Kelistrikan

Pentingnya Cara Kalibrasi Source Ampere serta Memilih Jasa Kalibrasi Source Ampere Kredibel

Tidak hanya tubuh saja yang memerlukan pemeliharaan untuk menjaga tubuh agar senantiasa bugar dan dapat melakukan banyak hal. Alat ukur juga membutuhkan pemeliharaan untuk mengoptimalkan kinerjanya. Pemeliharaan alat ukur dapat dilakukan dengan memenuhi kebutuhan kalibrasinya secara berkala. Dengan kalibrasi, alat ukur akan menghasilkan pengukuran yang akurat dan sesuai standar.

Definisi kalibrasi alat ukur adalah proses penyelarasan nilai hasil pengukuran alat ukur dengan standar yang telah ditetapkan. Dengan begitu, akurasi alat ukur tetap berada pada tingkat yang tinggi. Tetapi, kalibrasi tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Terdapat cara tertentu untuk melakukan kalibrasi yang telah dirancang agar proses kalibrasi berjalan sesuai dengan semestinya dan memberikan hasil yang akurat. Artikel ini dapat Anda gunakan untuk melihat cara kalibrasi source ampere serta tips memilih jasa kalibrasi source ampere terakreditasi bisa ditemukan lengkap di sini.

Penjelasan Cara Kalibrasi Source Ampere

Pembahasan sebelumnya telah menyinggung mengenai cara kalibrasi yang memiliki aturan tertentu. Aturan tersebut sebenarnya bukan untuk menyulitkan proses ini, melainkan untuk memastikan akurasi source ampere sesuai dengan standar yang berlaku. Tahap kalibrasi source ampere terdiri dari empat tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, menghitung data dan ketidakpastian, serta membuat dan menerbitkan laporan kalibrasi.

Persiapan

Proses kalibrasi tidak luput dari hambatan, untuk meminimalisir terjadinya hambatan, biasanya tenaga laboratorium sebelum melangsungkan proses kalibrasi akan melalui tahap persiapan. Dalam tahap persiapan, yang perlu disiapkan yakni peralatan, pelaksana, kondisi lingkungan, hingga metode kalibrasi.

Pelaksanaan

Pelaksanaan kalibrasi adalah tahap lanjutan setelah tahap persiapan dilakukan. Dalam tahap ini terdapat beberapa pekerjaan yang perlu dilakukan dengan teliti. Pekerjaan tersebut yakni pengamatan awal pada alat, penyetelan, pengamatan kewajaran hasil ukur, dan menentukan ketidakpastian. Pembacaan alat selama pengamatan dapat memengaruhi data yang dihasilkan.

Menghitung Data dan Ketidakpastian

Memberikan konversi satuan, menghitung nilai maksimum-minimum, nilai rata-rata, dan standar deviasi atau menentukan persamaan regresi adalah tahapan dari proses menghitung data dan ketidakpastian yang perlu dilalui oleh pengamat. Dalam tahap ini pengamat dituntut untuk melakukan penghitungan dengan teliti karena hasilnya akan menjadi dasar menarik kesimpulan.

Membuat dan Menerbitkan Laporan

Proses kalibrasi yang dilakukan akan menghasilkan suatu hal yang akan disampaikan oleh tenaga lab dalam bentuk laporan. Laporan ini nanti dapat dijadikan bahan evaluasi. Format penyusunan laporan berpedoman pada SNI 19-17025. Tahapan yang perlu dilalui untuk menyusun laporan yaitu pembuatan konsep, pemeriksaan konsep, pengetikan konsep, dan pengesahan laporan. Penerbitan laporan akan dilakukan oleh kepala laboratorium.

Memilih Jasa Kalibrasi Source Ampere Terbaik dari Kalibrasi.com

Sebenarnya, memilih jasa kalibrasi source ampere terbaik tidaklah sulit, Anda hanya perlu memastikan akreditasi, standar, metode dan rentang ukur yang digunakan. Sebagai platform penyedia layanan jasa kalibrasi, Kalibrasi.com akan menjelaskan akreditasinya setelah ini beserta standar acuan, metode dan rentang ukur yang dipakai.

Terakreditasi

Hasil kalibrasi source ampere yang terbaik dapat diberikan oleh Kalibrasi.com karena telah memiliki akreditasi yang dikeluarkan langsung oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN). Akreditasi tersebut menjelaskan bahwa dalam melaksanakan kalibrasi, Kalibrasi.com telah mematuhi semua regulasi yang berlaku. KAN juga mengizinkan Kalibrasi.com untuk mengkalibrasi source ampere dengan ISO 17025.

Metode, Rentang dan Standar yang Dipakai

Metode TO-EM-2.11 adalah metode yang cocok untuk mengkalibrasi source ampere milik Anda. metode tersebut juga telah sesuai dengan standar. Rentang ukurnya yaitu 0mA ~ 0.1mA, 0mA ~ 1mA, 1mA ~ 10mA, 10mA ~ 100mA, 0A ~ 1A, 1A ~ 10A. Sementara itu, standar acuan yang digunakan adalah standar nasional SNI dan standar internasional seperti ISO.

Ruang Lingkup Luas

Luasnya ruang lingkup yang ditawarkan Kalibrasi.com membuat Anda dapat melakukan kalibrasi beberapa alat ukur sekaligus dalam satu platform. Ruang lingkup yang dimiliki oleh Kalibrasi.com mencapai 15 kategori dengan berbagai alat ukur didalamnya.

Cara Melakukan Penawaran

Dibawah ini Anda akan dijelaskan cara memesan jasa kalibrasi source ampere di Kalibrasi.com yang dapat Anda lakukan dengan mudahnya.

  • Sambungkan perangkat ke internet
  • Buka situs resmi Kalibrasi.com
  • Pilih kotak Buat Permintaan Kalibrasi
  • Isi formulir dengan informasi yang benar
  • Tekan submit

Dari cara diatas, ada acara lebih mudahnya yaitu cukup dengan mengisi formulir dibawah ini.