Suhu dan Kelembapan

Memahami Cara Kalibrasi Data Logger dan Memilih Jasa Kalibrasi Data Logger Terbaik

Anda sudah tahu belum, apa sih alat bernama data logger? Alat ini sering digunakan dalam sektor industri yang mengandalkan alat-alat canggih untuk meningkatkan produktivitas. Data logger atau perekam data adalah sebuah alat elektronik yang digunakan untuk mengidentifikasi dan mencatat data dari waktu ke waktu baik yang terintegrasi dengan sensor dan instrument .

Alat ini berukuran kecil dan dilengkapi dengan mikroprosesor dan memori internal yang digunakan untuk mencatat dan merekam data dan sensor dari hasil kerja alat. Data logging yang telah tercatat kemudian akan diamati melalui komputer. Sebagai sebuah alat ukur yang memiliki fungsi penting, tentunya harus dikalibrasi secara berkala agar alat tidak cepat rusak.

Kalibrasi data logger bertujuan untuk memastikan alat dalam keadaan layak pakai dan akurat ketika digunakan. Oleh karena itulah dalam prosesnya kalibrasi tidak dapat dilakukan sembarangan. Karena kalibrasi memiliki beberapa cara yang wajib dilakukan supaya tidak terjadi kesalahan, apa sajakah cara tersebut? berikut penjelasannya.

Pentingnya Cara Kalibrasi Data Logger

Kalibrasi adalah kagiatan untuk menentukkan kebenaran nilai konvensional nilai penunjukkan alat ukur dan bahan ukur sesuai dengan standar ukur yang mampu tertelusur. Sehingga dalam pelaksanaannya harus sesuai dengan pedoman cara kalibrasi untuk hasil kalibrasi yang dapat dipertanggung jawabkan. Untuk lebih lengkapnya simak penjelasan cara kalibrasi data logger berikut ini!

Persiapan 

Seperti dalam prosedur pada umumnya, pastinya alat ukur yang akan dikalibrasi harus mempersiapkan beberapa hal. Pada tahapan persiapan sebelum melakukan kalibrasi meliputi peralatan, pelaksana, kondisi lingkungan hingga menentukkan metode yang tepat bagi data logger.

Pelaksanaan

Tahapan kedua adalah pelaksanaan kalibrasi yang dimulai dari pengamatan. Adapun di dalam tahapan ini terdiri dari pengamatan awal pada alat, penyetelan ulang alat, dan pengamatan kewajaran hasil ukur. Dalam tahapan pelaksanaan ini membutuhkan ketelitian atas setiap detail pelaksanaan kalibrasi itulah mengapa kalibrasi tidak boleh dilakukan asal.

Menghitung Data dan Ketidakpastian

Setelah tahapan pengamatan dilakukan selanjutkan akan diperoleh data pengamatan. Data yang telah dicatat tersebut selanjutkan akan dilakukan penghitungan dengan cara melihat nilai maksimum-minum, nilai rata-rata  dan standar deviasi. Setelah memperoleh hasil perhitungan, selanjunya menentukkan ktidakpastian yang dilakukan dengan berlandaskan hasil perhitungan.

Membuat dan Menerbitkan Laporan

Tahapan yang terakhir dalam kalibrasi adalah membuat dan menerbitkan laporan kalibrasi dengan terlebih dahulu melakukan pembuatan konsep. Konsep yang telah disetujui selanjutnya dapat dilakukan pengetikan laporan. Selanjutnya laporan tersebut akan di sah kan oleh penanggung jawab kalibrasi untuk selanjutnya diterbitkan.

Seperti yang Anda tahu dalam melakukan kalibrasi harus dilakukan oleh teknisi yang telah berkompeten. Oleh karenanya dalam penyelenggaraan kalibrasi perlu dilakukan pada jasa kalibrasi yang cara kalibrasi nya sudah sesuai dengan prosedur dan standar dari kalibrasi.com

Memilih Jasa Kalibrasi Data Logger Terakreditasi dari Kalibrasi.com

Keterlibatan jasa kalibrasi seperti Kalibrasi.com sangat penting untuk membantu jalannya kalibrasi sebagaimana standar yang telah ditentukan. Kalibrasi.com adalah sebuah platform digital yang menyediakan layanan jasa kalibrasi dengan prosedur yang mudah. Pilihlah jasa kalibrasi dari Kalibrasi.com yang menyediakan bermacam jasa kalibrasi termasuk jasa kalibrasi data logger.

Lalu kenapa harus memilih jasa kalibrasi data logger di Kalibrrasi.com? simak lebih lanjut pada penjelasan berikut ini!

Terakreditasi

Kalibrasi.com memiliki vendor-vendor yang telah terakreditasi oleh KAN sehingga telah terjamin kehandalannya dalam melakukan kalibrasi yang pasti sudah sesuai dengan standar, hasil kalibrasi yang berkualitas dan memiliki konsistensi dalam melakukan kalibrasi

Metode, Rentang, dan Standar yang Dipakai

Dalam pelaksanaan kalibrasi pastinya memiliki ketentuannya tersendiri. Nah di Kalibrasi.com metode dan rentang ukur  yang digunakan sudah sesuai dengan pedoman standar yang secara umum diatur dalam SNI ISO/IEC 17025 dan metode yang berlaku bagi kalibrasi data logger. 

Ruang Lingkup Suhu dan Kelembaban

Selain jasa kalibrasi yang telah dijelaskan diatas, Kalibrasi.com menyediakan jasa kalibrasi alat ukur dengan ruang lingkup yang luas. Termasuk dalam ruang lingkup suhu dan kelembaban dengan bermacam alat ukur. Sehingga lebih banyak pilihan sesuai dengan jasa kalibrasi yang Anda butuhkan.

Cara Melakukan Penawaran.

Untuk melakukan penawaran jasa kalibrasi di Kalibrasi.com memiliki proses dan akses yang mudah. Jika Anda berminat melakukan jasa kalibrasi data logger Anda dapat mengunjungi website resmi Kalibrasi.com dan klik bagian ‘Buat Permintaan Kalibrasi’ atau lebih mudahnya isi form permintaan jasa kalibrasi data logger berikut ini untuk penawaran lebih lanjut!