Tekanan

Memahami Cara Kalibrasi Pressure Recorder serta Memilih Jasa Kalibrasi Pressure Recorder Terbaik

Alat ukur memiliki skala pengukuran yang berfungsi untuk menunjukkan kondisi benda yang diukur. Informasi tersebut digunakan dalam berbagai tujuan lain seperti pembuatan produk, kualifikasi dalam pengecekan kualitas, hingga menentukan kondisi kesehatan seseorang. Untuk mendapatkan informasi yang kredibel dibutuhkan akurasi alat ukur yang akurat. Tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa akurasi alat ukur dapat menurun seiring waktu penggunaannya. Apabila akurasinya sudah menyimpang, maka hasil pengukuran tidak tepat. 

Pengukuran yang salah dapat menyebabkan berbagai persoalan seperti kerusakan produk dan sebagainya. Solusi yang dapat mengatasi masalah akurasi tersebut adalah dengan kalibrasi. Kalibrasi akan mengembalikan nilai ukurnya sesuai spesifikasi dan standar. Namun, kalibrasi tidak dapat dilakukan dengan sembarangan. Simak keseluruhan artikel ini untuk mengetahui cara kalibrasi alat ukur yang benar.

Memahami Cara Kalibrasi Pressure Recorder

Kalibrasi merupakan kegiatan yang terdiri dari beberapa tahap. Mari memahami cara kalibrasi pressure recorder yang akan dijelaskan setelah ini. Cara ini tidak dapat diacak atau diloncati. Jadi pastikan proses kalibrasi urut sesuai dengan prosedur.

Persiapan

Hal yang perlu diperhatikan pada tahap ini adalah segala hal yang berkaitan dengan proses kalibrasi sudah tersedia dan tidak ada kendala. Beberapa hal yang perlu disiapkan meliputi peralatan, pelaksana, kondisi lingkungan dan metode kalibrasi. 

Pelaksanaan

Tibalah Anda pada inti proses kalibrasi yakni pelaksanaan. Tahap ini menuntut ketelitian dan kecermatan. Pekerjaan pada tahap ini dimulai dengan pengamatan awal pada alat, penyetelan, pengamatan kewajaran hasil ukur, dan menentukan ketidakpastian. Kelalaian sedikit saja pada pengamatan, akan mengubah keseluruhan hasil kalibrasi.

Menghitung Data dan Ketidakpastian

Hasil perhitungan terhadap data yang didapat selama pelaksanaan menjadi dasar dalam menarik kesimpulan. Oleh karena itu, pengolahan data tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Untuk mendapat hasil yang akurat, penghitungan data memiliki tahapan tersendiri. Tahapan tersebut yakni pemberian konversi satuan, menghitung nilai maksimum-minimum, nilai rata-rata, standar deviasi, atau menentukan persamaan regresi. Bila hasil telah didapatkan maka ketidakpastian kalibrasi perlu ditentukan.

Membuat dan Menerbitkan Laporan

Setelah proses kalibrasi selesai dilaksanakan, langkah terakhir adalah penyusunan laporan yang terdiri dari 4 tahap. Tahap tersebut yakni pembuatan konsep, pemeriksaan konsep, pengetikan konsep, dan pengesahan laporan. Dalam menyusun laporan, pedoman yang digunakan adalah SNI 19-17025. Selanjutnya, kepala laboratorium atau perwakilannya akan mengesahkan laporan kalibrasi.

Memilih Jasa Kalibrasi Pressure Recorder Terbaik dari Kalibrasi.com

Kebebasan dalam memilih merupakan salah satu bentuk merdeka. Sebagaimana bebas menentukan pilihan, Anda dapat memilih Kalibrasi.com yang dapat memberikan Anda jasa kalibrasi pressure recorder terbaik. Mengapa Kalibrasi.com dapat dikatakan terbaik? Hal ini akan dijelaskan pada penjelasan dibawah ini.

Terakreditasi

Memberikan Anda yang terbaik dari segi kualitas telah dibuktikan Kalibrasi.com dengan akreditasi yang diperoleh langsung dari Komite Akreditasi Nasional. Dengan akreditasi tersebut Kalibrasi.com berhak untuk melakukan jasa kalibrasi pressure recorder dengan ISO 17025. Dalam pelaksanaannya, Kalibrasi.com telah mematuhi semua regulasi yang ada dan standar yang berlaku.

Metode, Rentang dan Standar yang Dipakai

Salah satu tujuan dilakukannya kalibrasi adalah untuk mendapatkan ketertelusuran dan validitas hasil pengukuran. Kalibrasi harus dilakukan sesuai standar nasional (SNI) dan standar internasional ISO untuk mendapatkan nilai akurasi yang dapat dipercaya. Kalibrasi.com telah menyesuaikan metode dengan spesifikasi alat dan standar yang berlaku. Rentang ukurnya pun dipastikan memenuhi standar.

Ruang Lingkup Luas

Jika Anda pernah mengunjungi website Kalibrasi.com, Anda akan mengetahui seberapa luas ruang lingkup yang disediakan Kalibrasi.com dengan berbagai jenis alat ukur di dalamnya. Hal ini dikarenakan Kalibrasi.com bertujuan dapat memenuhi kebutuhan kalibrasi berbagai alat ukur milik Anda. Agar Anda lebih mengetahui apa saja ruang lingkupnya, pilihlah menu ruang lingkup pada website resmi Kalibrasi.com.

Cara Melakukan Penawaran

Untuk mendapatkan jasa kalibrasi pressure recorder, Anda dapat memesan pada website resmi Kalibrasi.com. Sebelumnya pastikan Anda terhubung dengan internet. Setelah itu, Anda akan melihat kotak yang bertuliskan Buat Permintaan Kalibrasi pada halaman pertamanya. Pilihlah kotak tersebut, kemudian isi formulir yang muncul setelahnya. Pastikan kembali informasi benar sebelum Anda klik submit. Cara lebih mudah untuk melakukan pemesanan adalah dengan mengisi form berikut ini.