Laboratorium Kalibrasi

30+ Daftar Laboratorium Kalibrasi Jakarta Terakreditasi KAN

Tidak mengherankan apabila di Jakarta kemajuan sarana, prasarana, serta infrastruktur sangat cepat dan pesat karena Jakarta adalah ibukota negara Indonesia. Hampir seluruh pusat perdagangan dan bisnis di Indonesia terjadi di Jakarta dan sekitarnya. Tak terkecuali laboratorium kalibrasi yang sudah banyak bermunculan di Kota Jakarta.

Dalam artikel ini, akan membahas daftar laboratorium kalibrasi yang ada di Provinsi DKI Jakarta. Nama-nama laboratorium kalibrasi yang disebutkan dalam artikel ini diutamakan yang sudah di akreditasi oleh KAN. Mengapa demikian? Karena akreditasi KAN memegang peran yang cukup penting dalam laboratorium kalibrasi. Hal ini dikarenakan lembaga KAN adalah lembaga penilai kesesuaian. Jadi, bisa dipastikan laboratorium kalibrasi yang sudah terakreditasi KAN mampu melaksanakan kalibrasi dengan baik dan benar. Berikut ini adalah daftar laboratorium kalibrasi Jakarta yang sudah terakreditasi KAN. Dan simak juga tips memilih lab kalibrasi dengan tepat!

Daftar Laboratorium Kalibrasi Jakarta

Seperti saat Anda membuka artikel ini, Anda membaca judul yang menyiratkan bahwa artikel ini memberikan daftar laboratorium kalibrasi di Jakarta yang sudah terakreditasi KAN. Tidak diperlukan basa-basi lagi, Anda bisa langsung cek daftar laboratorium kalibrasi Jakarta pada poin-poin berikut.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Lab Kalibrasi

Setelah mengetahui daftar laboratorium kalibrasi yang bisa Anda temukan di Provinsi Jakarta, kini saatnya Anda pahami hal yang perlu diperhatikan saat memilih laboratorium kalibrasi. Akan ada beberapa pembahasan di bawah ini yang membantu Anda semakin teliti dalam memilih lab kalibrasi.

Akreditasi

Yang pertama dan yang utama adalah akreditasi. Aspek ini jangan sampai Anda abaikan, karena akreditasi sangat penting untuk menentukan kredibilitas sebuah laboratorium kalibrasi. Setidaknya akreditasi yang dimiliki laboratorium kalibrasi adalah akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN). 

Masa Berlaku

Bila Anda sudah memastikan laboratorium kalibrasi tersebut sudah terakreditasi, selanjutnya yang perlu Anda lakukan yaitu memastikan masa berlaku akreditasi tersebut. Untuk akreditasi dari KAN memiliki masa berlaku selama 5 tahun dari penerbitan sertifikat akreditasi. 

Ruang Lingkup

Ruang lingkup yang disediakan oleh laboratorium kalibrasi juga bisa menjadi tolok ukur dalam meempertimbangkan lab kalibrasi. Semakin luas ruang lingkup yang dimiliki maka semakin handal laboratorium tersebut dalam menjalankan kalibrasi.

Pengalaman Perusahaan

Dalam memilih laboratorium kalibrasi, Anda juga bisa meninjau dari pengalamannya. Berapa banyak industri atau perusahaan yang sudah berlangganan dengan laboratorium kalibrasi tersebut. Apabila terdapat industri yang ternama sudah pernah melakukan kalibrasi di sana, maka akan lebih baik.

Kecepatan Layanan

Profesionalitas laboratorium kalibrasi terlihat dari seberapa cepat mereka melakukan pelayanan. Sehingga jika proses kalibrasi cepat diselesaikan, itu berarti Anda dapat segera menggunakan kembali alat Anda dan dapat menekan kerugian yang disebabkan dari proses produksi yang terhenti.

Biaya

Segi biaya juga harus Anda pertimbangkan, mengingat alat yang perlu di kalibrasi tidak hanya satu atau dua. Maka Anda harus pandai dalam memilih laboratorium kalibrasi yang menawarkan harga termurah namun tidak mengurangi kinerja dan kredibilitasnya.

Kesimpulan

Banyaknya laboratorium kalibrasi yang ada di Provinsi Jakarta menuntut Anda untuk cermat dalam memilih. Salah memilih laboratorium kalibrasi dapat berakibat fatal dan menyebabkan kerugian yang tidak sedikit. Dari tips yang sudah diberikan di artikel ini untuk dijadikan pertimbangan sebelum memilih laboratorium kalibrasi, diharapkan Anda dapat memilih dengan bijak.