Insulation Tester

Pedoman Pemakaian Insulation Tester Chauvin Arnoux C.A 6513 dan Perawatannya

Anda mencari insulation tester analog yang kecanggihannya sudah setara dengan digital? Maka insulation tester Chauvin Arnoux C.A 6513 dapat menjadi opsi paling ideal. Karena meskipun analog, insulation tester Chauvin Arnoux C.A 6513 sudah memiliki fitur yang bisa mendeteksi adanya tegangan secara otomatis pada pengukuran langsung. Rentang pengukuran insulasi cukup luas yakni hingga 1,000 MΩ pada 500V dan 1,000V DC. Instrumen C.A 6513 adalah alat yang bisa mengukur ketahanan isolasi yang melapisi kabel atau suatu perangkat yang dialiri arus listrik, sehingga disebut dengan insulation tester. Untuk pedoman penggunaannya, akan dipaparkan di artikel ini lengkap dengan cara perawatannya. Simak terus hingga akhir, ya!

Pedoman Penggunaan Insulation Tester Chauvin Arnoux C.A 6513

Ikuti cara penggunaan insulation tester Chauvin Arnoux C.A 6513 di bawah ini secara umum atau Anda bisa melihat pedomannya di dalam buku manual yang lebih lengkap.

  1. Sebelum digunakan, cek daya baterainya untuk memastikan telah terisi penuh
  2. Gunakan aksesoris (lead dan crocodile clip) untuk menyambungkan instrument ke instalasi yang akan diuji
  3. Pada tanda + sebaiknya Anda hubungkan ke bumi
  4. Geserlah tombol ke opsi pengukuran insulasi yang Anda pilih
  5. Hasil pengukuran insulasi hanya akan muncul apabila instrument tidak mengindikasikan adanya tegangan pada sirkuit yang diukur. Lalu untuk sirkuit yang masih ditemukan tegangan, hasil pengukuran insulasi tidak akan muncul
  6. Apabila kondisi instalasi ada di kemungkinan kedua yakni terdapat tegangan, Anda harus temukan sumber tegangannya dan menekan tegangan tersebut
  7. Pengukuran insulasi dapat Anda lanjutkan dengan menekan tombol kuning. Lalu pembacaan bisa dilakukan pada skala log berwarna kuning
  8. Jangan langsung lepaskan instrumen setelah pengukuran selesai dan biarkan tetap terhubung beberapa saat

Sektor yang Cocok dengan Insulation Tester Chauvin Arnoux C.A 6513

Insulation tester Chauvin Arnoux edisi C.A 6513 ini yang populer sebagai insulation tester analog yang cukup populer. Kepopulerannya ditandai dari banyak sektor yang cocok dengan insulation tester Chauvin Arnoux C.A 6513 dalam beberapa bidang pekerjaan. Sektor produksi olahan pangan, sektor pertanian, sektor pembangkit listrik, dan sektor kelistrikan adalah sektor yang dapat mengaplikasikan instrumen ini. 

Spesifikasi Insulation Tester Chauvin Arnoux C.A 6513

Sebelum membeli insulation tester Chauvin Arnoux C.A 6513, sangat disarankan bagi Anda untuk mengulas lebih dalam mengenai alat ini termasuk juga spesifikasinya. Nah, untuk spesifikasi insulation tester Chauvin Arnoux C.A 6513 akan diberikan setelah ini. jadi, Anda tidak perlu repot untuk mencarinya lagi.

Insulation (Mcalibre)
Test voltage (VDC) 500 V
Range 0.1 to 1000 M
Accuracy ± 5 % of measurement
Resistance
Range
Accuracy
Continuity
Range -10 to +10 
Accuracy ± 3 % at full scale
Measurement current ≥ 200 mA
Reverse current Yes
Voltage
Range 0 to 600 VAC
Frequency 45 to 400 Hz
Accuracy 3 % at full scale
Other features
Display Analog
Dimensions 167 x 106 x 55 mm
Weight 500 g
Power supply 4 x 1.5 V AA batteries
Electrical safety IEC 61010 – 600 V CAT III

Selengkapnya untuk spesifikasi yang lebih detail bisa cek di datasheet Chauvin Arnoux C.A 6513

Kelebihan Insulation Tester Chauvin Arnoux C.A 6513

Tunggu dulu, hanya karena insulation tester Chauvin Arnoux C.A 6513 adalah instrumen yang termasuk ekonomis bukan tidak mungkin baginya untuk memuaskan pengguna. Ditawarkan sejumlah keunggulan insulation tester Chauvin Arnoux C.A 6513 selain dari performa alat pada saat melakukan fungsi utama. Simak disini.

  • Insulation measurement up to 1,000 MΩ (1 range) at 500 V and 1,000 V DC
  • Resistance measurements 0 to 1,000 Ω
  • Automatic voltage absence testing by direct measurement
  • Easy reading of the indication and logarithmic scale
  • Compliant with IEC 61557
  • Electrical safety: IEC 61010 600V Cat III

Perkiraan Harga Insulation Tester Chauvin Arnoux C.A 6513

Secara umum, perkiraan harga insulation tester Chauvin Arnoux C.A 6513 ada di rentang 12 juta rupiah dan akan berbeda antara satu distributor dan lainnya. Untuk distributor yang memberi harga paling rendah tentunya Ralali.com yang juga menjamin keaslian produk yang dijual. Silahkan Anda klik banner di bawah ini untuk tahu informasi insulation tester Chauvin Arnoux C.A 6513 dari katalog produknya.

Perawatan dan Kalibrasi Insulation Tester Chauvin Arnoux C.A 6513

Insulation tester Chauvin Arnoux C.A 6513 berikan hasil yang presisi dan sesuai standar ketika kebutuhan akan perawatan dan kalibrasinya tidak terlewatkan. Pengguna instrumen diwajibkan mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan perawatan dan kalibrasi insulation tester Chauvin Arnoux C.A 6513. Tidak harus dilakukan secara pribadi, justru diharuskan untuk membawa instrumen ke tempat yang ahli dalam maintenance dan kalibrasi. Ingin tahu rekomendasi tempat maintenance dan kalibrasi insulation tester Chauvin Arnoux C.A 6513? Simak setelah ini.

Perawatan Insulation Tester Chauvin Arnoux C.A 6513

Sebelum alat mengalami kerusakan, dalam buku panduan telah diterangkan bahwa insulation tester Chauvin Arnoux C.A 6513 membutuhkan perawatan berupa kebersihan alat. Hendaknya instrumen dibersihkan menggunakan lap yang sedikit basah oleh air sabun dan jangan gunakan produk abrasif. Lalu, tempat rekomendasi yang menyediakan jasa perawatan atau perbaikan insulation tester Chauvin Arnoux C.A 6513 adalah Kalibrasi.com.

Kalibrasi Insulation Tester Chauvin Arnoux C.A 6513

Rekomendasi tempat untuk melakukan kalibrasi insulation tester Chauvin Arnoux C.A 6513 adalah tempat yang sama dengan tempat maintenance. Jadi, Kalibrasi.com adalah platform digital yang menyediakan jasa perbaikan, jasa kalibrasi, dan sebagainya untuk peralatan ukur. Laboratorium yang bermitra dengan Kalibrasi.com sudah tersertifikasi seluruhnya. Untuk masalah keamanan, Kalibrasi.com bisa Anda percayai. Isi langsung form di bawah ini untuk memesan jasa kalibrasi dari Kalibrasi.com.