Panjang

Melihat Cara Kalibrasi Thickness Film Gauge dan Memilih Jasa Kalibrasi Thickness Film Gauge Kredibel

Hal yang kurang diperhatikan oleh beberapa perusahaan yang menggunakan alat ukur dalam industrinya adalah akurasi alat ukur itu sendiri. Banyak yang mengira bahwa akurasi bersifat tetap dan paten. Padahal, pada kenyataanya akurasi alat ukur dapat menurun seiring waktu penggunaannya. Oleh karena itu, untuk memastikan alat ukur tetap akurat perlu dilakukan kalibrasi.

Kalibrasi alat ukur merupakan proses yang menyelaraskan akurasi nilai pengukuran dengan standar yang ditetapkan. Kebutuhan kalibrasi sangat dianjurkan untuk dipenuhi secara berkala agar mencegah adanya kesalahan pengukuran. Tetapi kalibrasi dilakukan dengan cara tertentu. Seperti inilah penjelasan cara kalibrasi thickness film gauge dan tips memilih jasa kalibrasi thickness film gauge yang terakreditasi.

Mempelajari Cara Kalibrasi Thickness Film Gauge

Dikarenakan kalibrasi thickness film gauge adalah proses yang berisi berbagai macam kegiatan di dalamnya yang dilakukan sesuai aturan, maka kalibrasi tidak dapat dilakukan sembarang orang. Selain itu, proses kalibrasi juga menuntut tenaga laboratorium melakukannya dengan urut. Untuk mempermudah proses kalibrasi, dibuatlah sebuah prosedur kalibrasi yang secara singkat terdiri dari 4 tahapan. Simak penjelasan mengenai masing-masing tahap berikut ini.

Persiapan

Awal yang baik dalam proses kalibrasi dapat dilihat dari tahap persiapannya. Dengan tahap persiapan yang dilakukan, hambatan yang mungkin terjadi selama proses pelaksanaan dapat diminimalisir, sehingga kalibrasi tidak terganggu hal lain. Persiapan yang dilakukan yaitu peralatan, pelaksana, kondisi lingkungan, hingga metode kalibrasi. 

Pelaksanaan

Beberapa pekerjaan yang dilakukan dalam pelaksanaan kalibrasi adalah pengamatan awal pada alat, penyetelan, pengamatan kewajaran hasil ukur, dan menentukan ketidakpastian. Pekerjaan tersebut harus dilakukan dengan sangat teliti untuk menghindari kesalahan pencatatan data. Keahlian tenaga laboratorium sangat dibutuhkan dalam tahap ini.

Menghitung Data dan Ketidakpastian

Data yang didapatkan dari tahap sebelumnya akan diolah dengan perhitungan yang telah ditentukan untuk dijadikan dasar dalam mengambil kesimpulan. Penghitungan data dapat dilakukan dengan memberikan konversi satuan, menghitung nilai maksimum-minimum, nilai rata-rata, dan standar deviasi atau menentukan persamaan regresi. Tahap ini juga memerlukan ketelitian karena akan dijadikan dasar dalam mengambil kesimpulan.

Membuat dan Menerbitkan Laporan

Keseluruhan hasil kalibrasi dapat Anda lihat pada laporan yang diberikan setelah kalibrasi selesai dilaksanakan. SNI 19-17025 menjadi acuan format pembuatan laporan kalibrasi. Tahapan yang perlu ditempuh dalam membuat laporan yakni pembuatan konsep, pemeriksaan konsep, pengetikan konsep, dan pengesahan laporan. Setelah itu, laporan diterbitkan oleh kepala laboratorium atau wakilnya.

Memilih Jasa Kalibrasi Thickness Film Gauge Terpercaya dari Kalibrasi.com

Memilih jasa kalibrasi thickness film gauge yang terpercaya tidak dapat Anda lakukan begitu saja. Anda harus memperhatikan beberapa aspek yang dimiliki laboratorium kalibrasi sebelum menentukan apakah laboratorium tersebut dapat memberikan hasil kalibrasi thickness film gauge yang terpercaya. Kalibrasi.com akan menjelaskan kepada Anda aspek-aspek yang menumbuhkan kepercayaan Anda untuk memilih Kalibrasi.com sebagai laboratorium yang menyediakan jasa kalibrasi thickness film gauge terpercaya.

Terakreditasi

Akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) diberikan kepada Kalibrasi.com karena telah memenuhi semua persyaratan yang ada dalam melakukan proses kalibrasi. Dengan begitu, hasil kalibrasi thickness film gauge yang dikeluarkan oleh Kalibrasi.com dapat dipercaya dan pengukurannya tertelusur serta valid karena mematuhi standar.

Metode, Rentang dan Standar yang Dipakai

Dalam proses kalibrasi, pelaksanaannya harus berdasar pada standar yang ada serta metode yang dipilih tidak boleh sembarangan. Jika metode yang digunakan tidak tepat, maka akan menyulitkan pembacaan pengukuran. Sehingga metode kalibrasi yang digunakan untuk mengkalibrasi thickness film gauge yang tepat adalah IK-KM-DM19 dengan rentang ukur 0mm ~ 2.5mm, 2.51mm ~ 8mm, 8.1mm ~ 15mm. Untuk standar acuannya yaitu standar nasional SNI maupun standar internasional seperti ISO.

Ruang Lingkup Luas

Hadir sebagai jawaban dari impian Anda untuk melakukan kalibrasi beberapa alat ukur sekaligus dalam satu platform, Kalibrasi.com menyediakan ruang lingkup yang luar mencapai 15 kategori. Didalam ruang lingkup tersebut Anda dapat mencari jasa kalibrasi alat ukur yang Anda butuhkan.

Cara Melakukan Penawaran

Salah satu layanan yang ditawarkan Kalibrasi.com adalah kemudahan dalam melakukan pemesanan jasa kalibrasi thickness film gauge. Ikuti arahan dibawah ini untuk lebih lengkapnya.

  • Kunjungi website resmi Kalibrasi.com
  • Pilih kotak bertuliskan Buat Permintaan Kalibrasi
  • Lengkapi formulir pemesanan
  • Tekan tombol submit

Cara lebih mudah selain arahan diatas dapat Anda lakukan dengan isi formulir  di bawah ini.