Suhu dan Kelembapan

Memahami Cara Kalibrasi Termokopel Tipe K dan Memilih Jasa Kalibrasi Termokopel Tipe K Terpercaya

Sensor termokopel suhu jenis K (Type K) mengacu pada sensor suhu yang mengandung penghantar Chromel dan Alumel, yang memenuhi persyaratan output sebagaimana dijelaskan dalam ANSI/ASTM E230 atau IEC 60584 untuk sensor suhu jenis K. Ini dapat berupa sensor perendaman, sensor permukaan, kabel atau jenis sensor atau kabel lainnya.

Termokopel tipe K ini tidak diproduksi untuk resistansi tertentu, mereka mengukur suhu berdasarkan tegangan keluaran yang mereka berikan. Resistensi akan bervariasi dengan ukuran konduktor dan agak dengan banyak konduktor yang digunakan.

Masih sama permasalahannya dengan sensor termokopel, termokopel tipe K ini juga memerlukan kalibrasi agar penghitungannya bisa presisi dan dijamin dapat dipercaya oleh semua pihak asalkan pelaksanaannya sesuai dengan prosedur. 

Penjelasan Cara Kalibrasi Termokopel Tipe K 

Itu memang benar, kalibrasi termokopel tipe K memang tidak bisa dilaksanakan secara sembarangan. Perlu adanya seorang ahli yang mampu untuk melaksanakan kalibrasi termokopel tipe K yang memahami bagaimana urutan dan juga prosedur dari kalibrasi termokopel tipe K.

Sesuai dengan prosedurnya, berikut ini adalah penjelasan cara kalibrasi termokopel tipe K di laboratorium kalibrasi yang sudah terakreditasi.

Persiapan

Pertama adalah dengan mempersiapkan termokopel tipe K beserta dengan peralatan kalibrasinya seperti sumber suhu referensi yang akurat, penguat termokopel, multimeter, atau peralatan pengukuran lainnya, siap digunakan.

Pelaksanaan

Laksanakan kalibrasi termokopel tipe K dengan membandingkan respons termokopel terhadap suhu titik referensi yang diketahui secara akurat dengan menggunakan peralatan kalibrasi yang terpercaya seperti yang sudah dipersiapkan tadi.

Menghitung Data dan Ketidakpastian

Hitung setiap rentang ukurnya yang memang menjadi standar kalibrasinya dan juga hitung apakah memang ada ketidakpastian dalam pengukurannya. Maka dari itu, akan dilaksanakan penyesuaian hingga kalibrasi termokopel tipe K bisa diterima dengan baik pengukurannya.

Membuat dan Menerbitkan Laporan

Terakhir membuat dan menerbitkan laporan kalibrasi termokopel tipe K dari dokumentasi selama proses kalibrasinya.

Memilih Jasa Kalibrasi Termokopel Tipe K Terpercaya dari Kalibrasi.com

Mungkin Anda yang sekarang ini sudah sadar betapa pentingnya kalibrasi termokopel tipe K mulai berpikir di mana jasa kalibrasi termokopel tipe K yang terpercaya dan dengan hasil yang kredibel. Tenang saja, Kalibrasi.com adalah solusi kebingungan Anda tersebut!

Kalibrasi.com menyediakan kepada Anda berbagai pelayanan yang sangat menarik untuk Anda yang melaksanakan kalibrasi termokopel tipe K. Dengan ini, tentu saja Kalibrasi.com akan memberikan berbagai penawaran dan juga keuntungan yang tidak akan bisa Anda dapatkan di laboratorium kalibrasi yang lain. Apa saja itu?

Terakreditasi

Tentu saja yang pertama adalah kepercayaan Kalibrasi.com kepada pelanggannya dengan sudah terakreditasi. Akreditasi dari KAN (Komite Akreditasi Nasional) beserta semua mitra Kalibrasi.com yang sudah tersebar di berbagai daerah di Indonesia bisa membuat Anda percaya jika hasil kalibrasi termokopel tipe K nya bisa dipertanggung jawabkan.

Metode, Rentang dan Standar yang Dipakai

Kalibrasi.com akan menggunakan metode TO-TH-3.01, EURAMET/cg-11/v.2.0(2011) dan juga dengan rentang ukur tertentu untuk melaksanakan kalibrasi termokopel tipe K. ini memang sudah menjadi standar yang dipakai untuk melaksanakan kalibrasi termokopel tipe K. 

Untuk rentang ukurnya adalah sebagai berikut:

  • -20°C ~ 0°C
  • 0°C ~ 25°C
  • 25°C ~ 400°C
  • 200°C ~ 400°C
  • 400°C ~ 1000°C
  • -200°C ~ 1200°C

Ruang Lingkup Suhu dan Kelembapan

Berbagai alat ukur yang ada di suhu dan kelembapan semuanya bisa dilaksanakan kalibrasi di Kalibrasi.com. ini membuktikan bahwa Kalibrasi.com memiliki ruang lingkup kalibrasi yang sangat luas dan ini membuatnya bisa dipercaya.

Cara Melakukan Penawaran

Tertarik dengan jasa kalibrasi termokopel tipe K dari Kalibrasi.com? Lakukan penawaran kalibrasinya sekarang juga dengan mengunjungi website resmi Kalibrasi.com dan tinggal buat penawaran saja kalibrasi termokopel tipe K nya. 

Untuk informasi lebih lanjut bagaimana cara melakukan penawaran jasa kalibrasi termokopel tipe K, langsung saja isi form di bawah ini.