Suhu dan Kelembapan

Pentingnya Cara Kalibrasi Dry Block Calibrator serta Memilih Jasa Kalibrasi Dry Block Calibrator Kredibel

Apakah hanya alat pengukuran saja yang dilakukan kalibrasi? Tentu saja tidak. Kalibrasi juga bisa diterapkan pada kalibrator, dan salah satunya adalah dry block calibrator. Bisa dikatakan kalibrator ini memang gampang di bawa kemana-mana alias portabel yang dijamin juga serbaguna. Dry block calibrator berguna untuk memanaskan atau mendinginkan blok logam ke suhu tertentu untuk mengkalibrasi sensor suhu secara akurat. Kalibrator ini memberikan opsi untuk kalibrasi di lapangan, menggabungkan nilai dan portabilitas dengan performa dan akurasi.

Dry block calibrator memiliki sisipan logam yang dapat dilepas dengan lubang yang sudah dibor di dalamnya. Sensor dimasukkan ke dalam blok untuk pengukuran dan kalibrasi. Kalibrator ini memanaskan atau mendinginkan sisipan blok ke suhu tertentu yang stabil sehingga sumber dapat disesuaikan dan digunakan pada titik pengujian yang berbeda.

Karena ini adalah kalibrator, maka kalibrasi juga harus dilakukan agar selama proses kalibrasi alat ukur yang berhubungan dengan dry block calibrator bisa terjamin hasilnya. Bagaimana caranya? 

Pentingnya Cara Kalibrasi Dry Block Calibrator

Dry block calibrator sangat berguna untuk kalibrasi yang melibatkan penggunaan sisipan logam dengan berbagai ukuran lubang pra-pengeboran untuk memasukkan sensor suhu seperti termokopel, sensor RTD, atau termistor dengan pas, yang perlu dikalibrasi. 

Dengan memanaskan atau mendinginkan blok ke suhu tertentu, sensor dikalibrasi secara teratur untuk membantu memberikan pengukuran yang lebih akurat dari waktu ke waktu. Blok suhu ini jika digunakan berkali-kali memang akurasinya akan menurun dan kalibrasi perlu untuk dilakukan.

Berikut ini adalah cara atau tahapan dari kalibrasi dry block calibrator yang sudah sesuai dengan prosedur.

Persiapan

Langkah pertama adalah dengan melaksanakan persiapan. Persiapan ini melibatkan dry block calibrator yang sudah terjamin adanya pengecekan terlebih dahulu terkait kondisi fisiknya. Selain itu, persiapkan juga sensor referensi yang akan digunakan untuk membandingkan suhu pada dry block calibrator. Pastikan sensor referensi sudah dikalibrasi sebelumnya dan dalam kondisi yang baik.

Pelaksanaan

Langkah selanjutnya adalah dengan melaksanakan stabilisasi. Nyalakan dry block calibrator dan biarkan suhu stabil pada suhu awal yang diinginkan. Tunggu beberapa saat hingga suhu stabil.

Setelah stabilisasi selesai, baru proses kalibrasi bisa dilaksanakan. Tempatkan sensor referensi di dalam dry block calibrator. Biarkan sensor dan dry block calibrator berada dalam kondisi yang stabil selama beberapa waktu. Bandingkan pembacaan suhu pada sensor referensi dengan suhu yang ditampilkan pada dry block calibrator. Jika ada perbedaan, catat selisihnya.

Menghitung Data dan Ketidakpastian

Apabila memang ada selisih antara pembacaan suhu dry block calibrator dan sensor referensi, lakukan penyesuaian pada dry block calibrator sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh produsen atau standar yang berlaku.

Membuat dan Menerbitkan Laporan

Terakhir, dari semua proses kalibrasi dry block calibrator yang sudah dicatat, akan disusun dan dilakukan penerbitan laporan hasil kalibrasi dari dry block calibrator yang bisa dipercaya selama Anda melaksanakan kalibrasinya di laboratorium kalibrasi yang sudah terakreditasi.

Memilih Jasa Kalibrasi Dry Block Calibrator Terbaik dari Kalibrasi.com

Proses kalibrasi dry block calibrator ini sebaiknya dilakukan oleh tenaga ahli atau laboratorium kalibrasi yang terpercaya guna memastikan hasil yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Dan pilihan terbaik jatuh kepada Kalibrasi.com.

Kalibrasi.com yang sudah menjadi platform online kalibrasi pertama di Indonesia ini menjamin akan adanya jasa kalibrasi dry block calibrator yang terpercaya dan juga dengan berbagai penawarn yang sangat menarik. Apa saja itu?

Terakreditasi

Akreditasi adalah keunggulan dari Kalibrasi.com. Akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional ini dijamin membuat semua mitra dari Kalibrasi.com sudah memenuhi ISO 17025 yang merupakan standar laboratorium kalibrasi kelas dunia.

Metode, Rentang dan Standar yang Dipakai

Untuk pengerjaan dari kalibrasi dry block calibrator di Kalibrasi.com sendiri sudah sesuai dengan standar internasional untuk referensi acuannya. Selain itu, metode yang digunakan juga paling tepat.

Metode kalibrasi untuk dry block calibrator yang sesuai dengan standar internasional adalah EURAMET/cg-13/v.4.0(2015) dengan rentang ukur -20°C ~ 0°C, 0°C ~ 400°C, dan 400°C ~ 1000°C. Itu adalah metode dan juga rentang ukur yang diterapkan Kalibrasi.com untuk jasa kalibrasi dry block calibrator. 

Ruang Lingkup Luas

Kalibrasi.com memiliki ruang lingkup yang sangat luas. Di Kalibrasi.com Anda bisa menemukan berbagai alat ukur dan alat kalibrasi di ruang lingkup apapun itu termasuk ruang lingkup suhu dan juga kelembapan. Profesionalitas dari Kalibrasi.com tidak perlu diragukan lagi.

Cara Melakukan Penawaran

Tertarik dengan penawaran menarik Kalibrasi.com untuk jasa kalibrasi dry block calibrator? Ada berbagai penawaran yang sangat menguntungkan untuk Anda yang menanti. Untuk membuktikan bahwa Kalibrasi.com adalah jasa kalibrasi dry block calibrator terbaik, Anda bisa isi form di bawah ini untuk melakukan penawaran kalibrasi alat ukur atau instrumen Anda.