Suhu dan Kelembapan

Pentingnya Cara Kalibrasi Thermometer Radiasi dan Memilih Jasa Kalibrasi Thermometer Radiasi Terpercaya

Termometer inframerah adalah bagian dari perangkat yang dikenal sebagai “thermometer radiasi termal” adalah thermometer non kontak, yang mengukur suhu tubuh berdasarkan radiasi termal yang dipancarkan cahaya inframerah atau radiasi juga bagus untuk memeriksa permukaan suhu, bagaimanapun, mereka tidak mengukur suhu internal suatu objek. Thermometer radiasi sangat cepat, biasanya memberikan pembacaan dalam sepersekian detik, atau waktu yang dibutuhkan prosesor thermometer untuk melakukan perhitungannya.

Walaupun begitu, tentu saja yang pasti adalah bagaimana Anda bisa menyikapinya dengan benar penggunaannya. Anda tidak bisa membiarkan pengukuran suhu pada thermometer radiasi ini mengalami kesalahan atau tidak sesuai dengan standarnya. Maka dari itu, untuk menentukan apakah thermometer radiasi ini bekerja dengan baik atau tidak, kalibrasi perlu dilakukan.

Penjelasan Cara Kalibrasi Thermometer Radiasi 

Masih sama dengan berbagai alat ukur yang lain, thermometer radiasi perlu untuk dilakukan kalibrasi dengan seksama dan juga dengan cara yang sesuai dengan standar internasional dan juga nasional. Standar tersebut sudah menjadi bagian yang melekat pada setiap kalibrasi alat ukur yang bersifat konvensional atau seperti thermometer radiasi yang sangat penting di sektor kesehatan.

Maka dari itu, untuk cara kalibrasi dari thermometer radiasi yang sesuai dengan prosedur harus diterapkan. Secara umum caranya adalah sebagai berikut.

Persiapan

Yang pertama harus dilakukan adalah dengan mempersiapkan alat kalibrasi dan juga thermometer radiasinya juga yang dilakukan pengecekan fisiknya terlebih dahulu sebelum dimulai proses kalibrasinya.

Pelaksanaan

Jika sudah, hubungkan thermometer radiasi dengan sumber frekuensi yang merupakan standar acuan dari thermometer radiasi. Pelaksanaan kalibrasi ini harus dilakukan di laboratorium kalibrasi yang terakreditasi dan juga pelaksana kalibrasinya juga yang sudah bersertifikat.

Menghitung Data dan Ketidakpastian

Apabila di dalam pengukuran terdapat kesalahan yang tidak sesuai dengan sumber referensinya, maka yang harus dilakukan adalah menyesuaikan thermometer radiasi tersebut di dalam pengukurannya agar sesuai, atau setidaknya mencapai batas yang bisa ditoleransi.

Membuat dan Menerbitkan Laporan

Terakhir, buat laporan berdasarkan dokumentasi kalibrasi thermometer radiasi dan setelahnya diterbitkan laporannya sebagai tanda jika thermometer radiasi telah di kalibrasi.

Memilih Jasa Kalibrasi Thermometer Radiasi Terbaik dari Kalibrasi.com

Apabila Anda sudah tahu bagaimana cara dari kalibrasi thermometer radiasi, sekarang sudah saatnya Anda untuk mengetahui di mana jasa kalibrasi thermometer radiasi terbaik dan juga bisa dipercaya. Tentu saja jawaban yang pasti adalah Kalibrasi.com.

Kalibrasi.com menawarkan layanan kalibrasi thermometer radiasi yang dapat diandalkan dan memberikan hasil yang kredibel. Dengan menggunakan jasa kalibrasi thermometer radiasi dari Kalibrasi.com, Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan yang tidak dapat ditemukan di laboratorium kalibrasi lainnya. Berikut adalah beberapa penawaran yang diberikan oleh Kalibrasi.com.

Terakreditasi

Kalibrasi.com telah mendapatkan akreditasi dari KAN (Komite Akreditasi Nasional) dan memiliki mitra di berbagai daerah di Indonesia. Hal ini menjamin kepercayaan dan kualitas hasil kalibrasi thermometer radiasi yang disediakan.

Metode, Rentang dan Standar yang Dipakai

Kalibrasi.com menggunakan metode kalibrasi yang terstandarisasi dan mengacu pada standar internasional yang diakui. Hal ini memastikan bahwa kalibrasi thermometer radiasi dilakukan dengan presisi dan akurasi yang tinggi.

Untuk metode kalibrasi dari thermometer radiasi adalah TO-TH-1.03, ASTM E1256-17 dengan rentang ukur sebagai berikut:

  • 30°C ~ 200°C
  • 200°C ~ 400°C
  • 0°C ~ 200°C
  • 400°C ~ 1000°C

Ruang Lingkup suhu dan kelembapan

Sebenarnya, berbagai alat ukur suhu dan kelembapan, termasuk thermometer radiasi, dapat dikalibrasi di Kalibrasi.com. Hal ini menunjukkan bahwa Kalibrasi.com memiliki ruang lingkup kalibrasi yang luas dan dapat dipercaya.

Cara Melakukan Penawaran

Untuk melakukan penawaran jasa kalibrasi thermometer radiasi, Anda dapat mengunjungi website resmi Kalibrasi.com. Di sana, Anda dapat membuat penawaran kalibrasi untuk thermometer radiasi yang Anda miliki.

Untuk informasi lebih lanjut tentang cara melakukan penawaran jasa kalibrasi thermometer radiasi, silakan isi form di bawah ini atau kunjungi website resmi Kalibrasi.com.