Suhu dan Kelembapan

Mempelajari Cara Kalibrasi RTD Meter dan Memilih Jasa Kalibrasi RTD Meter Kredibel

Pernah mendengar istilah alat bernama RTD meter? RTD meter kepanjangan dari resistance temperature detector adalah sensor suhu yang pengukurannya menggunakan prinsip perubahan resistansi atau hambatan listrik logam yang dipengaruhi oleh perubahan suhu. Alat sensor yang satu ini sering dipakai dalam otomatisasi dan proses kontrol dalam sebuah industri.

Dalam prinsip kerjanya RTD, semakin tinggi suhu, maka resistansinya semakin besar. Dimana nilai resistansinya akan berubah sesuai dengan perubahan suhunya. Dengan fungsinya ini RTD meter sudah diimplementasikan dalam banyak perangkat elektronik. Oleh karenanya dalam perawatannya alat ini membutuhkan prosedur kalibrasi.

Dengan dikalibrasi alat akan dipastikan keakuratan dan kegunaannya sebagaimana spesifikasi alat. Sebagai sebuah prosedur tentu untuk melakukan kalibrasi tidak boleh dilakukan dengan asal karena terdapat caranya tersendiri. Apa sajakah cara kalibrasi RTD meter itu? Untuk lebih jelaskan silahkan simak penjelasan berikut ini!

Memahami Cara Kalibrasi RTD Meter

Apapun alat ukurnya pastinya membutuhkan kalibrasi secara berkala untuk memastikan alat dalam kondisi baik atau tidak termasuk dalam kalibrasi RTD meter.  Di Dalam pelaksanaannya untuk mencapai tujuan kalibrasi terdapat cara-cara  khusus sebagaimana yang telah diatur dalam standar kalibrasi. Nah apa sajakah cara dalam kalibrasi RTD meter itu? Berikut penjelasannya.

Persiapan 

Tahapan awal dan paling penting dilakukan sebelum pelaksanaan kalibrasi adalah persiapan. Pada tahapan ini terdapat hal-hal yang wajib dipersiapkan sebelum memulai mengkalibrasi alat. Adapun dalam persiapan tersebut meliputi mempersiapkan peralatan, menunjuk pelaksana berkompeten, mengecek kondisi lingkungan hingga menentukkan metode kalibrasi yang sesuai dengan alat.

Pelaksanaan

Pada tahap selanjutnya, yaitu tahap persiapan, alat akan mulai dikalibrasi dengan cara pengamatan. Meskipun terdengar simple namun hal ini bukanlah pekerjaan yang mudah karena membutuhkan ketelitian dan pemahaman atas setiap detail pelaksanaan. Di Dalam pelaksanaannya tersebut dimulai dengan melakukan pengamatan awal sebelum alat dilakukan penyetelan ulang kemudian dilakukan lagi pengawatan kewajaran hasil ukur.

Menghitung Data dan Ketidakpastian

Tahapan berikutnya adalah menghitung data dan ketidakpastian. Data yang diperoleh dari pengamatan sebelumya akan dihitung. Perhitungan tersebut meliputi nilai maksimum-minimum, nilai rata-rata, standar deviasi, hingga persamaan regresi. Hasil dari perhitungan yang telah dilakukan tersebut selanjutnya menjadi dasar dalam menentukkan ketidakpastian kalibrasi RTD meter.

Membuat dan Menerbitkan Laporan

Tahapan paling akhir adalah membuat dan menerbitkan laporan. Prosedur kalibrasi yang telah dilakukan sebelumnya harus dibuat laporannya. Laporan tersebut ditulis berdasarkan konsep yang sebelumnya telah disetujui. Laporan yang telah ditulis kemudian disahkan oleh pihak terkait sebelum kemudian diterbitkan.

Setelah menyimak pembahasan mengenai cara kalibrasi RTD meter Anda tahu bahwa kalibrasi bukan prosedur yang mudah. Untuk itu Anda perlu melibatkan jasa kalibrasi yang telah berpengalaman dalam melakukan kalibrasi seperti Kalibrasi.com. Kenapa harus memilih jasa kalibrasi dar Kalibrasi.com? simak selengkapnya berikut ini!

Memilih Jasa Kalibrasi RTD Meter Terbaik dari Kalibrasi.com

Memastikan prosedur kalibrasi sesuai sebagaimana standarnya adalah sebuah keharusan karena memastikan alat dalam kondisi akurat dan terjamin hasil pengukurannya adalah tujuan dari Kalibrasi. Dengan memilih Kalibrasi.com Anda akan mendapatkan jasa kalibrasi dengan prosedur yang sudah sesuai dengan standar alat ukur

Kalibrasi.com merupakan salah satu  platform digital penyedia layanan jasa kalibrasi terbaik di Indonesia yang menawarkan kalibrasi dengan standar nasional dan internasional yang sudah diakui secara legal sebagai perusahaan operasional kalibrasi. Oleh karena Anda tak perlu ragu untuk memilih jasa kalibrasi RTD meter dari Kalibrasi.com

Lalu kenapa harus memilih Kalibrasi.com? Penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini!

Terakreditasi

Mengantongi izin akreditasi adalah sebuah keharusan tidak terkecuali Kalibrasi.com, vendor-vendor yang terlibat didalamnya telah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) dan telah melewati proses yang panjang untuk menjamin kehandalannya dalam melakukan kalibrasi.  

Metode, Rentang dan Standar yang Dipakai

Setiap penyelenggaraan kalibrasi pastinya menggunakan sebuah metode, rentang, dan standar yang dipakai. Di Kalibrasi.com metode, rentang, dan standar yang digunakan dalam kalibrasi rTD meter sudah memenuhi  standar acuan yaitu SNI ISO/IEC 17025 dan metode yang  sebelumnya telah dikaji dan sesuai untuk RTD meter.

Ruang Lingkup Suhu dan Kelembapan

Kalibasi.com menyediakan layanan jasa kalibrasi dengan ruang lingkup yang luas dan pilihan alat yang beragam. Ruang lingkup yang tersedia diKalibrasi.com diantaranya ruang lingkup torsi, massa, tekanan dan lain sebagainya termasuk ruang lingkup suhu dan kelembaban.

Cara Melakukan Penawaran

Untuk melakukan penawaran jasa kalibrasi RTD meter di Kalibrasi.com sebenarnya memiliki prosedur dan akses yang mudah dilakukan. Caranya dengan mengunjungi website resmi Kalibrasi.com dan klik bagian ‘Buat Permintaan Kalibrasi’ cukup mudah bukan? .Namun lebih mudah lagi untuk mengisi form dibawah ini untuk penawaran lebih lanjut !