Insulation Tester

Pedoman Penggunaan Insulation Tester Chauvin Arnoux C.A 6545 dan Maintenancenya

Insulation Tester Chauvin Arnoux C.A 6545 adalah sebuah instrumen yang sangat penting di dunia industri dan pekerjaan listrik. Dengan menggunakan alat ini, teknisi dan insinyur dapat mengukur resistansi isolasi dengan tingkat akurasi yang tinggi, sehingga membantu dalam pencegahan risiko kegagalan isolasi yang bisa menimbulkan kebakaran atau kerusakan perangkat listrik lainnya.

Untuk itu bagi pelaku industri yang berkaitan dengan bidang kelistrikan ini, perlu paham bagaimana cara ini dapat menanggulangi kesalahan kelistrikan yang terjadi. Mari kita bahas mulai dari pedoman penggunaan terlebih dahulu.

Pedoman Penggunaan Insulation Tester Chauvin Arnoux C.A 6545

Berikut ini adalah cara penggunaan alat Insulation Tester Chauvin Arnoux C.A 6545 secara umum, namun selalu rujuk pada manual book untuk petunjuk lebih spesifik:

  1. Persiapan Alat: Sebelum memulai, pastikan alat dan semua aksesori dalam kondisi baik. Cek juga baterai untuk memastikan alat dapat beroperasi dengan optimal.
  2. Konfigurasi: Hubungkan probe dan kabel pada port yang sesuai. Pastikan semua konektor aman dan sesuai petunjuk di manual.
  3. Pengaturan Parameter: Nyalakan alat dan pilih tegangan uji yang akan digunakan. Tegangan yang dipilih harus sesuai dengan material dan perangkat yang akan diuji.
  4. Proses Pengujian: Tempelkan probe pada permukaan isolasi yang akan diuji. Tekan tombol start untuk memulai pengujian.
  5. Pembacaan Hasil: Setelah pengujian selesai, baca dan catat hasil pengujian yang ditampilkan di layar alat.

Untuk instruksi penggunaan yang lebih detail bisa dibaca di user manual Chauvin Arnoux C.A 6545

Bidang yang Cocok dengan Insulation Tester Chauvin Arnoux C.A 6545

Dengan fungsinya yang cukup banyak dan membantu para profesional kelistrikan dalam menjalankan tugasnya, Chauvin Arnoux C.A 6545 sangat bermanfaat di berbagai sektor industri, di antaranya:

  1. Industri Elektrik dan Elektronik: Untuk memeriksa kualitas isolasi pada kabel dan komponen elektronik.
  2. Konstruksi dan Instalasi: Untuk memeriksa keamanan instalasi listrik dalam bangunan.
  3. Pemeliharaan dan Perbaikan Fasilitas: Untuk routine check-up perangkat listrik di fasilitas produksi atau komersial.
  4. Sektor Energi, Minyak, dan Gas: Dalam operasi pengujian dan pemeliharaan perangkat listrik di lapangan.

Spesifikasi Insulation Tester Chauvin Arnoux C.A 6545

Dengan memahami lebih dalam tentang cara penggunaan dan aplikasi Insulation Tester Chauvin Arnoux C.A 6545 di berbagai sektor, Anda bisa lebih mengoptimalkan alat ini. Untuk itu akan kita jabarkan spesifikasi dari alat ini.

  • measurement range: 10 kΩ to 10 TΩ
  • 4 fixed test voltages: 500 / 1,000 / 2,500 and 5,000 V
  • adjustable test voltage position: 40 to 5,100 V in 10 V or 100 V increments
  • large backlit LCD screen with digital display and bargraph
  • quantitative insulation analysis: DAR, PI and DD (dielectric discharge) quality ratios calculated automatically and R(t) stored
  • large number of functions: programmable test duration, test voltage locking, smooth function, programmable alarms, etc.
  • power supply: NiMH rechargeable battery for 30 days’ operation with 10 DAR measurements and 5 PI measurements per day
  • electrical safety: IEC 61010-1 Cat.III 1000V or Cat.I 2500V and IEC 61557
  • dimensions: 270 x 250 x 180 mm; weight: 4.3 kg

