Instrumen Analitik

Pentingnya Cara Kalibrasi DO Meter serta Memilih Jasa Kalibrasi DO Meter Kredibel

Salah satu peralatan yang umumnya digunakan dalam Industri air minum yaitu DO meter. Terdengar asing tapi mari pelajari apa itu DO meter. DO Meter adalah singkatan dari Dissolve Oxygen Meter adalah alat yang digunakan untuk menunjukkan kadar oksigen terlarut dalam air yang kemudian dapat menjadi acuan dasar untuk menyimpulkan baik atau tidaknya kualitas air.

Alat ini sangat penting bagi beberapa industri hal ini karena nilai DO menunjukan jumlah oksigen (O2) dalam air mengindikasikan air tersebut memiliki kualitas yang bagus. Oleh karenanya untuk menjaga keakuratan alat dibutuhkan prosedur kalibrasi secara berkala. Kesalahan pengukuran akibat alat yang terlalu sering digunakan tentunya dapat menyebabkan kerugian bagi perusahaan.

Dalam pelaksanaannya melakukan kalibrasi bukanlah suatu yang mudah dilakukan dan membutuhkan ketelitian tingkat tinggi. Oleh karenanya untuk menjaga kualitas hasil kalibrasi, sangat perlu melibatkan jasa kalibrasi yang telah berpengalaman dalam melakukan kalibrasi DO meter. Anda dapat percayakan pilihan Anda pada Kalibrasi.com yang bekerja sesuai dengan pedoman kalibrasi.

Pedoman kalibrasi sangat diperlukan untuk menyamarkan hasil kalibrasi sebagaimana regulasi yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan standar internasionalnya. Untuk memahami tentang cara kalibrasi DO meter selengkapnya simak penjelasan berikut ini!

Memahami Cara Kalibrasi DO Meter

Dari penjelasan yang telah disampaikan sebelumnya, Anda telah mengetahui fungsi dari DO meter itu seperti apa. Sebagaimana fungsi DO meter itu sendiri untuk mengukur tentunya perlu melakukan perawatan kalibrasi secara berkala. Adapun cara kalibrasi DO meter yang perlu Anda tahu sebagai berikut :

Persiapan 

Tahap pertama dalam melakukan kalibrasi pastinya melakukan persiapan. Pada tahap persiapan meliputi peralatan,pelaksana,kondisi lingkungan, hingga metode kalibrasi. Perlu diingat bahwasannya kalibrasi dilakukan dilakukan pada alat ukur yang belum rusak karena kalibrasi bertujuan untuk mengembalikan performa alat sebagaimana spesifikasinya.   

Pelaksanaan

Tahap selanjutnya adalah tahap pelaksanaan, pada tahap ini adalah alat akan diamati sebelum diatur ulang. Pengamatan dilakukan untuk mengetahui besaran nilai yang ditunjukkan oleh alat sebelum diatur ulang untuk nantinya diatur ulang dan kembali diamati untuk melihat perubahan nilai yang ditunjukkan oleh alat. 

Menghitung Data dan Ketidakpastian

Setelah dilakukan pengamatan dan diperoleh data, proses selanjutnya adalah melakukan perhitungan data kalibrasi sesuai metode kalibrasi secara detail. Dalam proses perhitungan melibatkan pekerjaan yang membutuhkan ketelitian. Perhitungan tersebut mencakup nilai maksimum-minimum, nilai rata-rata, standar deviasi, atau menentukkan persamaan regresi.

Hasil dari perhitungan akan digunakan sebagai dasar dalam menentukkan ketidakpastian. Penentuan ketidakpastian adalah hal yang penting dalam pelaksanaan kalibrasi. Hal ini karena ketidakpastian kalibrasi itu sendiri dipengaruhi oleh banyak faktor terkait peralatan, pelaksana, lingkungan dan metode kalibrasi.

Membuat dan Menerbitkan Laporan

Tahapan terakhir pastinya pembuatan laporan, yang didahului dengan merumuskan konsep, dan jika konsep disetujui konsepakan diketik sebagai laporan kalibrasi. Perlu diingat bahwa dalam pembuatan laporan tersebut formatnya mengacu pada pedoman SNI 19-1025. Jika laporan telah selesai dibuat selanjutnya disahkan oleh penanggung jawab kalibrasi baru setelahnya diterbitkan.

Seperti yang telah disinggung di awal untuk memastikan prosedur kalibrasi sesuai sebagaimana pedoman dan cara kalibrasi. Maka perlu nya memilih jasa kalibrasi di Kalibrasi.com yang sudah kredibel dan berpengalaman untuk menjamin kualitas hasil kalibrasi DO meter. Untuk lebih lengkapnya simak penjelasan berikut :

Memilih Jasa Kalibrasi DO meter terakreditasi dari Kalibrasi.com

Untuk melakukan kalibrasi tidaklah mudah dilakukan oleh karena pilihlah jasa kalibrasi DO meter di Kalibrasi.com yang terbukti telah berkompeten dalam menyelenggarakan kalibrasi. Kalibrasi.com adalah sebuah platform yang menyediakan layanan jasa kalibrasi pada berbagai ruang lingkup yang cukup luas. informasi di bawah mungkin akan membantu Anda mengenal Kalibrasi.com selengkapnya berikut ini!

Terakreditasi

Mengantongi izin akreditasi dari lembaga yang berwenang adalah hal yang wajib diperoleh bagi setiap lembaga atau laboratorium yang menyelenggarakan operasional kalibrasi. Begitupun juga Kalibrasi.com semua mitra yang terlibat didalamnya telah terakreditasi oleh KAN yang artinya telah dijamin kualitas dan konsistensinya dalam melakukan kalibrasi.

Metode, Rentang dan Standar yang Dipakai

Di Kalibrasi.com metode kalibrasi DO meter yang diterapkan adalah TO-MD-8.02. Metode tersebut sebelum dibuat sudah dikaji dan telah mengikuti standar yang berlaku. Dengan rentang ukur yang digunakan sebagai identifikasi batas nilai toleransi antara 5L/menit~35L/menit.

Masih berkaitan juga dengan metode dan rentang ukur, yaitu standar. Seperti pada penyelenggaraan kalibrasi pada umumnya sesuai dengan standar ISO/IEC 170225 tentang Persyaratan Umum untuk kompetensi laboratorium pengujian dan kalibrasi.

Ruang Lingkup Luas

Seperti yang telah disinggung sebelumnya untuk bahwa Kalibrasi.com tidak hanya menyediakan satu spesifikasi jasa kalibrasi saja alat tetapi alat-alat yang dikategorikan dalam berbagai ruang lingkup juga. Kalibrasi.com menyediakan berbagai jasa kalibrasi ruang lingkup alat ukur yang luas.

Cara Melakukan Penawaran

Jika Anda tertarik untuk melakukan pemesanan jasa kalibrasi caranya cukup mudah dilakukan dan tentunya lebih efisien dilakukan. Anda dapat langsung mengunjungi website resmi Kalibrasi.com dan ajukan pertanyaan seputar penawaran kalibrasi pada bagian ‘Hubungi Kami’  Anda juga dapat klik pada bagian ‘Buat Permintaan Kalibrasi’ atau untuk lebih mudahnya isi form berikut ini untuk penawaran lebih lanjut.