Kelistrikan

Melihat Cara Kalibrasi Ohm Meter dan Memilih Jasa Kalibrasi Ohm Meter Kredibel

Ohm meter adalah perangkat pengukur resistansi yang resistansi listriknya rendah diukur dalam sirkuit DC (arus searah). Satuan hambatan adalah ohm yang dilambangkan dengan simbol Ω. Resistansi komponen konduktif listrik di DC terutama dari bentuk geometrisnya dan sifat materialnya, yang dikenal sebagai resistivitas listriknya, dan mengarah ke resistansi ohmik atau DC.

Induktansi atau kapasitansi komponen tidak diperhitungkan saat beroperasi pada AC (arus bolak-balik). Saat mengukur resistansi kecil, sebagai patokan saat resistansi kurang dari satu ohm (Rx < 1Ω), dapat terlihat penyimpangan pada terminal yang mengakibatkan kesalahan pengukuran.

Demi menghindari kesalahan pengukuran pada ohm meter juga sangat perlu untuk Anda melakukan kalibrasi. Kalibrasi memang sangat membantu Anda dalam melaksanakan pengukuran menggunakan ohm meter yang presisi dan juga dapat dipercaya pengukurannya. Bagaimana ketentuan dalam melakukan kalibrasi ohm meter? 

Mempelajari Cara Kalibrasi Ohm Meter 

Tampilan digital pada ohm meter menunjukkan nilai voltase, arus atau resistansi yang diukur secara numerik. Perlu Anda ketahui jika ohm meter harus dikalibrasi atau disesuaikan dengan nilai nol yang diketahui sebelum digunakan untuk pembacaan yang akurat.

Bagaimana caranya? Berikut ini adalah prosedur yang harus dilakukan dalam melakukan kalibrasi ohm meter.

Persiapan

Yang pertama adalah melakukan persiapan ohm meter dengan membersihkan ohm meter tersebut dan melakukan pengecekan kondisi dari ohm meter.

Pelaksanaan

Langkah pertama adalah dengan melakukan persiapan. Atur ohm meter ke kisaran resistansi tertinggi dengan cara memutar tombol ke pengaturan “ohm” tertinggi.

Sentuh probe uji multimeter digital Anda bersamaan. Tampilan digital multimeter harus membaca “0 ohm.”

Tekan kenop kalibrasi hingga tampilan menunjukkan “0” pada ohm meter jika Anda tidak melihat “0 ohm” pada awalnya.

Menghitung Data dan Ketidakpastian

Lakukan pengukuran dari ohm meter dengan menggunakan standar acuan yang ada. Jika memang ada kesalahan pengukuran, maka tugas Anda adalah mencocokkan dengan standar referensi tersebut.

Membuat dan Menerbitkan Laporan

Dokumentasikan semua proses kalibrasi ohm meter untuk selanjutnya dibuat dan juga diterbitkan laporan hasil kalibrasi ohm meter.

Memilih Jasa Kalibrasi Ohm Meter Terpercaya dari Kalibrasi.com

Jika Anda mencari jasa kalibrasi ohm meter yang kredibel dan menginginkan kemudahan dalam prosedur kalibrasi, tidak perlu bingung lagi. Kalibrasi.com adalah jawaban atas kebingungan Anda.

Sebagai platform online kalibrasi pertama di Indonesia, Kalibrasi.com memberikan Anda kemudahan untuk melakukan kalibrasi pada berbagai alat ukur, termasuk ohm meter.

Tersedia berbagai penawaran menarik yang menanti Anda, dan tentunya hal ini tidak boleh Anda lewatkan.

Terakreditasi

Anda perlu mengetahui bahwa Kalibrasi.com dan semua mitranya merupakan laboratorium kalibrasi yang telah resmi terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN). Akreditasi ini membuktikan bahwa Kalibrasi.com adalah pilihan yang sangat kredibel untuk jasa kalibrasi ohm meter.

Metode, Rentang dan Standar yang Dipakai

Untuk jasa kalibrasi ohm meter di Kalibrasi.com akan menggunakan metode IK.KL-07, EURAMET/cg-15/v.3.0(2015), TO-EM-3.01 dan juga dengan rentang ukur sebagai berikut:

  • 10Ω
  • 100Ω
  • 1kΩ
  • 10kΩ
  • 100kΩ
  • 1MΩ
  • 10MΩ
  • 100MΩ
  • 1GΩ

Rentang ukur dan juga metode tersebut memang sudah menjadi standar acuan yang dipakai untuk melakukan kalibrasi ohm meter dengan standar internasional.

Ruang Lingkup Luas

Kalibrasi.com memberikan kepada Anda ruang lingkup kalibrasi yang sangat luas. Ruang lingkup kalibrasi kelistrikan semua alat ukur bisa dilakukan kalibrasi. Termasuk untuk ohm meter dari segala jenis dan juga merk. 

Cara Melakukan Penawaran

Tertarik dengan penawaran menarik dari Kalibrasi.com untuk jasa kalibrasi ohm meter ini? Tenang saja, Anda bisa mendapatkan berbagai penawaran menarik lainnya dengan cara klik link di bawah ini untuk melakukan penawaran jasa kalibrasi ohm meter di Kalibrasi.com!