Gaya

Pentingnya Cara Kalibrasi Universal Testing Machine dan Memilih Jasa Kalibrasi Universal Testing Machine Terakreditasi

Kalibrasi universal testing machine merupakan proses penyesuaian hasil pengukuran dengan cara membandingkannya dengan ketetapan nilai yang menjadi standar. Sehingga akurasi universal testing machine tetap berada pada tingkat tinggi. 

Proses kalibrasi alat ukur dilakukan demi menjaga hasil pengukuran tetap akurat karena alat ukur yang digunakan secara terus-menerus dapat menurun akurasinya. Dan dengan adanya kalibrasi kualitas produk yang dihasilkan industri dapat stabil. Dengan demikian citra perusahaan membaik dan meningkatkan penjualan. 

Memahami Cara Kalibrasi Universal Testing Machine

Kalibrasi universal testing machine tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Hal itu dikarenakan proses kalibrasi merupakan proses yang kompleks dengan berbagai peraturan didalamnya. Untuk melakukan proses kalibrasi, terdapat prosedur yang wajib diikuti dengan urut. Simak penjelasan berikut ini.

Persiapan

Tahap pertama yang dilakukan sebelum melangsungkan proses kalibrasi adalah persiapan yang akan mempersiapkan segala sesuatu terkait pelaksanaan kalibrasi. Persiapan kalibrasi wajib meliputi peralatan, pelaksana, kondisi lingkungan, hingga metode kalibrasi. Adanya tahap ini guna meningkatkan efektivitas selama kalibrasi berlangsung.

Pelaksanaan

Untuk melakukan tahap ini, pengamat harus mengerjakan pekerjaan sebagai berikut. Pekerjaan tersebut antara lain yaitu pengamatan awal pada alat, penyetelan, pengamatan kewajaran hasil ukur, dan menentukan ketidakpastian. Keterampilan pengamat dalam membaca pengujian hasil ukur akan mempengaruhi data yang didapatkan. Oleh karena itu, pengamat kalibrasi harus memiliki sertifikasi keilmuan yang relevan.

Menghitung Data dan Ketidakpastian

Hasil dari pencatatan data pada tahap sebelumnya akan diolah dalam tahap ini dengan melalui beberapa tahap seperti menghitung nilai maksimum-minimum, nilai rata-rata, standar deviasi, atau menentukan persamaan regresi. Pengamat diminta untuk melakukan penghitungan dengan sangat teliti karena hasil penghitungan data digunakan untuk mengambil kesimpulan. Setelah itu, bila hasil didapatkan, ketidakpastian kalibrasi perlu ditentukan.

Membuat dan Menerbitkan Laporan

Serangkaian prosedur kalibrasi diakhiri dengan membuat laporan yang berisi berbagai informasi seputar proses kalibrasi yang dilakukan. Format pembuatan laporan harus mengacu pada SNI 19-17025. Untuk membuat laporan kalibrasi yang baik, pengamat harus mengikuti tahapan pembuatan laporan yang terdiri dari pembuatan konsep, pemeriksaan konsep, pengetikan, dan pengesahan laporan. Setelah laporan selesai, akan diterbitkan oleh kepala laboratorium atau perwakilannya.

Memilih Jasa Kalibrasi Universal Testing Machine Terakreditasi dari Kalibrasi.com

Perhatikan akreditasi laboratorium kalibrasi yang akan Anda pilih untuk melakukan kalibrasi universal testing machine milik Anda. Di Kalibrasi.com, laboratorium nya telah dipastikan memiliki akreditasi dan memenuhi standar lainnya, sehingga dapat memberikan Anda jasa kalibrasi universal testing machine yang terakreditasi. Simak penjelasan berikut ini untuk lebih lengkapnya.

Terakreditasi

Kalibrasi.com memberikan Anda jasa kalibrasi universal testing machine terakreditasi dengan akreditasi yang dimilikinya. Akreditasi tersebut dikeluarkan langsung oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN). Kalibrasi.com berhak melakukan jasa kalibrasi dengan ISO 17025 dengan adanya akreditasi KAN tersebut. Sehingga bila tujuan Anda melakukan kalibrasi untuk memenuhi regulasi, Kalibrasi.com adalah pilihan yang tepat.

Metode, Rentang dan Standar yang Dipakai

Standar nasional SNI dan standar internasional digunakan untuk acuan dalam melakukan kalibrasi universal testing machine. Selain itu, penggunaan metode dan rentang ukurnya juga harus sesuai standar. Apabila Anda tertarik untuk melakukan kalibrasi universal testing machine, Anda dapat menghubungi kontak Kalibrasi.com untuk menanyakan metode yang digunakan.

Ruang Lingkup Luas

Apakah Anda tahu bahwa salah satu misi Kalibrasi.com adalah menyediakan jasa kalibrasi yang mudah dijangkau. Misi tersebut diimplementasikan Kalibrasi.com dengan menyediakan ruang lingkup yang luas. Dengan 15 ruang lingkup yang dimiliki Kalibrasi.com, diharapkan kebutuhan kalibrasi Anda dapat terpenuhi oleh Kalibrasi.com, tidak hanya satu jenis tetapi beberapa jenis sekaligus.

Cara Melakukan Penawaran

Setelah membaca artikel ini hingga akhir, bila Anda tertarik untuk memesan jasa kalibrasi universal testing machine di Kalibrasi.com, Anda cukup ikuti cara berikut ini.

  • Bukalah website resmi Kalibrasi.com
  • Pilih kotak bertuliskan Buat Permintaan Kalibrasi
  • Lengkapi formulir pemesanan
  • Tekan tombol submit

Cara alternatif yang lebih mudah selain langkah diatas, Anda dapat isi form dibawah ini.