Kelistrikan

Pahami Cara Kalibrasi Resistor serta Memilih Jasa Kalibrasi Resistor Terakreditasi

Resistor merupakan salah satu komponen elektronika yang berfungsi untuk menghambat arus listrik. Sebagai komponen pasif, resistor tidak membutuhkan arus listrik untuk beroperasi. Biasanya, resistor terbuat dari bahan karbon atau keramik dan memiliki bentuk tabung. Nilai resistansi resistor dapat mempengaruhi ukuran diameter tabung yang digunakan. Secara umum, semakin besar nilai resistansi, semakin besar pula diameter tabung yang digunakan.

Resistor ini sebelum digunakan memang harus perlu untuk diketahui apakah memang hambatan arus listrik yang bisa ditampung sudah sesuai atau belum. Maka dari itu, resistor perlu adanya kalibrasi. Bagaimana caranya?

Pentingnya Cara Kalibrasi Resistor 

Mungkin Anda bingung bagaimana bisa resistor ini dilakukan kalibrasi. Kalibrasi memang bukan hanya dilakukan untuk alat ukur saja. Berbagai instrumen lain yang bersangkut pautan dengan pengukuran dan juga penghitungan juga perlu adanya kalibrasi demi keselamatan kerja dan juga tujuannya sudah pasti agar instrumen tersebut memiliki pengukuran yang sesuai dengan spesifikasinya.

Masih sama dengan alat ukur yang lain, resistor ini harus dilakukan kalibrasi di laboratorium kalibrasi yang sudah terakreditasi agar cara kalibrasinya kredibel, bagaimana itu?

Persiapan

Yang pertama dalam melakukan kalibrasi resistor adalah dengan melakukan persiapan. Persiapan ini melibatkan persiapan standar kalibrasi dari resistornya dan resistor yang sudah dibersihkan yang akan dilakukan kalibrasi.

Pelaksanaan

Ukur resistansi awal resistor yang akan dikalibrasi menggunakan alat pengukur resistansi yang akurat. Catat nilai resistansi yang ditunjukkan oleh alat pengukur.

Menghitung Data dan Ketidakpastian

Bandingkan nilai resistansi yang diukur dengan nilai resistansi yang diketahui dari standar kalibrasi. Perhatikan perbedaan antara nilai yang diukur dan nilai yang sebenarnya. Apabila ada perbedaan antara nilai resistansi yang diukur dan nilai yang diketahui dari standar kalibrasi, lakukan koreksi atau penyesuaian pada resistor yang akan dikalibrasi.

Membuat dan Menerbitkan Laporan

Dan terakhir adalah semua proses kalibrasi resistor yang didokumentasikan agar segera dilakukan pembuatan laporan hasil kalibrasi resistor.

Memilih Jasa Kalibrasi Resistor Profesional dari Kalibrasi.com

Sudah tahu betapa pentingnya kalibrasi untuk instrumen seperti resistor ini? Dengan adanya kalibrasi yang sesuai dengan standar yang berlaku, maka akan membuat resistor bisa digunakan dengan baik dan juga benar.

Mencari laboratorium kalibrasi yang terakreditasi untuk jasa kalibrasi resistor yang professional, Kalibrasi.com dapat membantu Anda dalam menjawab kebingungan Anda tersebut. Akan ada banyak kelebihan yang didapatkan dari jasa kalibrasi resistor di Kalibrasi.com, apa saja itu?

Terakreditasi

alibrasi.com dan semua mitranya telah mendapatkan sertifikasi atau akreditasi dari lembaga yang berwenang. Hal ini menunjukkan komitmen mereka dalam menjalankan standar yang ketat dalam kalibrasi resistor. Anda dapat yakin bahwa kalibrasi resistor dilakukan sesuai dengan prosedur yang terstandarisasi.

Metode, Rentang dan Standar yang Dipakai

Kalibrasi.com menggunakan standar yang paling relevan dan dipercaya untuk melaksanakan kalibrasi resistor. Kalibrasi.com akan menggunakan metode kalibrasi resistor yaitu IK-KL-LS25 dan juga dengan rentang ukur:

  • 0.001Ω ~ 2 Ω
  • 2.1 Ω ~ 20 Ω
  • 21 Ω ~ 200 Ω
  • 201 Ω ~ 2 kΩ
  • 2.1 kΩ ~ 20 kΩ
  • 21 kΩ ~ 200 kΩ
  • 201 kΩ ~ 2 MΩ
  • 2.1 MΩ ~ 20 MΩ
  • 21 MΩ ~ 200 MΩ
  • 201 MΩ ~ 2 GΩ
  • 2.1 GΩ ~ 20 GΩ

Metode dan juga rentang ukur yang digunakan dalam kalibrasi resistor ini digunakan secara internasional dan juga sudah menjadi standar kalibrasi resistor dari ISO.

Ruang Lingkup Luas

Kalihbrasi.com memiliki ruang lingkup yang sangat luas. Setiap kalibrasi kelistrikan termasuk resistor, Kalibrasi.com sanggup melakukannya dengan presisi dan juga hasil yang kredibel. Menguntungkan bukan?

Cara Melakukan Penawaran

 Maka dari itu, jika Anda sedang mencari di mana Anda bisa mendapatkan jasa kalibrasi resistor terbaik, Kalibrasi.com bisa Anda andalkan. Isi sekarang juga form di bawah ini dan lakukan penawaran terhadap jasa kalibrasi resistor.