Laboratorium Kalibrasi

2 Laboratorium Kalibrasi Riau Terbaik dan Terakreditasi KAN

Telah kita ketahui seiring dengan perkembangan zaman, saat telah ada banyak sektor industri yang berdiri guna untuk memenuhi berbagai kebutuhan manusia. Setiap perusahaan industri, tentunya membutuhkan bantuan dari alat ukur guna untuk meringankan aktivitas para pekerja untuk melakukan produksi setiap harinya. Alat ukur yang dimiliki oleh perusahaan industri yang telah digunakan dalam jangka waktu tertentu, penting untuk melakukan kalibrasi secara berkala. Kalibrasi tersebut hanya dapat dilakukan di laboratorium kalibrasi yang terbaik. Namun, tahukah Anda apa itu laboratorium kalibrasi? 

Laboratorium kalibrasi merupakan suatu tempat yang didesain khusus untuk melakukan proses kalibrasi sesuai dengan panduan kalibrasi yang berlaku. kalibrasi itu sendiri yaitu suatu Langkah untuk melakukan verifikasi dan dapat mengatur akurasi alat ukur dengan mengukurnya terhadap standar yang telah tertelusur ke standar nasional maupun standar internasional yang telah diakui. Saat ini, ada beberapa daftar lab kalibrasi Riau terakreditasi yang dapat melakukan kalibrasi secara akurat. Untuk pembahasan selengkapnya mengenai laboratorium kalibrasi Riau, simak penjelasan dibawah ini. 

Daftar Laboratorium Kalibrasi Riau

Untuk memenuhi kebutuhan kalibrasi pada setiap sektor industri, kini terdapat beberapa daftar laboratorium kalibrasi terakreditasi yang dapat Anda gunakan yaitu perusahaan penyedia laboratorium kalibrasi di Provinsi Riau. Berikut ini merupakan beberapa perusahaan penyedia laboratorium kalibrasi Riau, yaitu seperti berikut: 

Pilih Lab Kalibrasi Menggunakan Parameter Berikut Ini

Setelah Anda mengetahui berapa pentingnya kalibrasi terhadap alat ukur Anda, Terdapat beberapa cara dalam memilih jasa kalibrasi terbaik dan terjangkau yang tentunya tetap berkualitas. Untuk caranya yaitu simak penjelasan berikut: 

Lab Tersertifikasi dan Cek Masa Berlakunya

Langkah pertama yang perlu Anda perhatikan yaitu perusahaan penyedia laboratorium kalibrasi alat ukur harus memiliki akreditasi yang sah. Perusahaan tersebut harus telah terakreditasi dari badan akreditasi yang sudah diakui secara internasional, seperti ISO/IEC 17025 yang dikeluarkan KAN. Adanya akreditasi laboratorium kalibrasi dapat menunjukan bahwa perusahaan tersebut telah dilengkapi dengan peralatan yang memadai, teknisi yang terlatih, prosedur kalibrasi yang sesuai, dan sistem manajemen yang baik. 

Bisa Memberikan Sertifikat Kalibrasi

Perlu Anda pastikan perusahaan tersebut dapat memberikan sertifikat kalibrasi yang dapat dipertanggungjawabkan mengenai kebenarannya. Sertifikat kalibrasi ini penting bagi alat ukur Anda yang dapat digunakan sebagai bukti kelayakan alat dan juga untuk memenuhi persyaratan alat ukur itu sendiri. Di dalam sertifikat kalibrasi ini akan tercantum catatan hasil kalibrasi, tanggal kalibrasi, dan juga informasi penting lainnya. –

Pengalaman Perusahaan

Anda juga harus memeriksa pengalaman perusahaan dalam melakukan kalibrasi pada segala jenis dan merek alat ukur. Semakin berpengalaman, maka keahlian perusahaan tersebut sudah tidak perlu diragukan lagi, dan yang terpenting mampu untuk melakukan kalibrasi dengan akurat. 

Kecepatan Layanan

Adapun hal lainnya yang perlu Anda pertimbangkan yaitu mengenai kecepatan layanan., Anda harus mempertimbangkan perusahaan dengan waktu respon yang cepat, sehingga mampu menyelesaikan kalibrasi dalam jangka waktu yang wajar dengan kualitas baik. 

Biaya

Kemudian Anda juga dapat membandingkan mengenai biaya perusahaan penyedia laboratorium kalibrasi lainnya. Memilih perusahaan penyedia laboratorium kalibrasi jangan hanya memilih berdasarkan harga terendahnya saja, akan tetapi Anda juga perlu mempertimbangkan reputasi dan kualitas perusahaan tersebut. 

Kesimpulan

Setelah membaca penjelasan artikel ini, telah kita ketahui kalibrasi sangat penting dilakukan oleh alat ukur. Kini telah tersedia beberapa perusahaan penyedia laboratorium kalibrasi Riau, yang terakreditasi sehingga dapat menangani proses kalibrasi pada alat ukur Anda. Dengan melakukan kalibrasi secara rutin, kondisi alat ukur yang Anda gunakan dapat tetap selalu terjaga dan tentunya dapat bekerja secara maksimal, dengan begitu aktivitas perusahaan Anda dapat berjalan dengan lancar.