Instrumen Analitik

Pentingnya Cara Kalibrasi Gas Buang dan Memilih Jasa Kalibrasi Gas Buang Terakreditasi

Kerusakan produk dapat merugikan industri karena produk yang rusak tidak boleh dipasarkan. Kerugian adalah suatu ancaman besar bagi industri atau perusahaan. Biasanya kerusakan produk disebabkan oleh pengukuran bahan baku yang tidak akurat. Kesalahan pengukuran ini dikarenakan akurasi alat ukur telah menyimpang. Sedangkan penyimpangan akurasi terjadi karena usia alat sudah terlalu lama atau alat ukur terlalu sering digunakan. Kondisi lainnya juga dapat menyebabkan turunnya akurasi.

Penurunan akurasi seperti yang dicontohkan dapat diatasi dengan kalibrasi alat ukur. Kalibrasi adalah suatu kegiatan yang menyelaraskan nilai hasil pengukuran dengan nilai standar yang telah ditetapkan. Dengan melakukan kalibrasi, akurasi alat ukur akan meningkat dan kesalahan pengukuran dapat berkurang. Nemun, tidak semua orang bisa melakukan kalibrasi, sebab kalibrasi memiliki cara khusus yang digunakan.

Memahami Cara Kalibrasi Gas Buang

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kalibrasi adalah proses yang harus dilakukan dengan menyesuaikan standar dan ketentuan yang berlaku. Kompleksnya cara pelaksanaan kalibrasi gas buang mengharuskan para ahli menetapkan prosedur kalibrasi yang dapat dijadikan acuan dalam melakukan kalibrasi. Pahami cara kalibrasi gas buang yang sesuai standar berikut ini.

Persiapan

Cara kalibrasi gas buang yang pertama dilakukan adalah mempersiapkan beberapa hal yang akan digunakan dalam proses kalibrasi. Pengamat akan mempersiapkan hal berikut ini sebelum melangsungkan kalibrasi. Persiapan tersebut meliputi peralatan, pelaksana, kondisi lingkungan dan metode kalibrasi. Dengan mempersiapkan hal tersebut, pelaksanaan kalibrasi menjadi lebih efisien.

Pelaksanaan

Tahap ini merupakan puncaknya proses kalibrasi karena pada tahap pelaksanaan inilah yang mencatat data yang didapatkan dari pengamatan di lapangan. Oleh karena itu, keterampilan pengamat sangat dibutuhkan disini. Untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan dalam kalibrasi, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan yaitu pengamatan awal pada alat, penyetelan, dan pengamatan kewajaran hasil ukur. Lalu menentukan ketidakpastiannya.

Menghitung Data dan Ketidakpastian

Pada tahap sebelumnya, pengamatan yang dilakukan dibarengi dengan pencatatan data. Pencatatan data tersebut akan dihitung pada tahapan ini. Untuk menghitung data, pengamat harus melakukan beberapa tugas seperti memberikan konversi satuan, menghitung nilai maksimum-minimum, nilai rata-rata, standar deviasi, atau menentukan persamaan regresi. Setelah ditemukan hasil penghitungannya, berikutnya adalah menentukan ketidakpastian karena kesalahan sistemik kalibrasi berada dalam rentang nilai sebesar nilai ketidakpastiannya.

Membuat dan Menerbitkan Laporan

Terdapat 4 tugas yang harus dilakukan oleh pengamat saat Menyusun laporan yakni pembuatan konsep, pemeriksaan konsep, pengetikan, dan pengesahan laporan. Orang yang berhak mengesahkan laporan kalibrasi adalah kepala laboratorium atau yang mewakili. Sebelum disahkan, laporan disusun dengan format yang mengacu pada SNI 19-17025. Isi dari laporan yakni keseluruhan hasil kalibrasi yang akan digunakan sebagai bahan evaluasi.

Memilih Jasa Kalibrasi Gas Buang Terakreditasi dari Kalibrasi.com

Sulit untuk memilih jasa kalibrasi gas buang yang terakreditasi? Cobalah pesan jasa kalibrasi gas buang di Kalibrasi.com yang menjamin akreditasinya. Memenuhi kebutuhan kalibrasi gas buang di laboratorium yang terakreditasi dan memiliki keunggulan lain kini menjadi kenyataan. Kalibrasi.com mewujudkan mimpi Anda yang menginginkan proses kalibrasi dilakukan dengan mudah. Simak ulasan dibawah ini untuk mengetahui alasannya.

Terakreditasi

Kredibilitas dari pelaksanaan kalibrasi gas buang di Kalibrasi.com patut diacungi jempol karena Kalibrasi.com telah mendapatkan akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN). Akreditasi tersebut didapatkan Kalibrasi.com berkat kepatuhannya terhadap standar dan ketentuan yang berlaku saat melakukan kalibrasi gas buang. Tidak hanya itu, Kalibrasi.com juga berhak untuk melakukan jasa kalibrasi dengan ISO 17025.

Metode, Rentang dan Standar yang Dipakai

Kalibrasi.com dalam melakukan kalibrasi gas buang memastikan bahwa penggunaan metode dan rentang ukurnya telah sesuai dengan standar sehingga tidak akan terjadi kesulitan pembacaan. Sedangkan standar yang dijadikan acuan Kalibrasi.com ada dua dengan jangkauan skala yang berbeda. Standar skala nasional yang digunakan adalah SNI, sedangkan standar internasional yaitu ISO.

Ruang Lingkup Luas

Memesan jasa kalibrasi beberapa alat ukur sekaligus dalam satu platform dapat Anda lakukan di Kalibrasi.com. Hal tersebut dikarenakan Kalibrasi.com menyediakan 15 ruang lingkup yang cukup luas dengan beragam alat ukur didalamnya. Anda dapat memilih jasa kalibrasi sesuai dengan alat ukur yang Anda miliki.

Cara Melakukan Penawaran

Sebagai platform digital yang mendukung adanya digitalisasi, Kalibrasi.com menyediakan website yang berisi berbagai informasi seputar kalibrasi dan dapat melakukan pemesanan jasa kalibrasi. Pemesanan pada website Kalibrasi.com sangat mudah Anda lakukan dengan beberapa cara saja. Pertama-tama pastikan perangkat yang digunakan terhubung internet, kemudian akseslah website resmi Kalibrasi.com.

Halaman pertama akan menampilkan kotak yang bertuliskan Buat Permintaan Kalibrasi. Pilihlah kotak tersebut untuk melanjutkan pemesanan. Isilah formulir dengan lengkap. Akhiri dengan menekan tombol submit. Apabila Anda kesulitan dengan cara tersebut, silahkan isi form berikut ini.