Dehumidifier

Inilah Penjelasan Lengkap Dehumidifier dan Rekomendasi Brand Terbaik

Dehumidifier industri menjadi peralatan krusial dalam efisien mengelola kelembapan, lumut, serta jamur, terutama di ruang komersial dan industri di mana pengendalian kelembapan, ventilasi, dan suhu udara sering kali menjadi tugas yang sulit. 

Meskipun banyak yang mengenal penggunaan penurun kelembapan untuk mengatasi udara lembab di rumah atau tempat kerja, penggunaan industri mereka jauh lebih luas dan melibatkan upaya keras untuk menjaga ventilasi optimal di ruangan besar. Untuk memahami pentingnya dehumidifier, perlu terlebih dahulu memahami permasalahan yang hendak diatasi oleh alat tersebut.

Fungsi Utama Dehumidifier

Kelembaban mencerminkan tingkat konsentrasi uap air di udara, dan kondisi kelembaban yang tinggi di lingkungan industri atau komersial dapat menjadi tempat yang ideal bagi perkembangan jamur, lumut, serta masalah terkait kelembapan lainnya. Dampaknya tidak hanya terbatas pada kerusakan material dan struktur bangunan, tetapi juga dapat menimbulkan ancaman serius terhadap kesehatan manusia.

Sejumlah faktor dapat menjadi penyebab kelembaban tinggi di ruang industri, termasuk:

Mencegah Pertumbuhan Jamur dan Bakteri

Dehumidifier ini sangat penting untuk mencegah adanya pertumbuhan jamur dan juga bakteri. Dengan mengurangi adanya kelembapan dengan drastis, tentu saja yang bisa membuat pertumbuhan bakteri dan juga jamur.

Mengurangi Kadar Kelembapan Udara di Sebuah Ruangan

Udara yang lembab memang tidak baik untuk kebutuhan industri, apalagi untuk kebutuhan industri pangan dan minuman akan sangat bahaya jika kelembapan udara di sebuah ruangan penyimpanan atau produksi ini dibiarkan sangat tinggi.

Meningkatkan Kualitas Udara pada Ruangan

Dehumidifier juga dapat meningkatkan kualitas udara yang ada pada ruangan. Kualitas udara yang buruk tentu saja akan berimbas kepada masalah produksi. Selain itu juga, untuk kebutuhan kualitas udara yang baik ini sangat berguna bagi pekerja yang ada di dalam ruangan tersebut. 

Mencegah Iritasi pada Kulit

Terakhir, tentu saja adalah tentang bagaimana dehumidifier bisa mengatasi pencegahan untuk iritasi yang bisa terjadi karena kuman, bakteri, kelembapan, yang bisa menyerang kulit karena tugas dehumidifier adalah untuk membersihkan udara yang ada di sekitarnya.

Cara Kerja Dehumidifier

Jadi, sebenarnya dehumidifier adalah mesin yang mengontrol titik embun dan kelembapan dalam suatu ruangan dengan mengekstraksi kelembapan dari udara. Ekstraksi, kondensasi, dan penahanan kelebihan air ini dirancang untuk mencegah kelembapan, pertumbuhan jamur, dan kondensasi yang tidak diinginkan di hampir semua lingkungan, namun untuk ruang komersial dan industri besar, penyewaan dehumidifier industri diperlukan untuk memastikan kontrol kelembapan yang efisien.

Ada dua jenis utama dehumidifier yang tersedia secara luas:

  • Dehumidifier Kompresor
    Ini adalah jenis yang lebih populer, yang berfungsi dengan mengalirkan udara melintasi kumparan yang mengandung zat pendingin untuk mengembunkannya dan mengumpulkan air dalam tangki penyimpanan. Kemudian, udara bebas kelembapan dipanaskan kembali dan dipompa kembali ke dalam ruangan sebagai udara yang lebih kering, sehingga mengurangi kelembapan relatif di atmosfer.
  • Dehumidifier Pengering
    Untuk tipe ini bekerja dengan menggunakan bahan kimia pengering untuk menyerap kelembapan dari udara, menarik udara masuk melalui kipas dan melewatkannya ke penyerap kelembapan pengering. Penyerap ditempatkan pada roda yang bergerak lambat yang kemudian dipanaskan, memungkinkan uap air yang terkumpul menetes ke dalam tangki penyimpanan air.

Rekomendasi Brand Dehumidifier Terbaik

Bagaimana? Apakah memang Anda membutuhkan dehumidifier untuk kebutuhan industri? Anda bisa mencari brand yang terbaik untuk hal tersebut, dan yang sudah sangat sering dipakai dan dipercaya di berbagai industri adalah dehumidifier Trotec. 

Dehumidifier Trotec

Trotec adalah perusahaan manufaktur untuk berbagai peralatan kelistrikan, analisis, dan juga maintenance yang ada pada ruang lingkup industri. Salah satu produknya adalah dehumidifier Trotec.

Trotec yang sudah ada sejak tahun 1994 sampai sekarang akan terus berinovasi untuk semua alat yang dibuatnya termasuk dehumidifier Trotec yang terdiri dari berbagai jenis, berbagai produk, dan berbagai kategori yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Lebih lengkapnya untuk keunggulan dan spesifikasi yang ditawarkan brand ini bisa dicek di Dehumidifier Trotec

Kesimpulan

Banyak industri yang mungkin berinvestasi pada alat penurun kelembapan atau dehumidifier karena keberadaan air berlebih selalu menjadi kekhawatiran. Salah satu yang bisa diandalkan tentu saja adalah dengan dehumidifier Trotec yang sudah pasti terjamin akan kualitasnya dan juga sudah banyak industri yang mempercayakannya.