Multimeter

Instruksi Penggunaan Multimeter HT Italia HT25N dan Perawatannya

Mencari multimeter yang berkualitas tentu saja sudah menjadi kewajiban bagi berbagai industri. Untuk memberikannya pengukuran yang paling bagus, tentu memilih brand terpercaya seperti HT Italia adalah pilihan yang sangat tepat. Namun, perlu Anda ingat juga bahwa penggunaan multimeter juga harus Anda perhatikan. Salah satunya adalah dalam menggunakan multimeter berkualitas, HT Italia HT25N.

Bagaimana instruksi penggunaan multimeter HT Italia HT25N ini? Dan bagaimana cara perawatannya?

Instruksi Penggunaan Multimeter HT Italia HT25N

Multimeter HT Italia HT25N adalah alat yang sangat berguna dalam mengukur berbagai parameter listrik. Agar Anda dapat menggunakannya dengan efisien dan akurat, berikut adalah instruksi penggunaan langkah demi langkah:

  1. Nyalakan Multimeter: Putar tombol daya (power) pada multimeter ke posisi “ON” untuk menghidupkannya.
  2. Pilih Fungsi: Pilih fungsi pengukuran yang sesuai dengan yang Anda butuhkan. Multimeter HT Italia HT25N dapat digunakan untuk mengukur tegangan AC/DC hingga 600V dan arus DC hingga 10A. Anda dapat memilih fungsi ini dengan memutar tombol fungsi.
  3. Hubungkan Probe: Gunakan probe merah dan hitam yang disertakan dengan multimeter. Hubungkan probe merah ke terminal positif pada objek yang akan diukur, dan probe hitam ke terminal negatif atau titik referensi (biasanya berlabel “COM”).
  4. Baca Tampilan: Tampilan LCD multimeter akan menampilkan hasil pengukuran dalam bentuk angka. Pastikan untuk memperhatikan unit pengukuran yang ditampilkan (misalnya, volt atau ampere).
  5. Sesuaikan Rentang: Jika hasil pengukuran terlalu tinggi atau terlalu rendah, sesuaikan rentang pengukuran dengan memutar tombol rentang (range) pada multimeter.
  6. Perhatikan Polaritas: Jika Anda mengukur tegangan, pastikan untuk memeriksa polaritasnya, yaitu positif (+) dan negatif (-).
  7. Data HOLD dan REL: Multimeter HT Italia HT25N dilengkapi dengan fungsi Data HOLD untuk membekukan data hasil pengukuran pada layar. Selain itu, terdapat fungsi REL untuk pengukuran relatif.
  8. Matikan Multimeter: Setelah selesai, putar tombol daya ke posisi “OFF” untuk mematikan multimeter dan menghemat daya baterai.

Untuk instruksi penggunaan yang lebih lengkap bisa disimak di user manual HT Italia HT25N

Sektor yang Cocok dengan Multimeter HT Italia HT25N

Multimeter HT Italia HT25N dapat memberikan kepada Anda berbagai keunggulan. Sebelum itu, ada beberapa sektor yang cocok sekali untuk penggunaan dari multimeter ini. Di antaranya adalah:

  • Elektronik
  • Teknik otomotif
  • Industri listrik
  • Perbaikan rumah tangga 

Spesifikasi Multimeter HT Italia HT25N

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli multimeter HT Italia HT25N, Anda harus tahu spesifikasinya terlebih dahulu untuk menentukan apakah memang cocok penggunaannya untuk Anda atau tidak.

Berikut ini adalah spesifikasi multimeter HT Italia HT25N:

  • Digital 2000 Points Multimeter: Alat ini dapat menampilkan hingga 2000 titik pada layar LCD.
  • Measurements of AC/DC Voltage up to 600V and DC Current up to 10A: Anda dapat mengukur tegangan AC/DC hingga 600V dan arus DC hingga 10A dengan multimeter ini.
  • Safety Standard IEC/EN61010-1: Alat ini mematuhi standar keselamatan IEC/EN61010-1, sehingga aman digunakan dalam berbagai situasi.
  • CAT III 600V: Multimeter ini memiliki kategori pengukuran CAT III 600V, yang berarti dapat digunakan untuk pengukuran di lingkungan yang melibatkan tegangan listrik yang tinggi

Detail lebih jelas dari spesifikasi alat ini bisa dibaca di datasheet HT Italia HT25N

Keunggulan Multimeter HT Italia HT25N

Dengan keunggulannya tersebut, tentu jika dibandingkan dengan keunggulan dan juga fiturnya pasti sangat beragam. Beberapa keunggulan dalam memilih multimeter HT Italia HT25N adalah: 

  • Digital 2000 Points Multimeter
  • Measurements of AC/DC voltage up to 600V and DC Current up to 10A (HT25N)
  • Safety Standard IEC/ EN61010-1
  • CAT III 600V
  • Data HOLD to Freeze Data on The Display and REL for Relative Measurements

Semua keunggulan tersebut merupakan fitur yang sangat menguntungkan. Jadi, sudah pasti multimeter ini adalah pilihan terbaik bukan? 

Kisaran Biaya Multimeter HT Italia HT25N

Untuk mengetahui perkiraan biaya Multimeter HT Italia HT25N, Anda dapat mencari distributor resmi HT Italia di wilayah Anda atau mengunjungi situs web resmi HT Italia. Akan tetapi, Anda juga bisa mempercayakan Ralali sebagai supplier resmi produk HT Italia di Indonesia.

Dapatkan harga multimeter HT Italia HT25N yang sangat terjangkau dengan cara cek banner di bawah ini!

Perawatan dan Kalibrasi Multimeter HT Italia HT25N

Untuk menjaga akurasi pengukuran dan performa multimeter HT Italia HT25N, perawatan dan kalibrasi secara berkala sangat diperlukan. Ada beberapa langkah dan cara dalam melaksanakannya.

Perawatan Multimeter HT Italia HT25N

Ada beberapa cara dalam perawatan multimeter HT Italia HT25N. Hal ini sangat berkaitan dengan penggunaannya agar bisa lebih awet dan dalam jangka waktu yang lama. Berikut adalah cara perawatannya:

  • Pastikan multimeter dalam keadaan mati sebelum membersihkannya.
  • Gunakan lap yang lembut dan bersihkan layar LCD dengan lembut untuk menghindari goresan.
  • Simpan multimeter di tempat yang kering dan terlindung dari debu dan kelembaban.
  • Periksa probe secara berkala untuk memastikan bahwa mereka dalam kondisi baik dan tidak rusak.

Kalibrasi Multimeter HT Italia HT25N

Untuk masalah akurasi, Anda bisa mempercayakan jasa kalibrasi yang terpercaya dan juga terakreditasi oleh KAN (Komite Akreditasi Nasional), salah satunya adalah Kalibrasi.com. Kalibrasi.com akan melaksanakan kalibrasi pada multimeter HT Italia HT25N Anda dengan baik dan benar sesuai dengan standar internasional.

Isi form di bawah ini untuk melaksanakan kalibrasi pada HT Italia HT25N Anda!