Insulation Tester

Pedoman Penggunaan Insulation Tester Chauvin Arnoux MX 406B dan Perawatannya

Sengatan listrik dapat terjadi apabila sebuah kabel yang dialiri listrik tidak tercover dengan isolator untuk menahan listrik. Terkadang, suatu kabel telah dilapisi isolator tetapi masih menyengat, itu disebabkan oleh isolator yang tidak memenuhi standar. Dari situlah insulation tester, alat untuk mengukur dan menguji tahanan isolasi suatu kabel diciptakan. Contoh pengembangan alat tersebut adalah insulation tester Chauvin Arnoux MX 406B yang cukup mudah diaplikasikan. Tujuan pengembangan alat ini memang untuk pekerjaan lapangan yang beresiko. Agar meminimalisir resiko kerja, silahkan pahami pedoman yang benar pada penggunaan insulation tester chauvin arnoux mx 406b serta perawatan yang tepat pada alat tersebut. Simak selengkapnya disini

Pedoman Penggunaan Insulation Tester Chauvin Arnoux MX 406B

Anda menginginkan performa yang maksimal dari insulation tester Chauvin Arnoux MX 406B? Itu adalah hal yang sangat mungkin untuk diusahakan. Caranya adalah dengan mengikuti pedoman penggunaan insulation tester Chauvin Arnoux MX 406B seperti di bawah ini.

  • Pastikan baterai dalam kondisi penuh, lalu pastikan posisi jarum berada tepat dan berimpit dengan garis skala
  • Kemudian posisikan pada zero check dan letakan kabel test di terminal megger. Hubungkan ujung yang lain juga
  • Pilih saklar pada posisi 500 dan posisikan saklar di skala 1
  • Hidupkan instrumen dan jarum akan bergerak
  • Setelah itu atur megger ke posisi off lagi dan ulangi poin pengecekan elektrikal zero
  • Kabel tes uji bisa Anda posisikan kembali ke peralatan yang sedang diukur
  • Sesuaikan posisi saklar dengan tegangan kerja alat yang diukur
  • Hidupkan kembali megger dan baca hasil yang ditunjukkan pada skala

Banyaknya peraturan yang harus diperhatikan, tidak sembarang bidang pekerjaan dapat menggunakan insulation tester Chauvin Arnoux MX 406B. Anda juga bisa membuka manual book Chauvin Arnoux MX 406B untuk cara penggunaan yang lebih rinci.

Bidang yang Cocok dengan Insulation Tester Chauvin Arnoux MX 406B

Isolasi adalah komponen terpenting dalam dunia kelistrikan karena tanpa adanya isolator, listrik tidak dapat dihambat dan akan menyengat siapapun yang memegang. Sehingga agar listrik mungkin untuk dipegang, jaringan listrik harus dilapisi isolator. Jadi, melihat semua aspek kelistrikan membutuhkan isolator, maka bidang yang cocok dengan insulation tester Chauvin Arnoux MX 406B adalah semua bidang yang berkaitan dengan listrik. Misalnya industri kabel atau industri pemeliharaan.

Spesifikasi Insulation Tester Chauvin Arnoux MX 406B

Peralatan listrik memerlukan performa dari insulation tester Chauvin Arnoux MX 406B untuk memastikan isolatornya tidak terdapat kebocoran dan tidak membahayakan. Mari kita lihat bagaimana spesifikasi insulation tester Chauvin Arnoux MX 406B dan pekerjaan seperti apa yang dapat ditanganinya.

Specifications MX 406B
Insulation 10 k to 200 M at 50/250 and 500 VDC (3 ranges)
Continuity with buzzer 0 to 10  (i > 200 mADC)
Voltage 0 to 440 VAC/DC
Electrical safety IEC 1010 – Cat. III 300 V
Power supply 3 x 1.5 V batteries for charge life of 1,000 x 5s measurements
Dimensions / weight 155 x 98 x 40 mm / 410 g
Accessories supplied Remote control probe, black safety lead, 1 black crocodile clip,

3 batteries and 1 operating manual

Keunggulan Insulation Tester Chauvin Arnoux MX 406B

Memiliki keunggulan berarti performa suatu alat telah melebihi standar dan fungsi dasarnya. Bisa dikatakan keunggulan insulation tester Chauvin Arnoux MX 406B adalah hal baik yang diberikan kepada penggunanya. Simak keunggulannya berikut ini.

  • TRMS voltage 0 to 440 V AC/DC
  • Insulation up to 20 MΩ at 50 V DC and up to 200 MΩ at 250 and 500 V DC
  • Continuity 0 to 10 Ω (audible beep and full protection without a fuse)
  • Autorange function
  • Electrical safety IEC 601010 300V CAT III
  • Compliant with IEC 61557

Perkiraan Harga Insulation Tester Chauvin Arnoux MX 406B

Perkiraan harga insulation tester Chauvin Arnoux MX 406B kini hampir mencapai 9 juta rupiah dan angka tersebut akan terus naik. Maka dari itu, amankan stok insulation tester Chauvin Arnoux MX 406B Anda dengan membelinya melalui Ralali.com sebelum harganya kian tinggi. Ralali.com adalah distributor terpercaya dengan banyak keuntungan yang ditawarkannya. Untuk mengetahui produk insulation tester Chauvin Arnoux MX 406B lebih lengkapnya, Anda bisa klik banner di bawah ini.

Perawatan dan Kalibrasi Insulation Tester Chauvin Arnoux MX 406B

Jangankan memberi performa yang optimal, insulation tester Chauvin Arnoux MX 406B yang tidak Anda rawat justru akan mengantarkan Anda ke kerugian yang sangat besar. Karena kinerja insulation tester Chauvin Arnoux MX 406B bergantung pada akurasi yang bisa menurun sewaktu-waktu. Nah, alat ukur yang akurasinya tidak tepat, dapat menimbulkan ketidakpastian. Simaklah penjelasan mengenai perawatan dan kalibrasi insulation tester Chauvin Arnoux MX 406B di uraian berikut.

Perawatan Insulation Tester Chauvin Arnoux MX 406B

Teknik perawatan insulation tester Chauvin Arnoux MX 406B tidak begitu sulit untuk diterapkan. Hanya saja ditekankan pada pembersihan alat yang melarang penggunaan produk abrasif dan pelarut. Sementara itu, pembersihan yang dianjurkan yakni dengan memakai kain lembab dan sabun. Jasa perbaikan dari Kalibrasi.com tersedia untuk memperbaiki insulation tester Chauvin Arnoux MX 406B milik Anda bila terjadi kerusakan.

Kalibrasi Insulation Tester Chauvin Arnoux MX 406B

Setelah merawat, instrumen insulation tester Chauvin Arnoux MX 406B perlu dikalibrasi. Kalibrasi adalah penyelarasan akurasi terhadap standar. Selain menyediakan jasa perbaikan, jasa kalibrasi insulation tester Chauvin Arnoux MX 406B juga disediakan oleh Kalibrasi.com dengan jaminan akreditasi dari KAN. Layanan yang diberikan juga mudah untuk diakses. Dimana lagi Anda bisa memesan jasa kalibrasi hanya dengan mengisi form di bawah ini. Isilah dengan data yang lengkap dan benar untuk mendapat tawaran jasa kalibrasi dari Kalibrasi.com.