Earth Grounding Tester

Mengenal Earth Grounding Tester, Mulai dari Fungsi Hingga Rekomendasi Brand

Saat ini gedung-gedung tinggi semakin banyak dijumpai, apalagi di pusat perkotaan. Dulu banyak orang khawatir dengan sambaran petir yang mengenai gedung tinggi. Tapi kenyataannya kini gedung-gedung tinggi tetap berdiri kokoh meski cuaca sedang buruk. Suatu hal yang ada di balik kokohnya gedung tinggi adalah sistem grounding yang bisa menyalurkan beda potensial menuju bumi.

Sebelum melakukan pemasangan sistem grounding, tanah perlu dianalisa ketahanannya. Apakah telah mencukupi standar kelistrikan nasional. Nama alat yang dapat mengukur ketahanan tanah adalah earth grounding tester. Alat ini sangat penting dalam keamanan arus listrik. Banyak nyawa dapat diselamatkan karena pemantauan ketahanan tanah sebelum dilakukan grounding. Penjelasan yang lebih lengkap seputar earth grounding tester bisa Anda simak di artikel ini.

Penjelasan Earth Grounding Tester atau Earth Tester

Melanjutkan penjelasan earth grounding tester diatas. Earth grounding tester sama dengan earth tester, hanya istilah penyebutannya yang berbeda. Earth tester diciptakan untuk mengukur ketahanan tanah. Ketahanan tanah tersebut berpengaruh pada keberhasilan arus listrik yang disalurkan ke tanah pada sistem grounding. 

Jenis earth grounding tester ada dua yaitu digital dan analog. Versi yang lebih banyak digandrungi adalah versi digital tentu saja karena hasil lebih akurat. Earth grounding tester atau yg dikenal sebagai earth tester memiliki fungsi khusus. Simak penjelasan lengkapnya dan beberapa rekomendasi brandnya!

Fungsi Dari Earth Grounding Tester

Tingkat keberhasilan pemasangan sistem grounding dapat diukur dengan adanya earth grounding tester. Hal tersebut adalah fungsi utama dari alat ini. Kabar baiknya, fungsi dari earth grounding tester tidak hanya itu, simak fungsi lainnya di bawah ini.

  • Mengukur Resistansi Sistem Pentanahan: mengetahui hambatan pada sistem pentanahan untuk mencari solusi terbaiknya
  • Mengukur Resistansi Isolasi: untuk mengidentifikasi kondisi lokasi dan mengetahui kualitasnya
  • Kontinuitas Bumi: earth tester dapat digunakan untuk memastikan kondisi perangkat elektronik stabil dan aman digunakan
  • Menguji Kebocoran Arus: dengan fungsi ini, keselamatan orang lain dapat terjamin keamanannya
  • Mengidentifikasi Ikatan Tanah: sedangkan fungsi ini digunakan untuk mengetahui integritas setiap instrumen listrik

Rekomendasi Brand Earth Grounding Tester Berkualitas

Setelah mengetahui peran yang dipegang oleh earth grounding tester cukup besar dalam dunia kelistrikan, terutama keamanannya. Sebaiknya saat memilih earth grounding tester, pastikan dengan benar kualitasnya. Jika Anda sama sekali belum memiliki pandangan mengenai earth grounding tester dari brand apa yang akan Anda pilih, jangan khawatir. Di bawah ini tercantum dua rekomendasi brand earth grounding tester berkualitas.

Earth Grounding Tester HT Italia

Earth grounding tester HT Italia ideal untuk Anda yang belum berkecimpung terlalu dalam pada dunia grounding. Dapat dikatakan ideal karena earth grounding tester dari HT Italia sudah pasti berkualitas. Performa yang dirancang tidak sembarangan. Jadi, earth grounding tester HT Italia cocok untuk pilihan pertama. Ulas lebih jauh lagi seputar produk dari brand ini di earth grounding tester HT Italia

Earth Grounding Tester Chauvin Arnoux

Rekomendasi kedua dari earth grounding tester berkualitas adalah yang dikembangkan oleh Chauvin Arnoux. Brand Chauvin Arnoux memaksimalkan kemudahan dalam penggunaan dan dari segi tampilan untuk membuat penggunanya fokus kepada aktivitas pengukuran yang sedang dilaksanakan. Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar produk dari brand ini bisa langsung cek earth grounding tester Chauvin Arnoux