Multimeter

Cara Mengoperasikan Multimeter HT Italia HT21 dan Maintenancenya

Multimeter HT Italia HT21 adalah alat pengukuran digital yang memiliki desain kompak namun penuh dengan kemampuan. Keunggulan utamanya terletak pada kemampuannya untuk mengukur tegangan AC/DC hingga 600V dengan akurasi tinggi. Selain itu, multimeter ini juga dilengkapi dengan sejumlah fitur tambahan yang sangat berguna.

Mari kita cari tahu bagaimana cara mengoperasikan multimeter HT Italia HT21 dan juga bagaimana cara maintenancenya yang benar.

Cara Mengoperasikan Multimeter HT Italia HT21

Menggunakan multimeter ibarat menggunakan alat untuk memeriksa seberapa besar aliran listrik pada suatu benda. Inilah cara Anda melakukannya:

  1. Nyalakan Multimeter: Biasanya terdapat dial atau tombol untuk memilih jenis pengukuran yang diinginkan.
  2. Pilih Fungsi: Pilih pengaturan yang sesuai dengan jenis pengukuran yang akan Anda lakukan, misalnya voltase atau resistansi.
  3. Hubungkan Probe: Gunakan probe merah dan hitam untuk menghubungkan multimeter ke objek yang akan diukur. Probe merah ke terminal positif, dan probe hitam ke terminal negatif atau titik referensi (biasanya berlabel “COM”).
  4. Baca Tampilan: Multimeter akan menampilkan angka yang menggambarkan hasil pengukuran. Ini akan memberi Anda informasi tentang parameter yang Anda ukur, seperti tegangan atau resistansi.
  5. Sesuaikan Rentang: Jika angka hasil pengukuran terlalu tinggi atau terlalu rendah, sesuaikan rentang pengukuran untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.
  6. Perhatikan Polaritas: Jika Anda mengukur tegangan, pastikan untuk memperhatikan polaritasnya (+ dan -).
  7. Matikan: Setelah selesai, matikan multimeter untuk menghemat daya baterai.

Di atas merupakan panduan untuk menggunakan multimeter secara umum. Untuk cara menggunakan multimeter HT Italia HT21 Anda bisa membaca buku panduan yang terdapat di manual book setiap pembeliannya, atau bisa pelajari langsung di user manual HT Italia HT21

Bidang yang Cocok dengan Multimeter HT Italia HT21

Multimeter HT Italia HT21 dirancang khusus untuk melakukan perbaikan pada berbagai peralatan elektronik. Alat ini dapat digunakan untuk mengukur tegangan AC dan DC, menghitung kapasitas baterai, serta berbagai fungsi lainnya. Selain digunakan secara profesional, multimeter HT Italia HT21 juga cocok untuk digunakan dalam perbaikan peralatan rumah tangga seperti televisi, komputer, radio, dan sistem audio.

Spesifikasi Multimeter HT Italia HT21

Untuk spesifikasi dari multimeter HT Italia HT21 adalah sebagai berikut:

  • Tampilan: LCD, 4 digit, 4000 titik plus tanda tambah dan titik desimal
  • Indikasi polaritas otomatis
  • Lampu latar
  • Indikasi jarak jauh “OL”
  • Fitur: TAHAN Data, REL, Otomatis Mati setelah 30 menit tidak aktif
  • Suhu Operasional: 0°C hingga 50°C, <70% RH
  • Suhu Penyimpanan: -20°C hingga 60°C, <80% RH
  • Informasi Umum: Ketinggian maksimal penggunaan: 2000m, Derajat polusi: 2, Isolasi ganda
  • Sumber Daya listrik: Baterai 1x9V NEDA 1604 IEC 6F22
  • Umur baterai: Sekitar 30 jam (dengan latar belakang ON), Sekitar 130 jam (dengan latar belakang OFF)
  • Dimensi (L x W x H): 145 x 70 x 60mm
  • Perlindungan mekanis: IP40
  • Berat (termasuk baterai): 245g
  • Standar yang Digunakan: IEC/EN 61010-1 CAT III 600V, EMC: IEC/EN61326-1

Penjelasan spesifikasi lebih mendetail bisa cek di datasheet HT Italia HT21

Keunggulan Multimeter HT Italia HT21

Multimeter HT Italia HT21 merupakan multimeter yang bisa Anda gunakan untuk berbagai industri terlebih dalam hal melakukan pemeriksaan peralatan elektronik, multimeter ini sangat cocok dengan bentuknya yang sangat compact.

Selain compact yang menjadi kelebihannya, ada kelebihan multimeter HT Italia HT21 lainnya yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

  • LCD display with backlight
    LCD display yang terdapat di HT21 ini memiliki LCD display yang sangat jelas dan juga informatif sehingga pembacaan dan juga pemahaman untuk Anda dalam konfigurasi juga terkesan mudah.
  • Sudah menerapkan safety standard IEC/ EN61010-1
    IEC/ EN61010-1 adalah fitur fitur keselamatan untuk peralatan listrik yang digunakan dalam pengukuran, kontrol, dan laboratorium.
  • Data HOLD to freeze data on the display and REL
    Terdapat fitur data HOLD to freeze yang dapat memudahkan dalam serangkaian pengukuran arus listrik.

Estimasi Harga Multimeter HT Italia HT21

Bagaimana? Apakah Anda sudah mulai tertarik dengan memiliki multimeter HT Italia HT21 ini? Untuk mengetahui perkiraan harga Multimeter HT Italia HT21, Anda dapat mengklik banner di bawah ini. 

Ralali.com, distributor resmi HT Italia di Indonesia, menyediakan harga terbaik untuk produk ini.

Maintenance dan Kalibrasi Multimeter HT Italia HT21

Untuk menjaga kegunaan dari multimeter HT Italia HT21 ini tetap terjaga dan juga memiliki berbagai keunggulannya yang bisa Anda nikmati selama penggunaannya secara lama, Anda harus memperhatikan juga tentang maintenancenya dan juga kalibrasinya.

Bagaimana untuk melakukan maintenance dan juga kalibrasi pada multimeter HT Italia HT21 ini? 

Maintenance Multimeter HT Italia HT21

Untuk maintenance, sebenarnya hanya perlu untuk membersihkan berbagai sensornya dari debu dan air apabila setelah digunakan. Hal ini mencegah sensor berkarat. Bersihkan dengan menggunakan kain microfiber.

Kalibrasi Multimeter HT Italia HT21

Meskipun Multimeter HT Italia HT21 memiliki tingkat akurasi yang tinggi, kalibrasi secara berkala sangat penting untuk menjaga akurasi pengukuran. Anda dapat menggunakan layanan kalibrasi dan maintenance Multimeter HT Italia HT21 yang ditawarkan oleh Kalibrasi.com. 

Melalui layanan ini, Anda dapat memastikan bahwa multimeter Anda tetap akurat dan dapat diandalkan dengan biaya yang terjangkau. Isilah formulir yang disediakan di bawah ini untuk meminta penawaran kalibrasi HT21 di Kalibrasi.com!