Suhu dan Kelembapan

Pentingnya Cara Kalibrasi Sensor PT1000 dan Memilih Jasa Kalibrasi Sensor PT1000 Terbaik

Anda tahu bahwa sekarang alat pengukuran suhu semakin banyak jenisnya salah satu yang akan dibahas kali ini adalah Sensor Pt1000. Disebut sebagai sensor pt1000 karena seringkali termometer resistansi disebut sebagai sensor Pt1000 RTD, meskipun pada kenyataannya bukan tipe sensor Pt1000 RTD.

Sensor pt1000 adalah jenis termometer resistansi platinum kedua yang paling umum disebut. Satuan Pt mengacu pada sensor yang terbuat dari Platinum (Pt) sedangkan 1000 mengacu pada 0°C sensor memiliki resistansi 1000 ohm (Ω). Alat sensor yang satu ini lebih cocok digunakan untuk mengukur pengukuran suhu dalam jangkauan lebih kecil.

Untuk tetap menjaga kualitas hasil pengukuran sensor pt1000 tetap akurat dan menjaga performanya sebagainya spesifikasi dari alat ini diperlukan adanya kalibrasi. Kalibrasi wajib dilakukan bagi setiap alat ukur tidak terkecuali sensor pt1000. Dalam pelaksanaannya terdapat prosedur atau cara yang telah diatur berdasarkan standar. Berikut selengkapnya mengenai cara dalam melakukan kalibrasi sensor pt1000.

Melihat Cara Kalibrasi Sensor PT1000

Kalibrasi bukalah prosedur yang sederhana sehingga tidak boleh dilakukan sembarangan. keberhasilan dan keakuratan hasil pengukuran tidak dapat diperoleh jika dalam pelaksanaan kalibrasi tidak mengindahkan cara-cara yang benar. Lalu apa sajakah cara dalam melakukan kalibrasi sensor pt1000 itu? Lebih lengkapnya simak penjelasan berikut.

Persiapan

Sebelum memulai pelaksanaan kalibrasi pastinya tahapan awal yang harus dilakukan adalah persiapan. Dalam persiapan tersebut meliputi persiapan peralatan yaitu standar alat yang akan dibandingkan dan pastinya alat yang akan dikalibrasi. Selain kedua peralatan tersebut terdapat persiapan pelaksana, mengecek kondisi lingkungan dan pastinya memilih metode kalibrasi yang tepat.

Pelaksanaan

Tahap yang kedua setelah persiapan telah dilakukan selanjutnya adalah melakukan pelaksanaan. Didalam pelaksanaan akan dilakukan pengamatan, dimana pengamatan awal dan pengamatan setelah alat diatur ulang akan dilihat perbedaan nilai hasil ukur. Meskipun terdengar mudah namun pada kenyataannya pelaksanaan kalibrasi membutuhkan ketelitian dan proses yang tidak mudah.

Menghitung Data dan Ketidakpastian 

Tahapan berikutnya adalah melakukan perhitungan data dan ketidakpastian, dimana data pengamatan yang sebelumnya telah dilakukan akan dihitung dengan menerapkan metode kalibrasi yang sebelumnya telah ditetapkan. Hasil dari perhitungan kalibrasi kemudian menjadi dasar dalam menentukkan ketidakpastian hasil kalibrasi.

Membuat dan Menerbitkan Laporan

Tahapan terakhir setelah prosedur kalibrasi telah dilakukan adalah membuat dan menerbitkan laporan kalibrasi. Laporan kalibrasi ditulis dengan pengkonsepan yang sebelumnya telah diajukan dan disetujui oleh pihak terkait. Sebelum diterbitkan laporan kalibrasi perlu disahkan oleh pihak yang telah berkompeten dalam prosedur kalibrasi 

Sebagai sebuah prosedur dengan segala cara-cara yang telah disampaikan sebelumnya, tentu dalam melakukan kalibrasi tidak dapat dilakukan oleh orang-orang yang tidak memiliki ilmu di bidang kalibrasi. Untuk itulah kalibrasi lebih terjamin jika dilakukan pada jasa kalibrasi yang berkompeten seperti Kalibrasi.com.

Memilih Jasa Kalibrasi Sensor PT1000 Terpercaya dari Kalibrasi.com

Dengan prosedur yang rumit, sangat tidak mungkin orang biasa dapat melakukannya dengan baik. Oleh karenanya pilihlah jasa kalibrasi sensor pt1000 yang terpercaya dari Kalibrasi.com. Kalibrasi.com adalah sebuah platform digital penyedia layanan jasa kalibrasi yang telah berstandar baik nasional maupun internasional. Sehingga terjamin kehalalannya dalam melakukan kalibrasi. 

Kenapa harus Kalibrasi.com? Untuk mengetahui selengkapnya mengenai jasa kalibrasi sensor pt1000 dapat Anda simak dalam penjelasan berikut ini!

Terakreditasi

Vendor-vendor yang bekerjasama dengan Kalibrasi.com telah mengantongi akreditasi dari KAN sebagai lembaga operasional kalibrasi yang telah dijamin kualitas dan kehandalannya dalam melakukan kalibrasi. Sehingga hasil kalibrasi yang dilakukan lebih terjamin keakuratannya.

Metode, Rentang dan Standar yang Dipakai

Setiap pelaksanaan kalibrasi pastinya menggunakan sebuah metode, rentang, dan standar yang dipakai. Di Kalibrasi.com metode, rentang dan standar pastinya sudah mematuhi standar acuan yaitu SNI ISO/IEC 17025 dan metode kalibrasi yang sebelumnya telah dikaji dan dipastikan sesuai spesifikasi alat ukur.

Ruang Lingkup Suhu dan Kelembaban

Sebagai sebuah platform penyedia jasa kalibrasi pastinya Kalibrasi.com menyediakan jasa kalibrasi dengan ruang lingkup kalibrasi yang luas dan tersedia berbagai jasa kalibrasi pada bermacam jenis alat. Hal tersebut tentunya dapat membantu Anda dalam menemukan jasa kalibrasi yang tepat. 

Cara Melakukan Penawaran

Dengan keunggulan yang dimiliki Kalibrasi.com sudah tidak ragu bukan untuk memilih Jasa kalibrasi sensor pt1000 di Kalibrasi.com? Untuk melakukan penawaran jasa kalibrasi sensor pt1000 segera kunjungi website resmi Kalibrasi.com dan lakukanlah penawaran dengan klik bagian ‘Buat Permintaan Kalibrasi’ atau dengan mengisi form dibawah ini!