Instrumen Analitik

Penjelasan Cara Kalibrasi Continuous Emission Monitoring (CEM) dan Memilih Jasa Kalibrasi Continuous Emission Monitoring Kredibel

Gas buang dapat diartikan sebagai gas sisa hasil pembakaran bahan bakar di dalam mesin pembakaran dalam, mesin pembakaran luar, mesin jet yang dikeluarkan dari sistem pembuangan mesin. Pengukuran gas buang sangat penting untuk dilakukan. Bahkan, beberapa negara telah memiliki aturan untuk semua sektor perindustrian agar mengatur gas buangnya.

CEM (Continuous Emission Monitoring) merupakan alat yang digunakan untuk mengukur gas buang. Keakuratan continuous emission monitoring sangat berpengaruh terhadap pengambilan data yang digunakan untuk mengatur gas buang.

Namun, seperti alat ukur lainnya, continuous emission monitor juga dapat mengalami penurunan kinerja sehingga berpotensi menghasilkan pengukuran yang menyimpang. Oleh karena itu, continuous emission monitoring harus dikalibrasi secara berkala dengan cara kalibrasi yang sesuai standar. Lalu, bagaimana cara melakukan kalibrasi continuous emission gauge? mari kita bahas

Mempelajari Cara Kalibrasi Continuous Emission Monitoring (CEM)

Cara kalibrasi continuous emission gauge terdiri atas beberapa tahapan yaitu tahap persiapan, pelaksanan, perhitungan data dan ketidakpastian, serta pembuatan dan penerbitan laporan. Penjelasan mengenai tahapan-tahapan tersebut adalah sebagai berikut:

Persiapan

Pertama-tama siapakan continuous emission monitoring atau alat yang akan dikalibrasi dan alat yang digunakan untuk melakukan kalibrasi atau yang biasa disebut dengan kalibrator. Kemudian, pastikan continuous emission monitoring dapat beroperasi dengan baik, karena seyogyanya proses kalibrasi dilakukan pada alat yang dapat beroperasi dengan normal dan tidak rusak.

Pelaksanaan

Pelaksanaan kalibrasi continuous emission monitoring harus dilakukan oleh teknisi yang terakreditasi dan kompeten. Kompetensi teknisi tersebut harus dibuktikan dengan sertifikasi yang diberikan oleh lembaga yang kredibel.

Menghitung Data dan Ketidakpastian

Selanjutnya, proses perhitungan data kalibrasi continuous emission monitoring dilakukan dengan metode kalibrasi yang tepat dan harus dihitung secara objektif. Biasanya, proses perhitungan ini melibatkan konversi satuan, perhitungan nilai maximum-minimum, dan lain sebagainya.

Selain itu, ketidakpastian kalibrasi juga harus ditentukan. Hal ini disebabkan karena hasil kalibrasi biasanya dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti faktor metode, petugas, kondisi lingkungan, dan lain sebagainya.

Membuat dan Menerbitkan Laporan

Setelah itu, prosedur terakhir adalah membuat laporan hasil kalibrasi continuous emission monitoring dan menerbitkan nya. Format laporan hasil kalibrasi harus mengacu pada pedoman SNI 19-17025. Pembuatan laporan ini terdiri dari beberapa tahap, yaitu pembuatan konsep, pemeriksaan konsep, pengetikan konsep, dan pengesahan laporan.

Memilih Jasa Kalibrasi Continuous Emission Monitoring (CEM) Terakreditasi dari Kalibrasi.com

Hasil kalibrasi yang diakui harus terverifikasi dan terakreditasi. Untuk memperoleh hasil kalibrasi yang valid, terverifikasi, dan terakreditasi. Penyelenggara dan pelaksana kalibrasi juga harus dilakukan oleh lembaga atau laboratorium pengujian dan kalibrasi yang terakreditasi. Oleh karena itu, kami merekomendasikan jasa kalibrasi continuous emission analyzer terbaik hanya di kalibarsi.com 

Kalibrasi.com memiliki banyak kelebihan dibandingkan jasa kalibrasi yang lain. Kelebihan dari kalibrasi.com antara lain adalah sebagai berikut: 

Terakreditasi

Kalibrasi.com merupakan sebuah platform digital yang membantu siapa saja untuk melakukan kalibrasi yang terakreditasi. Kalibrasi.com memiliki mitra laboratorium yang terakreditasi di berbagai wilayah sehingga Anda dapat memilih laboratorium yang Anda inginkan.

Selain itu, kalibrasi.com juga menawarkan harga yang sangat terjangkau. Dengan harga yang terjangkau Anda dapat melakukan kalibrasi yang terakreditasi dan menikmati berbagai layanan menarik dari kalibrasi.com

Metode, Rentang dan Standar yang Dipakai

Metode yang digunakan oleh kalibrasi.com saat melakukan kalibrasi continuous emission monitoring adalah metode yang mengacu pada standar yang berlaku yaitu metode kalibrasi IK.TUT-01. Rentang ukur continuous emission monitoring juga sudah sesuai dengan standar sehingga dapat terakreditasi dan dikatakan valid yaitu mulai dari 5 ppm hingga 1000 ppm. Selain itu, kalibrasi.com menggunakan standar yang mengacu pada standar internasional yang tercantum pada sistem satuan internasional (SI).

Ruang Lingkup Luas

Kalibrasi.com melayani berbagai ruang lingkup kalibrasi, termasuk ruang lingkup instrumen analitik yang merupakan ruang lingkup dari continuous emission monitoring. Selain itu, ruang lingkup lain yang disediakan di kalibrasi.com adalah ruang lingkup waktu & frekuensi, torsi, massa, akustik dan vibrasi, tekanan, densitas dan kepadatan, kelistrikan, fotometri, kekerasan, volumetrik, panjang, suhu & kelembapan, arus dan aliran, dan ruang lingkup gaya.

Cara Melakukan Penawaran

Sangat menarik bukan? Jika Anda tertarik untuk melakukan kalibrasi continuous emission monitoring yang terakreditasi melalui jasa kalibrasi yang kredibel dan terpercaya serta telah mendapat izin dari KAN di kalibrasi.com, Anda dapat langsung melihat penawaran-penawaran menarik di web kalibrasi.com. 

Anda juga dapat melakukan order dengan cara buka halaman utama kalibrasi.com, kemudian klik “Buat Permintaan”, lalu isi semua formulir yang telah disediakan. Untuk penawaran menarik lainnya, silahkan isi form berikut ini!