Akustik dan Vibrasi

Melihat Cara Kalibrasi Vibration Meter serta Memilih Jasa Kalibrasi Vibration Meter Terpercaya

Vibration meter dapat diartikan sebagai salah satu instrumen pengukuran yang digunakan untuk mengukur getaran dengan cara mendekatkan atau menempelkan alat ini pada benda tertentu, sensor pada vibration meter akan mengenali getaran dan memberikan informasi mengenai kekuatan getaran tersebut. Umumnya, vibration meter dipasangkan pada alat pompa, screen, hingga bangunan.

Namun, sebagaimana alat ukur lain, vibration meter perlu dikalibrasi secara berkala guna menjaga kinerja serta meningkatkan akurasi vibration meter. Kalibrasi vibration meter harus dilakukan sesuai dengan standar yang berlaku. Lalu, bagaimana cara melakukan kalibrasi vibration meter? mari kita bahas!

Penjelasan Cara Kalibrasi Vibration Meter

Cara melakukan kalibrasi vibration meter yang sesuai standar meliputi beberapa tahapan, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, perhitungan data dan ketidakpastian, serta pembuatan dan penerbitan laporan. Penjelasan mengenai cara kalibrasi vibration meter adalah sebagai berikut:

Persiapan

Pertama-tama siapkan vibration meter atau alat yang akan dikalibrasi dan alat yang digunakan untuk melakukan kalibrasi atau yang biasa disebut dengan kalibrator. Kemudian, pastikan vibration meter dapat beroperasi dengan baik, karena seyogyanya proses kalibrasi dilakukan pada alat yang dapat beroperasi dengan normal dan tidak rusak.

Pelaksanaan

Pelaksanaan kalibrasi vibration meter harus dilakukan oleh teknisi yang terakreditasi dan kompeten. Kompetensi teknisi tersebut harus dibuktikan dengan sertifikasi yang diberikan oleh lembaga yang kredibel.

Penghitungan Data dan Ketidakpastian

Selanjutnya, proses perhitungan data kalibrasi vibration meter dilakukan dengan metode kalibrasi yang tepat dan harus dihitung secara objektif. Biasanya, proses perhitungan ini melibatkan konversi satuan, perhitungan nilai maximum-minimum, dan lain sebagainya.

Selain itu, ketidakpastian kalibrasi juga harus ditentukan. Hal ini disebabkan karena hasil kalibrasi biasanya dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti faktor metode, petugas, kondisi lingkungan, dan lain sebagainya.

Membuat dan Menerbitkan Laporan

Setelah itu, prosedur terakhir adalah membuat laporan hasil kalibrasi vibration meter dan menerbitkannya. Format laporan hasil kalibrasi harus mengacu pada pedoman SNI 19-17025. Pembuatan laporan ini terdiri dari beberapa tahap, yaitu pembuatan konsep, pemeriksaan konsep, pengetikan konsep, dan pengesahan laporan.

Memilih Jasa Kalibrasi Vibration Meter Terpercaya

Kalibrasi dapat dikatakan valid apabila dilakukan oleh lembaga atau instansi atau laboratorium pengujian dan kalibrasi yang terakreditasi. Oleh karena itu, kalibrasi.com hadir untuk membantu Anda melakukan kalibrasi vibration meter yang terakreditasi melalui jasa kalibrasi vibration meter yang terbaik di kalibrasi.com. 

Dengan menggunakan jasa layanan kalibrasi vibration meter terbaik yang telah terakreditasi di kalibrasi.com Anda dapat menikmati berbagai layanan menarik, yaitu sebagai berikut: 

Terakreditasi

Kalibrasi.com merupakan sebuah platform digital yang membantu siapa saja untuk melakukan kalibrasi yang terakreditasi. Kalibrasi.com memiliki mitra laboratorium yang terakreditasi di berbagai wilayah sehingga Anda dapat memilih laboratorium yang Anda inginkan.

Selain itu, kalibrasi.com juga menawarkan harga jasa kalibrasi vibration meter yang sangat terjangkau. Dengan harga yang terjangkau Anda dapat melakukan kalibrasi yang terakreditasi dan menikmati berbagai layanan menarik dari kalibrasi.com.

Metode, Rentang dan Standar yang Dipakai

Metode yang digunakan oleh kalibrasi.com saat melakukan kalibrasi vibration meter adalah metode yang mengacu pada standar yang berlaku yaitu metode kalibrasi TO-EM-8_71 dan IK-AK-VM04, ISO 16063-21:2003. Rentang ukur vibration meter juga sudah sesuai dengan standar sehingga dapat terakreditasi dan dikatakan valid yaitu mulai dari 5m/s2 ~ 100m/s2 hingga 5m/s2 ~ 50m/s2. Selain itu, kalibrasi.com menggunakan standar yang mengacu pada standar internasional yang tercantum pada sistem satuan internasional (SI).

Ruang Lingkup Luas

Kalibrasi.com melayani berbagai ruang lingkup kalibrasi, yaitu mulai dari ruang lingkup torsi, massa, akustik dan vibrasi, tekanan, densitas dan kepadatan, kelistrikan, waktu & frekuensi, fotometri, kekerasan, volumetrik, panjang, suhu & kelembapan, arus dan aliran, gaya, hingga ruang lingkup instrumen analitik. 

Baca Juga : Jasa Kalibrasi Sound Meter

Cara Melakukan Penawaran

Sangat menarik bukan? selain itu kalibrasi.com juga menawarkan harga yang sangat terjangkau dibandingkan jasa kalibrasi lain. Tidak hanya itu, kalibrasi.com juga memiliki berbagai penawaran menarik lainnya, informasi lebih lanjut mengenai penawaran lain yang tidak kalah menarik di kalibrasi.com dapat Anda dapatkan dengan mengisi form berikut.