Panjang

Mempelajari Cara Kalibrasi Ayakan Pasir serta Memilih Jasa Kalibrasi Ayakan Pasir Terakreditasi

Dalam dunia industri, kalibrasi adalah proses yang sangat penting untuk memastikan bahwa alat ukur yang digunakan memiliki tingkat akurasi yang maksimal. Tahukah Anda bahwa ayakan pasir juga termasuk alat ukur khususnya untuk kebutuhan laboratorium yang membutuhkan tingkat akurasi yang tinggi dalam mengukur partikel pasir atau partikel lainnya. Sama seperti alat ukur lainnya, alat ayakan pasir ini juga perlu dikalibrasi. Maka dari itu di artikel kali ini kita akan membahas tentang jasa kalibrasi ayakan pasir sekaligus memahami bagaimana cara kalibrasi ayakan pasir secara umum.

Memahami Cara Kalibrasi Ayakan Pasir 

Untuk melakukan kalibrasi ayakan pasir, ada beberapa tahapan utama yang harus dilakukan, berikut penjelasannya:

Persiapan

Tahapan pertama dalam melakukan kalibrasi adalah persiapan. Persiapan ini mencakup persiapan alat ukur, alat kalibrasi, kondisi lingkungan, pelaksana kalibrasi, dan metode kalibrasi.

Alat standar dan alat yang akan dikalibrasi harus berada dalam kondisi yang sama dan sesuai dengan metode kalibrasi yang akan digunakan. Alat standar harus memiliki ketelusuran (traceability) yang dapat dipercaya dengan bukti sertifikat kalibrasi.

Pelaksana kalibrasi harus memahami proses kalibrasi dan memiliki pengalaman di bidang ini. Kondisi lingkungan harus disesuaikan dengan persyaratan metode kalibrasi, termasuk pengaturan suhu dan kelembaban. Metode kalibrasi yang digunakan harus mengacu pada standar yang diakui oleh masyarakat luas.

Pelaksanaan

Setelah tahapan persiapan selesai, langkah selanjutnya adalah pelaksanaan kalibrasi. Tahapan ini mencakup pengamatan awal fisik alat ukur, penyetelan alat, pengamatan kewajaran hasil ukur, hingga pengukuran sesuai kapasitas dan pencatatan data.

Pengamatan awal dilakukan untuk memeriksa kondisi alat ukur. Jika alat ukur mengalami kerusakan, harus diperbaiki terlebih dahulu. Penyetelan alat dilakukan untuk menghindari kesalahan titik nol. Selanjutnya, pengamatan kewajaran hasil ukur dilakukan untuk memastikan bahwa alat ukur menunjukkan hasil yang wajar.

Pengukuran dilakukan sesuai dengan kapasitas alat dan rentang ukur tertentu. Hasil pengukuran kemudian dicatat untuk proses pengolahan data selanjutnya.

Menghitung Data dan Ketidakpastian

Setelah semua data dikumpulkan, langkah selanjutnya adalah pengolahan data. Proses ini melibatkan penghitungan deviasi, nilai maksimum minimum, persamaan regresi, dan nilai rata-rata. Hasil perhitungan ini akan digunakan untuk menentukan ketidakpastian dalam kalibrasi.

Ketidakpastian kalibrasi adalah rentang nilai di mana hasil kalibrasi dapat berubah karena berbagai faktor, termasuk peralatan, pelaksana, lingkungan, dan metode kalibrasi.

Membuat dan Menerbitkan Laporan

Tahap terakhir dalam proses kalibrasi adalah pembuatan dan penerbitan laporan. Laporan ini berisi hasil dari proses kalibrasi, termasuk data pengukuran, hasil perhitungan, dan ketidakpastian kalibrasi.

Format laporan mengacu pada pedoman SNI 19-17025 dan melibatkan empat tahap: pembuatan konsep, pemeriksaan konsep, pengetikan konsep, dan pengesahan laporan. Pengesahan dilakukan oleh kepala laboratorium kalibrasi atau perwakilannya yang memiliki pengetahuan dan pengalaman di bidang kalibrasi.

Memilih Jasa Kalibrasi Ayakan Pasir Kredibel dari Kalibrasi.com

Untuk mendapatkan hasil pengukuran yang akurat dalam industri terutama penggunaan ayakan pasir adalah hal yang sangat penting. Untuk memastikan keakuratannya tersebut, hendaknya Anda memerlukan jasa kalibrasi yang dapat diandalkan. Salah satu layanan kalibrasi yang dapat Anda pertimbangkan adalah Kalibrasi.com. Kenapa Anda harus memilih jasa kalibrasi dari Kalibrasi.com? Berikut adalah alasan-alasannya:

Terakreditasi

Pilihan utama dalam mencari jasa kalibrasi tentu saja yang sudah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN). Kalibrasi.com bekerja sama dengan mitra yang telah terakreditasi KAN seperti PT. Dinamika Kalibrasi Indonesia yang telah mendapatkan sertifikasi KAN sejak 2021. Jasa kalibrasi yang sudah terakreditasi KAN menjamin bahwa layanan yang ditawarkan telah melalui pengecekan dan memenuhi standar yang ditetapkan oleh lembaga akreditasi. Dengan demikian, Anda dapat merasa tenang dan percaya diri bahwa kalibrasi yang Anda terima adalah akurat dan dapat diandalkan.

Metode, Rentang dan Standar yang Dipakai

Kalibrasi.com menerapkan metode, rentang, dan standar yang diakui dalam industri. Hal ini penting untuk memastikan bahwa kalibrasi ayakan pasir dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah diuji dan terbukti. Standar acuan yang digunakan, misalnya, mencakup kriteria tertentu seperti gradasi pasir dari 0,075 mm hingga 2 mm dan penentuan lokasi titik uji yang memenuhi syarat. Jika standar tertentu untuk alat yang Anda gunakan tidak tersedia, Kalibrasi.com akan menjelaskan dan melaksanakan kalibrasi sesuai dengan standar dan metode yang berlaku secara umum di industri.

Ruang Lingkup Luas

Selain menyediakan jasa kalibrasi ayakan pasir, Kalibrasi.com juga menawarkan layanan kalibrasi alat ukur dengan ruang lingkup yang luas. Layanan ini mencakup kalibrasi untuk berbagai jenis peralatan ukur yang digunakan di berbagai industri, dari pemerintah, industri, hingga swasta lainnya di seluruh Indonesia. Dengan begitu, Anda tidak perlu mencari jasa lain jika Anda membutuhkan kalibrasi untuk alat ukur lain.

Cara Melakukan Penawaran

Jika Anda tertarik dengan layanan jasa kalibrasi ayakan pasir dari Kalibrasi.com, Anda cukup melakukan beberapa langkah mudah. Kunjungi situs website Kalibrasi.com yang mudah diakses dan mudah untuk melakukan pemesanan kalibrasi. Anda akan diarahkan ke halaman pengisian formulir kalibrasi sesuai dengan kebutuhan alat ukur Anda. Jika Anda ingin melakukan konsultasi juga bisa langsung hubungi tim Kalibrasi.com lewat email atau dengan mengisi form di bawah ini.