Instrumen Analitik

Penjelasan Cara Kalibrasi pH Meter dan Memilih Jasa Kalibrasi pH Meter Terakreditasi

Turunnya akurasi alat ukur dapat menimbulkan berbagai macam resiko. Penyebab turunnya akurasi alat ukur seringkali dikarenakan oleh usia alat ukur dan lamanya penggunaan. Untuk mengembalikan akurasi alat ukur, terdapat usaha yang harus Anda lakukan yaitu kalibrasi. Kalibrasi alat ukur adalah proses penyelarasan hasil ukur yang didapatkan dengan pengukuran yang valid dan sesuai standar. Melakukan proses kalibrasi bukanlah hal yang mudah. Proses ini memiliki banyak ketentuan dan standar yang wajib dipenuhi untuk mendapatkan hasil yang dapat dipercaya.

Mempelajari Cara Kalibrasi pH Meter

Pernah mendengar slogan belajarlah sampai Negeri China? Slogan tersebut memiliki arti tuntutlah ilmu sebanyak-banyaknya. Meskipun Anda tidak bekerja dalam bidang industri yang memiliki alat ukur, tidak ada salahnya bukan mempelajari cara kalibrasi pH meter? Simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui cara kalibrasi pH meter yang sesuai dengan standar.

Persiapan

Mengawali pelaksanaan dengan persiapan dapat meningkatkan efektivitas pelaksanaan kalibrasi. Dikarenakan proses kalibrasi melibatkan banyak hal, maka tahap persiapan akan membantu dalam pengecekan kondisi untuk memastikan telah siap melangsungkan proses kalibrasi. Beberapa hal yang perlu disiapkan yakni peralatan, pelaksana, kondisi lingkungan, dan metode kalibrasi. 

Pelaksanaan

Bagian terpenting dalam proses kalibrasi yakni pelaksanaan. Benar atau tidaknya hasil pengujian ditentukan pada tahap ini. Oleh karena itu, pengamat dengan keterampilan memadai yang boleh melakukan kalibrasi. Tahapan ini berisi beberapa kegiatan yakni pengamatan awal pada alat, penyetelan, pengamatan kewajaran hasil ukur, dan menentukan ketidakpastian.

Menghitung Data dan Ketidakpastian

Dalam menghitung data, terdapat beberapa pekerjaan yang harus dilakukan yakni memberikan konversi satuan, menghitung nilai maksimum-minimum, nilai rata-rata, dan standar deviasi. Penghitungan sebaiknya dilakukan dengan hati-hati karena akan dijadikan dasar dalam menarik kesimpulan. Dikarenakan kalibrasi dipengaruhi oleh banyak faktor maka penting untuk menentukan ketidakpastiannya.

Membuat dan Menerbitkan Laporan

Pembuatan laporan kalibrasi mengikuti format yang mengacu pada SNI 19-17025. Dalam membuat laporan, setidaknya harus melewati 4 tahapan yakni pembuatan konsep, pemeriksaan konsep, pengetikan konsep, dan pengesahan laporan. Laporan yang sudah selesai akan disahkan oleh kepala laboratorium atau yang mewakili, lalu diterbitkan.

Memilih Jasa Kalibrasi pH Meter Terakreditasi dari Kalibrasi.com

Pemilihan jasa kalibrasi pH meter yang terakreditasi memang penting untuk memastikan proses kalibrasi dilakukan sesuai dengan standar. Kalibrasi.com memastikan Anda mendapatkan jasa kalibrasi pH meter yang terakreditasi, kredibel, dan dapat dipercaya. Mengapa harus Kalibrasi.com? baca penjelasan berikut untuk mengetahuinya.

Terakreditasi

Komite Akreditasi Nasional (KAN) akan memberikan akreditasinya kepada laboratorium yang memenuhi persyaratan. Salah satu laboratorium yang mendapat akreditasi adalah Kalibrasi.com, karena dalam melakukan kalibrasi sudah sesuai dengan standar dan mematuhi regulasi serta ketentuan yang ada. Kalibrasi.com bahkan berhak untuk melakukan jasa kalibrasi dengan ISO 17025.

Metode, Rentang dan Standar yang Dipakai

Standarisasi digunakan sebagai acuan proses kalibrasi pH meter bertujuan untuk menciptakan hasil pengukuran yang konsisten dan valid. Terdapat dua standar dengan skala nasional dan internasional (SNI dan ISO) yang dijadikan pedoman dalam pelaksanaan kalibrasi. Untuk metode dan rentang ukurnya disesuaikan dengan jenis dan spesifikasi alat ukur. Metode yang digunakan untuk kalibrasi pH meter adalah ASTM D1293 (2012) dengan rentang ukur 2 pH, 4 pH, 7 pH, 9 pH, 10 pH. Atau metode lainnya yaitu TO-IA-2.01, MK-PH; ASTM E 70-19, IK-KL-AN01, ASTM D 1293-18 dengan rentang ukur 4pH, 7pH, 10pH, 1.68pH, 4.01pH, 6.86pH, 7.01pH, 9.18pH, 10.01pH.

Ruang Lingkup Luas

Anda dapat menyimpan waktu berharga Anda untuk keluarga karena kini pemesanan jasa kalibrasi berbagai alat ukur dapat dilakukan di satu platform. Kalibrasi.com memiliki ruang lingkup yang luas hingga 15 ruang lingkup, sehingga dapat membantu Anda memesan beberapa jenis jasa kalibrasi dalam satu platform dan satu waktu. 

Cara Melakukan Penawaran

Mengusung konsep modernisasi, website Kalibrasi.com didesain dengan tampilan yang user friendly. Hal ini akan memudahkan Anda dalam memesan jasa kalibrasi pH meter. Anda hanya perlu mengunjungi website Kalibrasi.com, lalu pada halaman pertama akan terdapat kotak Buat Permintaan Kalibrasi. Pilihlah kotak tersebut. Setelah itu isilah formulir dan kemudian tekan tombol submit apabila informasi yang dituliskan sudah dipastikan benar dan sesuai. Atau bila Anda ingin cara yang lebih mudah, silahkan isi form berikut ini.