Gaya

Penjelasan Cara Kalibrasi Mesin Uji Tarik serta Memilih Jasa Kalibrasi Mesin Uji Tarik Terbaik

Tahukah Anda, ternyata mesin uji tarik memiliki akurasi pengukuran yang dapat menurun apabila digunakan secara terus menerus? Kesalahan pengukuran adalah dampak yang diberikan dari penggunaan mesin uji tarik yang tidak akurat. Padahal, industri sangat bergantung pada akurasi alat ukur untuk mendapat kualitas produk yang baik.

Solusi dari permasalahan tersebut yaitu dengan melakukan kalibrasi alat ukur. Kalibrasi alat ukur sendiri adalah suatu proses yang menyesuaikan hasil pengukuran dengan ketetapan nilai atau sering disebut dengan standar.

Melihat Cara Kalibrasi Mesin Uji Tarik

Cara melakukan kalibrasi mesin uji tarik tidak dapat disepelekan begitu saja. Banyak aturan yang harus diikuti dalam melakukan kalibrasi mesin uji tarik. Sehingga proses kalibrasi tidak boleh dilakukan sembarang orang. Berikut ini adalah cara kalibrasi mesin uji tarik sesuai dengan ketentuan.

Persiapan

Tahap paling utama dalam proses kalibrasi adalah persiapan. Pada tahapan ini pengamat akan diminta untuk mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan kalibrasi. Hal-hal yang perlu dipersiapkan antara lain peralatan, pelaksana, kondisi lingkungan, dan metode kalibrasi. Persiapan kalibrasi adalah salah satu tahapan yang memiliki sistem yang ketat.

Pelaksanaan

Selanjutnya yang harus dilakukan bila tahap persiapan selesai adalah melaksanakan kalibrasi itu sendiri. tahap ini memerlukan keahlian yang dimiliki pengamat agar tidak mendapatkan kesalahan pengambilan data. Dalam tahap ini terdapat beberapa pekerjaan yakni pengamatan awal pada alat, penyetelan, pengamatan kewajaran hasil ukur, dan menentukan ketidakpastian.

Menghitung Data dan Ketidakpastian

Menghitung data yang didapatkan dari hasil pengamatan pada tahap pelaksanaan bertujuan untuk dijadikan sebagai dasar dalam menarik kesimpulan. Oleh karena itu, tahap ini perlu dilakukan dengan seksama. Dalam melakukan penghitungan data, yang perlu dilakukan oleh pengamat yaitu menghitung nilai maksimum-minimum, nilai rata-rata, standar deviasi, atau menentukan persamaan regresi. Langkah berikutnya setelah mendapatkan hasil hitung adalah menentukan ketidakpastian kalibrasi.

Membuat dan Menerbitkan Laporan

Akhir dari rangkaian proses kalibrasi adalah pembuatan laporan yang formatnya mengacu pada SNI 19-17025. Pembuatan laporan kalibrasi terdiri dari tahapan diantaranya pembuatan konsep, pemeriksaan konsep, pengetikan, dan pengesahan laporan. Isi dari laporan kalibrasi adalah hasil keseluruhan dari kalibrasi yang dilakukan dan dapat dijadikan bahan evaluasi. Nantinya, laporan akan diterbitkan oleh kepala laboratorium atau yang mewakili.

Memilih Jasa Kalibrasi Mesin Uji Tarik Terbaik dari Kalibrasi.com

Bila Anda sedang memilih jasa kalibrasi mesin uji tarik terbaik, Anda harus melihat beberapa aspek yang dimiliki laboratorium tersebut. Aspek yang perlu Anda perhatikan yakni akreditasinya, penggunaan standar dan metode, hingga ruang lingkup kalibrasinya. Di Kalibrasi.com semua aspek tersebut telah sesuai dengan ketentuan yang ada. Simak lebih lanjutnya dibawah ini.

Terakreditasi

Untuk memastikan Anda mendapatkan jasa kalibrasi mesin uji tarik yang terakreditasi, Kalibrasi.com melaksanakan proses kalibrasi dengan memenuhi ketentuan yang berlaku sehingga mendapatkan akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN). Akreditasi dari KAN sebagai bukti bahwa Kalibrasi.com mendapatkan izin untuk melakukan jasa kalibrasi dengan ISO 17025.

Metode, Rentang dan Standar yang Dipakai

Dalam melakukan kalibrasi mesin uji tarik, diperlukan metode kalibrasi serta rentang ukur sebagai acuannya. Standar yang digunakan sebagai acuan kalibrasi ialah standar nasional SNI bahkan internasional seperti ISO. Untuk metode yang digunakan adalah TO-MD-3.01, ISO 7500/1 :2018, 1 kgf = 9.80665 N dengan rentang ukur 100 kgf ~ 1000 kgf, 1000 kgf ~ 10000 kgf, 0.05 kgf ~ 50 kgf, 51 kgf ~ 200 kgf, 201 kgf ~ 500 kgf, 501 kgf ~ 1000 kgf, 1001 kgf ~ 2000 kgf, 2001 kgf ~ 5000 kgf, 5001 kgf ~ 10000 kgf, 10001 kgf ~ 25000 kgf.

Ruang Lingkup Luas

Ruang lingkup kalibrasi yang luas disediakan Kalibrasi.com agar Anda dapat melakukan kalibrasi beberapa alat ukur sekaligus dalam satu platform. Kalibrasi.com memiliki ruang lingkup yang mencapai 15 ruang lingkup yang didalamnya terdiri dari berbagai macam alat ukur. Penyediaan jasa kalibrasi multi ruang lingkup oleh Kalibrasi.com akan menghemat waktu berharga Anda karena tidak perlu mencari beberapa laboratorium untuk memenuhi kebutuhan kalibrasi alat ukur.

Cara Melakukan Penawaran

Anda tidak perlu repot-repot datang ke laboratorium Kalibrasi untuk memesan jasa kalibrasi mesin uji tarik, pemesanan dapat dilakukan secara online dengan panduan berikut.

  • Bukalah website resmi Kalibrasi.com
  • Pilih kotak bertuliskan Buat Permintaan Kalibrasi
  • Lengkapi formulir pemesanan
  • Tekan tombol submit

Bila Anda sulit untuk mengikuti panduan diatas, cara mudahnya silahkan Anda isi form di bawah ini.