Insulation Tester

Pedoman Menggunakan Insulation Tester Chauvin Arnoux MX 409 dan Maintenance

Kini setiap aktivitas tentunya selalu menggunakan sumber listrik. Namun, tahukah Anda kini terdapat alat canggih yang sering digunakan di berbagai sektor industri guna untuk memastikan komponen listrik tersebut aman untuk digunakan. Alat ini sering disebut dengan Insulation Tester. Alat Insulation Tester merupakan suatu alat yang memiliki fungsi untuk mengukur resistansi ataupun kebocoran arus kelistrikan dengan melalui insulasi pada berbagai bahan isolasi. 

Dengan mengukur resistansi atau kebocoran arus, Anda dapat mengetahui indikasi tentang seberapa baik insulasi tersebut berfungsi. Semakin tinggi resistansi atau semakin rendah kebocoran arus, semakin baik kualitas insulasi tersebut. Seiring berjalannya waktu, kini terdapat berbagai alat Insulation Tester yang telah tersebar di pasaran. Salah satu alat yang cukup populer yaitu Insulation Tester Chauvin Arnoux MX 400. Di dalam artikel ini juga terdapat penjelasan mengenai pedoman penggunan alat, yang akan dibahas pada pembahasan selanjutnya. 

Pedoman Menggunakan Insulation Tester Chauvin Arnoux MX 409

Sesuai dengan yangtelah disebutkan pada penjelasan di atas, terdapat beberapa tahapan penggunaan alat. Mengenai pedoman penggunaannya yaitu:

  1. Tahap yang pertama, pilih mode pengukuran. Pada tahap ini Anda harus menentukan mode pengukuran apa yang akan Anda gunakan. 
  2. Kemudian, atur durasi dengan memilih diantara mode manual, terkunci ataupun berdurasi sesuai dengan keperluan Anda. 
  3. Lalu pantau tegangan yang Anda uji. 
  4. Jika telah selesai, bila terdapat tegangan berbahaya maka alat ini akan otomatis mendeteksi tegangan berbahaya tersebut. 

Untuk dapat mengetahui penjelasan lengkap mengenai pedoman penggunaan dapat Anda pelajari melalui pedoman yang ada di manual book Insulation Tester Chauvin Arnoux MX 400 

Bidang yang Cocok dengan Insulation Tester Chauvin Arnoux MX 409

Telah Anda ketahui, bahwa alat Insulation Tester Chauvin Arnoux MX 400 memiliki fungsi yang sangat penting dalam pemeriksaan rutin untuk peralatan listrik seperti panel listrik, transformator, motor, dan juga kabel listrik. Selain itu, alat ini juga digunakan dalam instalasi baru atau proyek perluasan jaringan listrik. 

Spesifikasi Insulation Tester Chauvin Arnoux MX 409

Sama seperti peralatan lainnya, alat Insulation Tester Chauvin Arnoux MX 400 juga memiliki spesifikasi untuk Anda. Dengan adanya spesifikasi ini dapat membantu Anda untuk mengetahui rincian rincian dari alat tersebut. Untuk itu, berikut merupakan gambaran rinciaannya: 

Voltage
Range 1-700 V
Resolution 1 V
Accuracy ±1.2% R ± 1 ct in AC+DC; ±1% R ± 1 ct in DC
Insulation
Test voltage 250 V 50 kΩ to 4.2 GΩ
500 V 100 kΩ to 4.2 GΩ
1 000 V 200 kΩ to 11 GΩ
Accuracy 50 kΩ to 400 MΩ ±1.5% R ± 10 cts
Voltage alert indicator Yes > 30 V
Test inhibition Yes > 30 V
nhibition Yes > 30 V Timer 10 s to 39 min 59 s
Continuity
Range 0.02 Ω – 40Ω
Measurement current ≥ 200 mA
Cable compensation up to 5 Ω
Audible beep < 2 Ω or < 1 Ω
Resistance
Range 1 Ω to 420 kΩ
Accuracy ±1.2% R ± 3 cts
Automatic power-of After 10 min without use
Backlighting blue / red
Power supply 6 x LR 6 or AA batteries
Standards IEC 61557-1-2-4-10
Electrical safety IEC 61010-1, 61010-2-030, 61010-2-034 – 600V CAT IV
IP / IK index IP 40
Dimensions / weight 218 x 95 x 63 mm / 760 g

Selengkapnya untuk spesifikasi yang lebih detail bisa cek di datasheet Chauvin Arnoux MX 400

Kelebihan Insulation Tester Chauvin Arnoux MX 409

Dengan adanya instrumen tersebut, membuat alat Insulation Tester Chauvin Arnoux MX 400 menjadi memiliki kelebihan. Kelebihan inilah yang nantinya akan memberikan dampak baik bagi pengguna. Apa saja kelebihan yang dimiliki alat ini? Untuk kelebih-kelebihan tersebut yaitu sebagai berikut:

  • Visual alarm, blue / red backlighting
  • Automatic power off
  • AC and AC+DC voltage measurement up to 700 V
  • Continuity at 200 mA
  • Insulation at 250 / 500 / 1,000 V
  • Insulation resistance up to 11 GΩ
  • Manual, locked and timer modes
  • Standards IEC 61557-1-2-4-10
  • Protection IP 40
  • Warranty 2 years

Kisaran Harga Insulation Tester Chauvin Arnoux MX 409

Untuk kisaran harga Insulation Tester Chauvin Arnoux MX 400 berkisar Rp.19.228.984 per unit. Dengan kisaran harga tersebut, tentunya Anda harus dapat mempertimbangkan dengan sebaik mungkin. Terdapat rekomendasi distributor resmi penyedia peralatan dari Chauvin Arnoux yaitu di Ralali.com. Setiap peralatan yang tersedia di Ralali.com memiliki harga yang terjangkau dn juga terdapat berbagai pilihan metode pembayaran. Jika Anda tertarik untuk menggunakan layanan Ralali.com, klik banner dibawah ini agar Anda dapat menuju ke platform milik Ralali.com!

Maintenance dan Kalibrasi Insulation Tester Chauvin Arnoux MX 409

Selain penting bagi Anda untuk dapat memilih distributor resmi untuk melakukan proses pembelian alat Insulation Tester Chauvin Arnoux MX 400. Adapun hal penting lainnya mengenai maintenance dan kalibrasi alat. Untuk dapat memenuhi proses maintenance dan kalibrasi pada alat ini Anda dapat menggunakan layanan jasa Kalibrasi.com. Berikut ini terdapat penjabaran mengenai maintenance dan kalibrasi tersebut. 

Maintenance Insulation Tester Chauvin Arnoux MX 409

Pada alat Insulation Tester Chauvin Arnoux MX 400, kecuali sekring dan baterai instrumen ini tidak mengandung komponen yang dapat diganti oleh teknisi yang belum terlatih. Maka dari itu, untuk tetap dapat memenuhi kebutuhan maintenance pada alat ini. Kini Anda dapat menggunakan layanan jasa Kalibrasi.com. 

Kalibrasi Insulation Tester Chauvin Arnoux MX 409

Tidak hanya maintenance saja yang dapat ditangani oleh jasa Kalibrasi.com. Sesuai dengan Namanya jasa Kalibrasi.com tentunya juga dapat melakukan proses kalibrasi yang sesuai dengan standar nasional atau internasional. Sehingga kelayakan pemakaian peralatan Anda dapat diakui dimana sja. Untuk itu segera lakukan proses maintenance dan kalibrasi di jasa Kalibrasi.com, dengan mengklik banner dibawah ini!