Kelistrikan

Pahami Cara Kalibrasi Inductance Meter dan Memilih Jasa Kalibrasi Inductance Meter Kredibel

Inductance meter adalah perangkat yang dapat digunakan untuk mengukur induktansi yang tidak diketahui dari induktor atau kumparan sederhana. Inductance meter bekerja dengan menerapkan tegangan AC ke perangkat yang diuji (DUT) dan mengukur arus yang dihasilkan, baik dalam hal amplitudo maupun fasa relatif terhadap sinyal tegangan AC. Impedansi kapasitif akan memiliki bentuk gelombang arus yang memimpin bentuk gelombang tegangan.

Anda pasti sudah paham betul bagaimana alat ukur ini bekerja. Dan pastinya Anda sudah sadar juga jika alat inductance meter ini bisa jadi memiliki pengukuran yang tidak presisi dan harus dilakukan kalibrasi. Namun, bagaimana caranya?

Memahami Cara Kalibrasi Inductance Meter 

Kalibrasi alat ukur apapun itu harus menggunakan cara kalibrasi yang benar dan juga sesuai dengan prosedur yang ada. Maka dari itu, inductance meter pun juga demikian harus dilakukan kalibrasi yang tepat dan juga benar. 

Kalibrasi pada inductance meter harus dilakukan dengan benar dan juga dengan cara yang tepat juga sesuai dengan prosedur, bagaimana caranya?

Persiapan

Pertama adalah dengan melakukan persiapan. Caranya adalah dengan mendapatkan standar referensi yang memiliki nilai inductance yang diketahui dengan akurasi tinggi. Standar ini bisa berupa induktor kalibrasi yang telah dikalibrasi sebelumnya dan memiliki sertifikat kalibrasi yang valid.

Pelaksanaan

Hubungkan standar kalibrasi yang diketahui nilai inductance-nya ke inductance meter. Baca dan catat nilai yang ditunjukkan oleh meter. Jika ada perbedaan antara nilai yang diukur dan nilai yang diketahui dari standar kalibrasi, lakukan koreksi atau penyesuaian pada inductance meter.

Menghitung Data dan Ketidakpastian

Setelah itu, jika verifikasi lagi dengan melakukan langkah kalibrasi dari awal untuk menentukan apakah memang sudah tidak ada nilai ketidakpastian pengukuran inductance meter atau masih ada.

Membuat dan Menerbitkan Laporan

Jika sudah beres semua, dokumentasikan proses kalibrasi inductance meter tersebut sehingga Anda bisa mendapatkan hasil laporan kalibrasi inductance meter yang bisa dilakukan ketertelusuran kalibrasi selama Anda melakukannya di laboratorium kalibrasi yang terakreditasi.

Memilih Jasa Kalibrasi Inductance Meter Terpercaya  dari Kalibrasi.com

Jika Anda sedang bingung di mana Anda bisa mendapatkan jasa kalibrasi inductance meter yang terpercaya dan juga kredibel, maka Kalibrasi.com adalah salah satu tempat kalibrasi inductance meter yang sangat tepat.

Sebagai platform online kalibrasi, Kalibrasi.com memang sudah terpercaya dan memang memiliki penawaran yang sangat menguntungkan yang menanti Anda untuk jasa kalibrasi inductance meter terpercaya dan juga kredibel.

Terakreditasi

Kalibrasi inductance meter harus dilakukan di laboratorium kalibrasi yang terakreditasi. Ini yang menjadi keunggulan dari Kalibrasi.com.

Kalibrasi.com memang menjadi salah satu yang sangat menguntungkan. Kalibrasi.com dan semua mitranya sudah mendapatkan akreditasi dari KAN (Komite Akreditasi Nasional). Jadi, setiap kalibrasi inductance meter di Kalibrasi.com dijamin bisa dipercaya.

Metode, Rentang dan Standar yang Dipakai

Kalibrasi.com akan memberikan kepada Anda layanan kalibrasi inductance meter dengan menggunakan metode IK-KL-LS33. Dengan metode yang sudah sesuai dengan standar, maka pengukuran dari proses kalibrasi inductance meter ini menggunakan rentang ukur sebagai berikut:

  • 1 mH
  • 1.1 mH ~ 10 mH
  • 11 mH ~ 100 mH
  • 0.11 H ~ 1 H
  • 1.1 H ~ 10 H

Ruang Lingkup Luas

Kalibrasi.com juga akan memberikan kepada Anda ruang lingkup kalibrasi yang sangat luas. Ruang lingkup kalibrasi kelistrikan yang luas menjadikan Anda bisa melakukan kalibrasi inductance meter dengan jenis apapun itu dan juga dengan merk apapun itu.

Cara Melakukan Penawaran

Tertarik dengan penawaran Kalibrasi.com untuk jasa kalibrasi inductance meter ini? Segera hubungi Kalibrasi.com dengan mengisi form di bawah ini untuk melakukan penawaran terkait jasa kalibrasi inductance meter yang Anda butuhkan sekarang.