Suhu dan Kelembapan

Penjelasan Cara Kalibrasi Sensor Termokopel dan Memilih Jasa Kalibrasi Sensor Termokopel Terakreditasi

Termokopel adalah sensor yang mengukur suhu. Ini terdiri dari dua jenis logam yang disatukan di salah satu ujungnya. Ketika persimpangan dua logam dipanaskan atau didinginkan, tegangan dibuat yang dapat dikorelasikan kembali ke suhu.

Termokopel bekerja ketika dua kabel terdiri dari logam yang berbeda bergabung di kedua ujungnya dan salah satu ujungnya dipanaskan, ada arus kontinu yang mengalir di sirkuit termoelektrik.

Jika rangkaian ini putus di tengah, tegangan rangkaian terbuka bersih (tegangan Seebeck) adalah fungsi dari suhu sambungan dan komposisi kedua logam. Yang berarti bahwa ketika persimpangan dua logam dipanaskan atau didinginkan, dihasilkan tegangan yang dapat dikorelasikan kembali dengan suhu.

Dengan penggunaan yang terus menerus, termokopel sangat pasti mengalami pengukuran yang tidak presisi. Jadi, kalibrasi adalah hal yang sangat penting.

Melihat Cara Kalibrasi Sensor Termokopel 

Kalibrasi sensor termokopel adalah proses untuk memastikan keakuratan dan konsistensi pengukuran suhu yang dilakukan oleh sensor termokopel. Proses ini melibatkan membandingkan respons termokopel terhadap suhu yang diketahui secara akurat menggunakan peralatan kalibrasi yang terkalibrasi dengan baik.

Namun, untuk melakukan kalibrasi sensor termokopel ini harus dilakukan sesuai dengan prosedur, di antaranya adalah sebagai berikut.

Persiapan

Langkah pertama adalah dengan melaksanakan persiapan. persiapan dari proses kalibrasi termokopel ini melibatkan sensor termokopel yang sudah dibersihkan dan juga berbagai alat ukur kalibrasi yang berguna untuk kalibrasi sensor termokopel.

Pelaksanaan

Kalibrasi pada sensor termokopel menggunakan kalibrasi titik referensi. Yaitu dengan membandingkan respons termokopel terhadap suhu titik referensi yang diketahui secara akurat dengan menggunakan peralatan kalibrasi yang terpercaya.

Menghitung Data dan Ketidakpastian

Selanjutnya adalah dengan menghitung data dari selisih atau kesalahan antara nilai yang terukur oleh termokopel dengan nilai yang diketahui secara akurat oleh peralatan kalibrasi.

Membuat dan Menerbitkan Laporan

Dokumentasi selama proses kalibrasi sensor termokopel ini selanjutnya akan berguna untuk pembuatan laporan. Laporan tersebut nantinya akan dicetak dan diterbitkanlah laporan hasil kalibrasi sensor termokopel yang tersertifikat.

Memilih Jasa Kalibrasi Sensor termokopel Terpercaya dari Kalibrasi.com

Sangat penting untuk Anda perhatikan jika sensor termokopel sebenarnya memerlukan perawatan yang ekstra agar pengukurannya bisa presisi setiap saat digunakan. Akan tetapi, Anda harus ingat jika pelaksanaan kalibrasi sensor termokopel ini harus dilaksanakan di laboratorium kalibrasi yang sudah terakreditasi.

Kalibrasi.com adalah pilihan terbaik untuk jasa kalibrasi sensor termokopel tersebut. Dengan adanya Kalibrasi.com, Anda bisa mendapatkan berbagai kelebihan atau keuntungan untuk berbagai layanannya. Apa saja itu?

Terakreditasi

Kalibrasi.com dan semua mitranya sudah mendapatkan akreditasi dari KAN (Komite Akreditasi Nasional). Adanya KAN ini memberikan kepercayaan kepada Anda jika memang Kalibrasi.com adalah jasa kalibrasi yang paling kredibel.

Metode, Rentang dan Standar yang Dipakai

Kalibrasi.com akan menggunakan metode JIS C 1602:2015, ASTM E220-13 dalam kalibrasi sensor termokopel. Selain itu, rentang ukur yang digunakan juga sesuai dengan standar pengukuran secara internasional, yaitu:

  • -20°C ~ 0°C
  • 0°C ~ 200°C
  • 200°C ~ 600°C
  • 601°C ~ 1000°C

Ruang Lingkup Suhu dan Kelembapan

Kelebihan lainnya dari Kalibrasi.com adalah adanya ruang lingkup kalibrasi yang sangat luas. Seperti misalnya ada ruang lingkup kalibrasi suhu dan kelembapan yang bisa di handle oleh Kalibrasi.com. jadi, semua alat ukur di ruang lingkup tersebut termasuk sensor termokopel dapat dilaksanakan kalibrasi dengan handal dan kredibel.

Cara Melakukan Penawaran

Mungkin saja Anda yang memang tertarik dengan jasa kalibrasi sensor termokopel dari Kalibrasi.com, Anda tinggal mengunjungi website Kalibrasi.com dan klik “Buat Penawaran.” Namun apabila Anda masih bingung, isi link di bawah ini untuk informasi lebih lanjut terkait jasa kalibrasi sensor termokopel.