Instrumen Analitik

Melihat Cara Kalibrasi Conductivity Meter serta Memilih Jasa Kalibrasi Conductivity Meter Terpercaya

Kalibrasi alat ukur adalah salah satu perawatan alat ukur yang bertujuan menjaga akurasinya tetap sesuai dengan standar. Proses kalibrasi sendiri dilakukan dengan cara membandingkan hasil pengukuran dengan nilai standar yang ditetapkan dan sesuai spesifikasi. Alat ukur memerlukan kalibrasi apabila ditemukan kesalahan pengukuran. Kesalahan pengukuran dapat merusak kualitas produk dan berujung merugikan perusahaan.

Oleh karena itu, apabila alat ukur yang Anda miliki mulai mengirimkan sinyal berupa kesalahan pengukuran, segerakan penuhi kebutuhan kalibrasinya. Tetapi, perlu Anda ketahui bahwa kalibrasi tidak dapat dilakukan secara mandiri, pelaksanaannya melibatkan banyak ketentuan yang harus dilakukan oleh professional.

Penjelasan Cara Kalibrasi Conductivity Meter

Langkah-langkah dalam mengkalibrasi conductivity meter sangat kompleks karena berisi berbagai macam pekerjaan yang menuntut ketelitian tinggi dan mengharuskan memenuhi ketentuan yang berlaku. Untuk menjaga keteraturan proses kalibrasi, dibentuklah suatu prosedur kalibrasi conductivity meter yang harus diikuti secara berurutan. Dibawah ini Anda akan dijelaskan mengenai cara kalibrasi conductivity meter. Simak dengan seksama.

Persiapan

Pertama kali yang dilakukan dalam proses kalibrasi conductivity meter adalah persiapan. Pengamat kalibrasi harus memastikan kesiapan peralatan, pelaksana, kondisi lingkungan, hingga metode kalibrasi. Apabila dalam persiapan ditemukan beberapa kendala dalam aspek tersebut dapat dilakukan perbaikan terlebih dahulu, sehingga hal itu tidak akan mengganggu pelaksanaan kalibrasi.

Pelaksanaan

Rangkaian panjang kalibrasi berporos pada tahap ini, yakni pelaksanaan kalibrasi itu sendiri. Pelaksanaan harus dilakukan dengan mencermati ketentuan yang berlaku. Pelaksanaan kalibrasi dapat diawali dengan pengamatan awal pada alat. Kemudian dilanjutkan dengan penyetelan, pengamatan kewajaran hasil ukur, dan menentukan ketidakpastian. Kecermatan pengamat diuji pada tahap ini karena membutuhkan ketelitian tinggi.

Menghitung Data dan Ketidakpastian

Tahap ini adalah tahap lanjutan yang akan menghitung data yang didapatkan dari tahap pelaksanaan kalibrasi. Penghitungan data tidak boleh dilakukan asal-asalan karena hasil penghitungan dijadikan sebagai dasar untuk menarik kesimpulan. Tugas yang ada dalam tahap ini diantaranya adalah memberikan konversi satuan, menghitung nilai maksimum-minimum, nilai rata-rata, standar deviasi, atau menentukan persamaan regresi. Hasil yang didapatkan bukan akhir dari tahap ini karena kalibrasi mudah dipengaruhi banyak faktor, maka harus ditentukan ketidakpastiannya.

Membuat dan Menerbitkan Laporan

Seluruh hasil pelaksanaan kalibrasi dilaporkan dalam bentuk laporan yang berisi informasi seputar kalibrasi conductivity meter yang dilakukan. Laporan ini bertujuan sebagai bahan evaluasi. Format yang digunakan dalam pembuatan laporan kalibrasi mengacu pada SNI 19-17025. Tahap yang harus dilakukan dalam penyusunan laporan meliputi pembuatan konsep, pemeriksaan konsep, pengetikan, dan pengesahan laporan. Kepala laboratorium atau perwakilannya akan mengesahkan laporan kalibrasi dan menerbitkannya.

Memilih Jasa Kalibrasi Conductivity Meter Terpercaya dari Kalibrasi.com

Kalibrasi.com adalah salah satu platform digital yang menyediakan jasa kalibrasi conductivity meter yang terpercaya. Laboratorium kalibrasi yang terpercaya untuk melakukan jasa kalibrasi conductivity meter dapat ditinjau dari akreditasinya, standar dan metode yang digunakan, serta kemudahan lain yang ditawarkan. Kalibrasi.com menjadi platform penyedia jasa kalibrasi yang terpercaya karena beberapa hal berikut ini yang dijelaskan.

Terakreditasi

Komite Akreditasi Nasional (KAN) akan memberikan penghargaan berupa akreditasi kepada laboratorium kalibrasi yang telah memenuhi standar dalam pelaksanaannya. Kalibrasi.com adalah salah satu yang mendapat akreditasi dari KAN, sehingga memiliki hak untuk melakukan kalibrasi dengan ISO 17025. Dengan akreditasi yang dimiliki Kalibrasi.com membuktikan bahwa kalibrasi conductivity meter yang dilakukan di Kalibrasi.com dapat dipercaya.

Metode, Rentang dan Standar yang Dipakai

Metode yang digunakan Kalibrasi.com dalam melakukan kalibrasi conductivity meter yaitu ASTM D 1125-14, dengan rentang ukurnya 84μS/cm, 1413μS/c, 5000μS/cm. Untuk melakukan permintaan kalibrasi conductivity meter, Anda dapat menemukannya pada ruang lingkup instrumen analitik.  Standar acuan yang digunakan Kalibrasi.com adalah standar nasional SNI dan standar internasional ISO.

Ruang Lingkup Luas

Terdapat 15 ruang lingkup di Kalibrasi.com dengan berbagai jenis alat ukur didalamnya. Luasnya ruang lingkup yang dimiliki Kalibrasi.com merupakan salah satu usahanya untuk memenuhi kebutuhan kalibrasi berbagai alat ukur Anda dalam satu platform.

Cara Melakukan Penawaran

Memesan jasa kalibrasi conductivity meter di Kalibrasi.com dapat menghemat waktu Anda karena dapat dilakukan pada website Kalibrasi.com. Langkah pemesanannya juga cukup sederhana, yakni dengan mengakses website Kalibrasi.com pada perangkat yang terhubung internet. Kemudian pilihlah kotak yang bertuliskan Buat Permintaan Kalibrasi yang tertera pada halaman pertama. Setelah itu, isilah formulir yang ada dengan memberikan informasi yang benar. Tekan tombol submit untuk mengakhiri proses pemesanan jasa kalibrasi conductivity meter. Jika Anda kesulitan dengan cara tersebut, silahkan isi form berikut ini.