisi jarum penunjuk, yang dapat diatur dengan memutar sekrup ke arah kiri atau kanan menggunakan obeng dengan mata datar. Dengan desain ini, multimeter dapat digunakan secara efisien untuk berbagai pengukuran besaran listrik.

Kegunaan Multimeter

Keserbagunaan multimeter yang mengesankan disebabkan oleh kemampuannya menguji tiga unit dasar listrik, termasuk:

  • Tegangan: Multimeter dapat menguji dua bentuk tegangan: arus bolak-balik (AC) dan arus searah (DC). AC adalah tegangan yang digunakan pada kabel listrik rumah Anda, sedangkan DC digunakan terutama pada kendaraan, tata surya perumahan, dan elektronik konsumen. Tegangan diukur dalam volt.
  • Resistance: Resistansi atau resistensi adalah perlawanan terhadap aliran arus melalui suatu rangkaian, dan diukur dalam Ohm.
  • Arus: Secara umum, arus adalah jumlah listrik yang mengalir melalui rangkaian, dan diukur dalam ampere. Jumlah ampere yang mengalir melalui suatu rangkaian adalah perbedaan antara tegangan yang diberikan dan hambatan yang ada. Milliampere (1/1.000 ampli) adalah satuan ampere yang paling umum diukur dengan multimeter.

Selain menguji ketiga fungsi tersebut, beberapa multimeter menguji kontinuitas, atau tidak adanya hambatan dalam suatu rangkaian. Tidak semua multimeter memiliki fungsi kontinuitas khusus, namun multimeter mengeluarkan bunyi bip saat ada kontinuitas. Jika pengaturan ini tidak ada, pengujian resistansi dapat digunakan.

Rekomendasi Brand Multimeter yang Kredibel

Sudah tahu tentang multimeter? Sekarang bagaimana dengan rekomendasi brand multimeter yang sekiranya cocok untuk kebutuhan Anda? Ada dua brand yang bisa Anda pilih, yaitu:

  • Multimeter HT Italia
    Multimeter HT Italia sangat cocok bagi Anda yang ingin mendapatkan multimeter dengan pengukuran yang sangat presisi. Terdapat berbagai jenis multimeter dari brand ini yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Lebih lengkapnya untuk keunggulan dan spesifikasi yang ditawarkan brand ini bisa dicek di Multimeter HT Italia
  • Multimeter Chauvin Arnoux
    Kedua adalah multimeter Chauvin Arnoux. Brand ini sudah sangat terkenal untuk penggunaan di kalangan industri. Dengan desainnya yang mumpuni, fitur yang lengkap, serta sistem keamanan pada multimeter yang sudah bersertifikat, membuat Chauvin Arnoux adalah pilihan paling tepat untuk penggunaan multimeter di tingkat yang advance. Lebih lengkapnya untuk keunggulan dan spesifikasi yang ditawarkan brand ini bisa dibaca di multimeter Chauvin Arnoux