Laboratorium Kalibrasi

113 Daftar Laboratorium Kalibrasi Terakreditasi KAN di Indonesia

Sepertinya seluruh bidang pekerjaan dalam kehidupan manusia memerlukan alat bantu untuk mempermudah dan mempercepat. Yang umum digunakan yaitu alat ukur. Beberapa bidang menggantungkan pekerjaannya pada alat ukur. Sehingga alat ukur tersebut dituntut untuk terus menghasilkan hasil ukur yang akurat.

Padahal kan alat ukur memiliki masa pakai dimana jika sudah menyentuh batasan, maka kinerja alat ukur tidak maksimal. Lalu, untuk memverifikasi hasil pengukurannya masih akurat dan sesuai rancangannya, alat ukur perlu dikalibrasi oleh laboratorium kalibrasi. Yuk, simak pengertian dari laboratorium kalibrasi berikut ini.

Mengenal Laboratorium Kalibrasi!

Sebelum melanjutkan pembahasan ke laboratorium kalibrasi, mari ulas sekilas pengertian kalibrasi. Kalibrasi merupakan sebuah kegiatan yang memastikan dan menyelaraskan akurasi pada alat ukur dengan standar yang sudah ditentukan, dengan tujuan agar alat ukur tetap akurat. Sedangkan laboratorium kalibrasi adalah tempat dimana proses kalibrasi diberlangsungkan.

Mengapa laboratorium kalibrasi diciptakan? Karena proses kalibrasi yang rentan terpengaruh oleh banyak faktor. Jadi, dibuatlah tempat khusus untuk melangsungkan kalibrasi dengan pelaksana yang juga sudah ahli di bidang kalibrasi. 

Tujuan Laboratorium Kalibrasi untuk Industri Indonesia

Utamanya pendirian laboratorium kalibrasi memang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan yang ada pada industri di Indonesia. Mengingat penggunaan alat ukur pada industri yang begitu banyak dan beragam. Serta untuk memastikan konsumen memperoleh atau mengonsumsi produk yang aman dan layak.

Sebenarnya tidak hanya itu tujuan laboratorium kalibrasi untuk industri Indonesia. Tujuan lain seperti untuk mendukung persyaratan manajemen mutu, dan memenuhi regulasi pemerintah juga masuk dalam urgensi didirikannya laboratorium kalibrasi untuk industri.

Daftar Laboratorium Kalibrasi yang Sudah Terakreditasi KAN

Jika Anda baru dalam dunia kalibrasi, tidak menutup kemungkinan Anda belum mengetahui dimana letak laboratorium kalibrasi yang sudah terakreditasi KAN. Tetapi Anda jangan bingung, berikut daftar laboratorium kalibrasi di Indonesia yang sudah terakreditasi KAN. Silahkan pilih lokasi laboratorium paling dekat dengan Anda dengan cara klik salah satu nama kota yang Anda inginkan.

Jenis Laboratorium dengan Akreditasi KAN

KAN (Komite Akreditasi Nasional) adalah lembaga yang berada di bawah pemerintah Indonesia secara langsung dan bertanggung jawab, untuk memberikan akreditasi kepada laboratorium yang memenuhi persyaratan dan dinyatakan mampu serta layak melaksanakan tugasnya. Ada tiga jenis laboratorium dengan akreditasi KAN yaitu laboratorium kalibrasi, laboratorium penguji, dan laboratorium medik. Apa bedanya dari ketiga laboratorium tersebut? Baca penjelasan di bawah ini.

Laboratorium Kalibrasi

Jenis laboratorium dengan akreditasi KAN yang pertama yaitu laboratorium kalibrasi. Suatu laboratorium kalibrasi wajib memperoleh akreditasi dari KAN untuk menunjukkan kompetensinya dalam melakukan kalibrasi. Sehingga penting untuk memilih laboratorium kalibrasi yang sudah memperoleh akreditasi dari Kan.

Laboratorium Penguji

Sementara itu, laboratorium penguji ialah laboratorium yang melakukan pekerjaan pengujian pada instrumen dan alat untuk memastikan kualitasnya tetap handal dan komprehensif. Laboratorium pengujian juga perlu diakreditasi oleh KAN agar terbukti dapat melakukan pengujian dengan benar dan sesuai standar.

Laboratorium Medik

Terakhir adalah jenis laboratorium medik. Laboratorium medik perlu mengajukan akreditasi KAN karena laboratorium medik harus memenuhi persyaratan dari KAN, yakni menerapkan sistem yang mengacu kepada persyaratan standar dalam operasionalnya.

Kesimpulan

Terdapat urgensi yang tidak bisa dihiraukan pada pendirian laboratorium kalibrasi, terutama untuk industri di Indonesia. Dengan memastikan seluruh peralatan pada industri telah di kalibrasi, maka peluang konsumen mendapat produk yang layak dan aman semakin besar persentasenya. 

Laboratorium kalibrasi yang baik ditandai dengan pencapaiannya yang sudah di akreditasi KAN. Dikarenakan KAN adalah lembaga penilaian kesesuaian. KAN menempatkan tiga jenis laboratorium yang dituntut untuk memiliki akreditasi yakni laboratorium kalibrasi, penguji, dan medik.