Multimeter

Cara Mengoperasikan Multimeter HT Italia HT211 dan Perawatannya

Multimeter menjadi salah satu alat ukur yang sangat penting dalam hal perbaikan dan berbagai perangkat elektronik dan juga memperbaiki komponen kelistrikan. Hal ini bisa sekali terjadi karena buktinya saja multimeter untuk penggunaan secara pribadi di rumah bukanlah sebuah hal yang jarang. Akan tetapi, multimeter tentu saja berbeda-beda tergantung dengan spesifikasinya dan juga peruntukannya untuk bidang apa.

Salah satu multimeter yang memiliki keunggulan terbaik adalah multimeter HT Italia HT211. Bagaimana rincian produknya? Dan bagaimana cara maintenancenya?

Cara Mengoperasikan Multimeter HT Italia HT211

Selama Anda menggunakan multimeter HT Italia HT211, tentu saja yang harus Anda perhatikan adalah membaca buku panduan penggunaannya terlebih dahulu. Anda dapat mengatur multimeter ke mode volt AC atau DC sesuai kebutuhan pengukuran Anda. Tempatkan probe hitam pada terminal negatif komponen yang Anda uji, dan probe merah pada terminal positif. 

Untuk panduan penggunaan yang lebih rinci, Anda dapat merujuk ke buku panduan penggunaan yang disertakan dalam paket pembelian HT211, atau bisa dipelajari terlebih dahulu di user manual HT Italia HT211

Bidang yang Cocok dengan Multimeter HT Italia HT211

Perlu Anda ketahui, multimeter HT Italia HT211 memiliki kemampuan CAT III 600 V, menjadikannya cocok untuk pengukuran di lingkungan yang melibatkan tegangan listrik yang tinggi. Desain yang kompak membuatnya mudah dibawa dan digunakan dalam berbagai situasi, baik di lapangan maupun dalam lingkungan rumah. 

Dengan beragam fitur yang dimilikinya, multimeter ini merupakan alat yang handal dan serbaguna untuk berbagai keperluan pengukuran dalam bidang kelistrikan karena spesifikasinya yang sudah sangat mumpuni.

Spesifikasi Multimeter HT Italia HT211

Untuk spesifikasi dari multimeter HT Italia HT211, berikut ini adalah beberapa pointnya yang perlu sekali Anda perhatikan:

  • Tampilan: LCD, 3 ¾ digit, 4000 titik tanda tambah dan titik desimal
  • Kecepatan pengambilan sampel: 2 kali/detik
  • Indikasi polaritas otomatis
  • Lampu latar
  • Indikasi jarak jauh “OL”
  • Konversi: TRMS
  • Fitur: TAHAN Data, maks/menit
  • Suhu Operasional: 5°C hingga 50°C, <80% RH
  • Suhu penyimpanan: -20°C hingga 60°C, <80% RH
  • Ketinggian maksimal penggunaan: 2000m
  • Derajat polusi: 2
  • Isolasi: isolasi ganda
  • Perlindungan mekanis: IP40
  • Sumber Daya listrik: Baterai 1x9V NEDA 1604 IEC 6F22
  • Mati Otomatis: setelah 15 menit tidak aktif
  • Sekring pelindung: cepat 10A/600V, 5x20mm (input 10A) cepat 500mA/600V, 5x20mm (input mA μA)
  • Dimensi (P x L x T): 145x70x60mm
  • Berat (termasuk baterai): 240 gram

Multimeter HT Italia HT211 memiliki kemampuan untuk mengukur tegangan AC/DC, arus AC/DC, resistansi, frekuensi, suhu, dan kapasitansi. Selain itu, alat ini juga dapat melakukan uji kontinuitas dan uji dioda, yang memudahkan dalam memeriksa kesinambungan kabel atau komponen dioda. Untuk data spesifikasi selengkapnya bisa disimak di datasheet HT Italia HT211

Keunggulan Multimeter HT Italia HT211

Multimeter HT Italia HT211 adalah alat pengukuran digital yang dirancang dengan desain ringkas. Dilengkapi dengan layar LCD yang besar dan pencahayaan latar belakang (backlit), multimeter ini sangat cocok untuk mengukur berbagai parameter dalam sistem kelistrikan.

Jika disimpulkan, maka ada 2 keunggulan inti multimeter HT Italia HT211, yaitu:

  • LCD display with backlight
  • Data HOLD to freeze data on the display and REL

Estimasi Harga Multimeter HT Italia HT211

Untuk mengetahui perkiraan harga Multimeter HT Italia HT211, Anda dapat mengklik banner di bawah ini. 

Ralali.com, distributor resmi HT Italia di Indonesia, menyediakan harga terbaik untuk produk ini. Anda bisa mendapatkan harga yang sangat terjangkau dan juga garansi resmi langsung dari HT Italia. Menguntungkan sekali bukan?

Maintenance dan Kalibrasi Multimeter HT Italia HT211

Meskipun multimeter HT Italia HT211 memiliki tingkat akurasi yang tinggi, penggunaan berkelanjutan dapat mempengaruhi akurasi pengukuran. Oleh karena itu, kalibrasi secara berkala sangat diperlukan dan maintenance saat selesai digunakan juga penting dalam hal menjaga awetnya multimeter HT Italia HT211 ini

Maintenance Multimeter HT Italia HT211

Multimeter HT Italia HT211 sebenarnya memiliki keunggulan berupa body yang compact dan juga kokoh. Namun, setiap selesai penggunaannya, Anda harus menyimpan di tempat yang aman dan tidak terguncang-guncang untuk menjaga akurasinya. Dan juga keawetan produknya.

Kalibrasi Multimeter HT Italia HT211

Selain itu, untuk masalah akurasi Anda bisa melaksanakan kalibrasi. Anda dapat mempercayakan layanan kalibrasi dan maintenance Multimeter HT Italia HT211 kepada Kalibrasi.com, yang telah terakreditasi oleh KAN. Dengan biaya yang terjangkau, Anda dapat mengisi formulir di bawah ini untuk meminta penawaran kalibrasi Multimeter HT Italia HT211 di Kalibrasi.com dan memastikan alat Anda tetap akurat dan terpercaya.