Earth Grounding Tester

Cara Mengoperasikan Earth Grounding Tester Chauvin Arnoux C.A 6418 dan Maintenancenya

Dalam pengukuran kebumian seorang teknisi membutuhkan sebuah alat penguji yang disebut dengan earth grounding tester. Fungsi earth tester adalah untuk mengetahui nilai tahanan tanah disuatu area untuk dilakukan grounding pada sistem pengaman kelistrikan. 

Dengan alat ini memungkinkan Anda melakukan identifikasi adanya hambatan pada area pertanahan sekaligus menguji kualitas tanah area tersebut. Nah salah satu brand  alat ukur Chauvin Arnoux asal Perancis telah memproduksi alat ini dalam banyak seri salah satunya earth grounding tester Chauvin Arnoux C.A 6418. 

Earth grounding tester Chauvin Arnoux C.A 6418 ini dapat digunakan untuk pengujian cepat loop pembumian, apa pun jenisnya. Kapasitas penjepitannya memungkinkan pengukuran pada batang persegi panjang 30 x 40 mm dan 20 x 55 mm serta kabel berdiameter 32 mm. 

Dengan fitur lainnya yang mampu menampilkan resistansi loop bumi dan arus bocor yang juga didukung dengan layar oled untuk mampu digunakan pada semua kondisi pencahayaan. berkaitan dengan alat ini lalu bagaimana mengoperasikan alat ini dengan baik? simak selengkapnya berikut ini.

Cara Mengoperasikan Earth Grounding Tester Chauvin Arnoux C.A 6418

Dalam upaya memberikan hasil pengujian resistensi yang akurat dan handal, maka pengguna alat  harus mampu mengoperasikan alat dengan baik. Oleh karenanya sebelum menggunakan Earth grounding tester Chauvin Arnoux C.A 6418 Anda sebaiknya membaca manual book. 

Biasanya manual book menyertai dalam setiap pembelian alat. Untuk lebih lengkapnya mengenai cara pengoperasian alat ini dapat Anda pelajari melalui user manual Chauvin Arnoux C.A 6418

Sektor yang Cocok dengan Earth Grounding Tester Chauvin Arnoux C.A 6418

Sebelumnya Anda telah mengetahui tentang penggunaan alat, dimana dalam implementasinya Earth grounding tester Chauvin Arnoux C.A 6418 memiliki peran penting pada beberapa sektor. Untuk memenuhi kebutuhan konsumen di bidang pengukuran Earth grounding tester Chauvin Arnoux C.A 6418 cocok digunakan terutama pada sektor ketenagalistrikan (Power Sector) atau  sektor instalasi pemanfaatan tenaga listrik. Maka dari itu bagi para teknikal listrik dan engineer alat ini sudah sangat familiar digunakan dalam pengukuran ketahanan tanah.

Spesifikasi Earth Grounding Tester Chauvin Arnoux C.A 6418

Dari penjelasan sebelumnya, Anda telah mengetahui bagaimana alat ini mampu diandalkan dalam teknik pengukuran ketahanan tanah Dengan kemampuannya tersebut alat ini tentunya didukung dengan spesifikasi handal. Berikut spesifikasi unggulan untuk Earth grounding tester Chauvin Arnoux C.A 6418 diantaranya :

  • Rentang pengukuran lebar dari 0,010 Ω hingga 1200 Ω
  • Arus dari 0,5 mA hingga 20 A
  • Alarm dapat dikonfigurasi untuk Ω dan A
  • Mode Pre-Hold otomatis saat klem dibuka
  • 300 pengukuran yang diberi stempel waktu/tanggal
  • Kalibrasi otomatis celah rahang saat penyalaan
  • Buzzer dan mati otomatis

Untuk mengetahui spesifikasi yang lebih rinci mengenai earth grounding Tester Chauvin Arnoux C.A 6418 Anda dapat membaca selengkapnya di Selengkapnya untuk spesifikasi yang lebih detail bisa cek di datasheet Chauvin Arnoux C.A 6418