Selengkapnya untuk spesifikasi yang lebih detail bisa cek di datasheet Chauvin Arnoux C.A 6545

Kelebihan Insulation Tester Chauvin Arnoux C.A 6545

Jika Anda bekerja di bidang industri yang membutuhkan pengujian isolasi listrik, Anda tentu akan membutuhkan alat yang akurat, efisien, dan mudah digunakan. Inilah alasan mengapa Insulation Tester Chauvin Arnoux C.A 6545 menjadi pilihan favorit banyak profesional. Sekarang, mari kita bahas apa saja keunggulan yang membuat alat ini begitu istimewa.

  • Large backlit LCD screen
    Layar LCD besar yang dilengkapi dengan lampu latar membuat pembacaan hasil pengujian menjadi sangat mudah, bahkan dalam kondisi pencahayaan yang kurang ideal.
  • 4 fixed test voltages: 500 / 1,000 / 2,500 and 5,000 V
    Alat ini memberikan fleksibilitas dalam pemilihan tegangan uji, memungkinkan untuk mengadaptasi berbagai jenis material dan kondisi.
  • Large measurement range from 10 kΩ to 10 TΩ
    Kemampuan untuk mengukur resistansi isolasi dari rentang yang sangat luas mempermudah di banyak aplikasi, dari pengujian kualitas material hingga analisis kegagalan.
  • Quantitative insulation analysis: DAR, PI and DD
    Fungsi analisis isolasi kuantitatif seperti Dielectric Absorption Ratio (DAR), Polarization Index (PI), dan Dielectric Discharge (DD) memberikan informasi lebih detail tentang kualitas isolasi.
  • IP53 protection
    Tingkat proteksi IP53 menjaga alat ini tetap aman dari partikel debu dan tetesan air, sangat berguna dalam lingkungan industri yang keras.
  • IEC 61010 1,000 V CAT III safety
    Alat ini memenuhi standar keamanan IEC, memastikan bahwa alat ini selamat digunakan dalam aplikasi industri dan listrik.
  • Warranty 24 months
    Garansi 24 bulan memberikan jaminan keamanan dan kepercayaan lebih dalam investasi Anda.

Perkiraan Harga Insulation Tester Chauvin Arnoux C.A 6545

Harga  C.A 6545 bisa sangat variatif, tergantung pada banyak faktor seperti permintaan pasar, ketersediaan stok, dan lokasi distributor. Namun, untuk informasi yang lebih spesifik mengenai harga, Anda disarankan untuk mengklik banner di bawah ini atau mengunjungi Ralali.com, salah satu platform terpercaya untuk kebutuhan industri Anda.

Maintenance dan Kalibrasi Insulation Tester Chauvin Arnoux C.A 6545

Maintenance dan kalibrasi adalah hal yang krusial dalam urusan mempertahankan performa dari sebuah alat, sama halnya pada Insulation Tester Chauvin Arnoux C.A 6545, hal ini lah yang akan kita jelaskan pada bagian berikutnya.

Maintenance Insulation Tester Chauvin Arnoux C.A 6545

Perawatan Chauvin Arnoux C.A 6545 melibatkan beberapa aspek penting. Pertama, selalu bersihkan alat ini dari debu atau kotoran yang bisa mengganggu performa. Kedua, periksa baterai dan pastikan selalu dalam kondisi prima. Ketiga, lakukan inspeksi visual pada kabel dan konektor untuk memastikan tidak ada yang rusak. Jika Anda merasa membutuhkan layanan profesional, Kalibrasi.com adalah salah satu pilihan yang dapat Anda pertimbangkan.

Kalibrasi Insulation Tester Chauvin Arnoux C.A 6545

Kalibrasi tidak hanya memastikan keakuratan alat Anda tetapi juga memenuhi persyaratan regulasi dan standar industri yang relevan. Untuk itu, disarankan untuk melakukan kalibrasi secara berkala dan oleh pihak yang kompeten. Layanan kalibrasi insulation tester dari Kalibrasi.com adalah pilihan yang bisa Anda pertimbangkan. Anda dapat mengisi form yang disediakan untuk penawaran lebih lanjut