Waktu dan Frekuensi

Memahami Bagaimana sih Cara Kalibrasi Shaker serta Memilih Jasa Kalibrasi Shaker Terpercaya

Shaker dalam bidang laboratorium, merupakan salah satu alat yang digunakan untuk mencampurkan atau mengaduk larutan yang ada dalam suatu wadah atau media lainnya. Dalam penggunaannya ritme pencampuran shaker ini dapat menentukan larutan yang sesuai dengan ukurannya. 

Sehingga perlu dilakukan kalibrasi secara berkala agar dapat menjaga ritme pencampuran ini tetap konsisten dan akurat. Namun proses kalibrasi sendiri tidak boleh dilakukan sembarangan dan membutuhkan keahlian yang khusus, maka dari itu perlunya memilih jasa kalibrasi shaker yang terakreditasi agar mendapatkan hasil yang akurat dan terpercaya.

Melihat Cara Kalibrasi Shaker 

Dalam melakukan proses kalibrasi shaker memerlukan langkah-langkah kalibrasi yang sesuai dengan aturan, berikut adalah 4 tahapan utama dalam melakukan kalibrasi:

Persiapan

Tahap persiapan dalam kalibrasi shaker meliputi pengecekan kondisi alat, termasuk keutuhan mekanisme penggerak, pengecekan keausan atau kerusakan pada bagian-bagian penting, dan memastikan bahwa shaker telah stabil dan terpasang dengan benar. Selain itu, persiapan juga mencakup pemilihan sensor atau perangkat kalibrasi yang sesuai dan pembersihan alat secara menyeluruh. Selain alat, ada hal lain yang perlu dipersiapkan seperti kondisi lingkungan, pelaksana kalibrasi, dan metode kalibrasi yang tepat. 

Pelaksanaan

Pada tahap ini, dilakukan pengaturan parameter kalibrasi yang diperlukan, seperti kecepatan putaran, amplitudo gerakan, dan durasi waktu. Dalam pelaksanaan kalibrasi, maka shaker akan dilakukan pengukuran sesuai dengan kapasitasnya. Proses ini bertujuan untuk memastikan bahwa gerakan yang dihasilkan oleh shaker masih sesuai dengan spesifikasinya.

Menghitung Data dan Ketidakpastian

Setelah kalibrasi selesai dilakukan, data yang dihasilkan perlu diolah dan dianalisis. Tahapan ini melibatkan penghitungan deviasi, nilai maksimal minimal, nilai rata-rata, dan nilai  ketidakpastian. Nilai ketidakpastian pengukuran yang mencakup faktor-faktor seperti sensor, kestabilan sumber getaran, dan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi akurasi gerakan shaker. Penghitungan ketidakpastian bertujuan untuk memberikan informasi mengenai tingkat ketepatan hasil kalibrasi yang dicapai.

Membuat dan Menerbitkan Laporan

Langkah terakhir dalam proses kalibrasi shaker adalah menyusun laporan yang mencakup hasil kalibrasi, data yang diperoleh, ketidakpastian pengukuran, serta catatan penting lainnya yang terkait dengan perhitungan kalibrasi shaker. Laporan ini dapat digunakan sebagai dokumentasi resmi mengenai status kalibrasi shaker dan menjadi referensi untuk pemeliharaan, pembaruan, atau evaluasi di masa mendatang.

Memilih Jasa Kalibrasi Shaker Kredibel dari Kalibrasi.com

Dalam mendapatkan kalibrasi yang sesuai dengan keinginan dan standar aturan yang berlaku, Anda bisa menyerahkan nya ke Kalibrasi.com untuk menggunakan layanan jasa kalibrasi shaker yang kredibel. Berikut ini adalah beberapa alasan Anda perlu memilih Kalibrasi.com sebagai mitra Anda:

Terakreditasi

Jasa kalibrasi yang tersedia di Kalibrasi.com telah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN). Hal ini menunjukkan bahwa jasa kalibrasi tersebut telah melewati proses penilaian yang ketat dan memenuhi standar kualitas yang ditetapkan. Dengan memilih jasa kalibrasi yang sudah terakreditasi, Anda dapat memiliki keyakinan bahwa kalibrasi shaker Anda dilakukan oleh profesional yang terpercaya dan berkompeten.

Metode, Rentang dan Standar yang Dipakai

Kalibrasi.com mengacu pada metode kalibrasi yang diakui secara internasional dan menggunakan standar yang berlaku. Metode kalibrasi dan rentang ukur yang digunakan disesuaikan dengan referensi yang ada pada web kalibrasi. Dengan demikian, Anda dapat yakin bahwa kalibrasi shaker akan dilakukan dengan menggunakan prosedur yang tepat dan hasilnya dapat diandalkan.

Ruang Lingkup Luas

Kalibrasi shaker di Kalibrasi.com ini termasuk dalam ruang lingkup waktu dan frekuensi yang bersamaan dengan alat ukur lainnya. Selain itu, Kalibrasi.com juga memiliki ruang lingkup kalibrasi yang luas di berbagai bidang lainnya seperti ruang lingkup gaya, kelistrikan, dan masih banyak lagi. 

Cara Melakukan Penawaran

Kalibrasi.com memberikan kemudahan bagi Anda untuk mendapatkan penawaran yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda bisa langsung mengunjungi website resmi Kalibrasi.com yang terdapat menu untuk melakukan penawaran kalibrasi dan penawaran kalibrasi lainnya. Atau bisa dengan mengisi form di bawah ini dan dapatkan penawaran menarik dari Kalibrasi.com.