Keunggulan Earth Grounding Tester Chauvin Arnoux C.A 6418

Setelah mengetahui tentang keunggulan earth grounding Tester Chauvin Arnoux C.A 6418 Anda juga perlu mengetahui tentang  keunggulan dari komponen atau fitur yang melengkapi alat ini. Adapun keunggulan yang dimiliki earth grounding tester Chauvin Arnoux C.A 6418 diantaranya sebagai berikut :

  • Pengukuran Arus dari 0,5 mA hingga 20 A
  • Alarm Tersedia dalam Ω dan A
  • IP40
  • Pengukuran Resistansi Loop dari 0,01 hingga 1,200 Ω

Estimasi Harga Earth Grounding Tester Chauvin Arnoux C.A 6418

Chauvin Arnoux merupakan perusahaan asal Perancis memiliki pangsa pasar di Indonesia tentunya penjualan alat ini pun mulai banyak dilakukan oleh para suppliernya. Dengan banyaknya platform penjualan Chauvin Arnoux, beragam pula harga yang ditawarkan untuk earth grounding Tester Chauvin Arnoux C.A 6418 ini. 

Namun jika Anda berminat lihatlah  salah satu platform penjualan resmi earth grounding Tester Chauvin Arnoux C.A 6418, dengan mengandalkan Ralali.com. Platform ini menjual berbagai alat ukur dengan kualitas dan harga bersaing. Maka dari itu dapatkan segera alat kebutuhan Anda  ini dengan klik banner di bawah untuk menuju halaman produk di Ralali.com.

Maintenance dan Kalibrasi Earth Grounding Tester Chauvin Arnoux C.A 6418

Sebagaimana yang telah dijelaskan, earth grounding tester Chauvin Arnoux C.A 6418 merupakan jenis alat ukur yang bisa kapan saja mengalami penurunan performa. Hal tersebut Karena tidak selamanya selalu akurat dan dapat diandalkan untuk itulah perawatan dan kalibrasi diwajibkan dilakukan pada setiap alat ukur termasuk earth grounding tester Chauvin Arnoux C.A 6418. 

Maintenance Earth Grounding Tester Chauvin Arnoux C.A 6418

Untuk memperpanjang umur alat setiap alat ukur membutuhkan perawatan  yang dapat membantu mencegah kerusakan yang lebih fatal terhadap alat. Perawatan earth grounding tester Chauvin Arnoux C.A 6418 dapat dilakukan dengan cara penyimpanan ditempat yang aman, menggunakan alat sesuai dengan fungsinya, membersihkan alat dari bedu dan pastikan gunakanlah alat sesuai dengan prosedur yang benar.

Kalibrasi Earth Grounding Tester Chauvin Arnoux C.A 6418

Selain perawatan harian, setiap alat ukur yang digunakan untuk kepentingan industri dan pembangunan diwajibkan melakukan kalibrasi secara berkala untuk menjaga keakuratan alat ukur sesuai sebagaimana yang telah diatur. tidak terkecuali earth grounding tester Chauvin Arnoux C.A 6418. Kalibrasi akan membantu dalam menentukan adanya deviasi atau penyimpangan yang umumnya dialami oleh alat ukur.

Prosedur yang rumit sehingga dalam pelaksanaannya perlu dilakukan oleh teknisi yang telah professional. Anda dapat melibatkan jasa kalibrasi dari Kalibrasi.com sebagai platform yang telah  berkompeten dalam penyelenggaraan kalibrasi. Kalibrasi.com menyediakan jasa  kalibrasi terakreditasi KAN dengan ruang lingkup luas dan lengkap untuk kebutuhan jasa kalibrasi Anda. 

Jika Anda sedang membutuhkan jasa kalibrasi earth grounding tester Chauvin Arnoux C.A 6418 segera lakukan penawaran jasa kalibrasi di Kalibrasi.com dengan cara mengisi form yang tersedia berikut.