Data Logger

Pedoman Penggunaan pada Data Logger Graphtec GL100 serta Cara Maintenance

Ilmu pengetahuan dan teknologi kini berkembang sangat pesat, terutama pada hal-hal yang dapat membantu memudahkan pekerjaan manusia sehingga menjadi lebih mudah dan efisien. Terutama untuk masalah pencatatan data. Saat ini ada banyak sektor yang membutuhkan alat canggih untuk pencatatan data dari waktu ke waktu. Untuk dapat menyelesaikan permasalahan tersebut, hadirlah sebuah alat Data Logger. Tahukah Anda apa iti Data Logger? Data Logger merupakan rangkaian alat elektronik yang digunakan untuk mencatat data pada interval waktu tertentu secara terus menerus yang terintegrasi dengan sensor dan instrumen. 

Banyak alat Data Logger yang telah beredar di pasaran, seperti Data Logger dari brand Graphtec GL100 yang telah mengakomodasi data acquisition (daq) dan juga data acquisition recorder. Data Logger Graphtec GL100 adalah alat yang dapat digunakan dengan sendirinya atau dapat dipasangkan dengan alat model lainnya untuk stasiun akuisisi data jarak jauh. Agar tidak terjadi kerusakan yang ditimbulkan karena kesalahan pada saat penggunaan, pada pembahasan selanjutnya terdapat penjelasan mengenai pedoman penggunaan alat yang bisa Anda simak dengan seksama. 

Pedoman Penggunaan Data Logger Graphtec GL100

Untuk dapat memulai pencatat data, tentunya harus mengetahui bagaimana cara menggunakan alat ini dengan baik dan benar. Oleh karena itu, berikut ini terdapat pedoman umum penggunaan Data Logger Graphtec GL100 yang dapat Anda ikuti setiap tahapannya:

  1. Tahap awal, hubungkan Data Logger Graphtec GL100 dengan komputer guna untuk menyinkronkan atau mengkonfigurasi parameter yang akan Anda gunakan. 
  2. Jika telah selesai menyesuaikan parameter tersebut, tekan dan tahan fitur “Play” untuk memulai pencatatan data pada alat. 
  3. Kemudian alihkan ke antarmuka tampilan alat untuk menganalisis pencatatan data. 
  4. Jika Anda ingin menyudahi proses pencatatan data, klik fitur “Stop” untuk menghentikan pencatatan. 

Penjalasan lengkap mengenai pedomana penggunaan dapat Anda temukan di manual book Data Logger Graphtec GL100 yang disertakan sepaket dengan penjualan alat.

Bidang yang Cocok dengan Data Logger Graphtec GL100

Dengan kemampuan yang dimiliki oleh Data Logger Graphtec GL100, tidak dipungkiri jika alat ini telah banyak digunakan diberbagai bidang. Bidang yang cocok dengan alat ini seperti rumah sakit, bidang industri, bidang pertanian, bidang perkantoran, bidang Kesehatan, dan masih banyak lagi. 

Spesifikasi Data Logger Graphtec GL100

Bila Anda ingin memiliki Data Logger Graphtec GL100, sebaiknya Anda harus mengetahui rincian spesifikasi dari alat tersebut. Dengan begitu Anda bisa memutuskan apakah alat ini mampu memenuhi keperluan perusahaan Anda atau masih belum. Untuk rincian spesifikasinya yaitu:

Barang Keterangan
Jumlah saluran Bervariasi berdasarkan modul masukan yang digunakan, dan jenis pengukuran ditetapkan pada setiap modul masukan
Metode masukan, Jenis terminal masukan
Sinyal keluaran Alarm (1 saluran), saklar solid state dengan isolasi optik (Optocoupler, Beban maks. adalah 30 V, 50 mA)
Antarmuka ke PC USB (konektor tipe micro USB B), LAN Nirkabel (WLAN) di GL100-WL
LAN Nirkabel (dalam GL100-WL) Standar: IEEE802.11b, Jarak komunikasi: kira-kira. 40 m
* Bervariasi tergantung kondisi LAN. Kecepatan transfer waktu nyata hingga 500ms. WLAN dapat dinonaktifkan. (Ini diaktifkan dalam pengaturan default pabrik)
Alat penyimpanan Memori internal: RAM (Sekitar 4,9 MB)
Memori eksternal: kartu memori microSD
* Ukuran file maksimum untuk data yang diambil adalah 1,9 MB. Disarankan untuk menggunakan kartu memori microSD yang mendukung mode tidur.
Menampilkan LCD (monokrom dengan lampu latar, tipe grafis 128 x 64 titik)
Isi: Data yang diambil dan menu Pengaturan (Data yang disimpan tidak dapat diputar ulang. Dapat diputar ulang menggunakan perangkat lunak aplikasi PC.)
Fungsi • Pengambilan data real-time
• Menampilkan nilai data yang diambil ke LCD secara real-time dan menyimpan nilai pemantauan
• Atur kondisi menggunakan pengaturan Menu
Saat menggunakan port USB:
• Output data yang diambil secara real-time
• Output data yang disimpan dari memori internal
• Kontrol penuh atas GL100 dari perangkat lunak aplikasi PC
Saat menggunakan LAN Nirkabel (di GL100-WL):
• Keluaran data yang diambil secara real-time
• Keluaran data yang disimpan dari memori internal
• Kontrol penuh GL100 dari perangkat lunak aplikasi PC
• Kontrol sederhana GL100 dari perangkat lunak aplikasi Perangkat Pintar
• Mengirim peringatan melalui email
Alarm • Tindakan
Menghasilkan sinyal ketika data pengukuran mencapai kondisi alarm saat ini
• Sumber
Tingkat data pengukuran
• Metode pendeteksian
Kondisi: Lebih tinggi atau lebih rendah (sinyal lebih tinggi atau lebih rendah dari ambang batas)
Kombinasi: OR
Pemicu • Tindakan
Memulai atau menghentikan perekaman data yang diambil dengan pemicu
• Sumber
Pemicu awal: OFF, Level (*), Alarm, atau Tanggal
Berhenti pemicu: OFF, Level (*), Alarm
* Pemicu level tersedia dalam input analog dari Modul GS-4VT, GS-4TSR, dan GS-3AT.
• Metode pendeteksian Level (*)
Kondisi : Naik atau Turun (sinyal melewati ambang batas)
Kombinasi : OR atau AND
Tahan debu dan tahan air Kompatibel dengan IP54 (*)
* Ini hanya efektif jika modul input diatur ke GL100 dan kemudian penutup konektor dan baterai ditutup. Disarankan untuk mengganti kemasan penutup secara berkala.
Sumber daya • Baterai alkaline (ukuran AA x 2)
• Bus daya USB (5V, 200 mA) (*)
* Bila adaptor AC untuk perangkat USB digunakan, kapasitas daya yang diperlukan adalah 5V, 1A. Baterai dan adaptor AC tidak termasuk.
Lingkungan operasi Suhu: -10 °C hingga 50 °C
Kelembapan: hingga 80 % RH (tidak terkondensasi)
Dimensi luar [L x L x T] Kira-kira. 66 x 100 x 27 mm (tidak termasuk tonjolan)
Berat GL100-N: Kira-kira. 125g, GL100-WL: Kira-kira. 130g_

Selengkapnya untuk spesifikasi yang lebih detail bisa cek di datasheet Graphtec GL100

Keunggulan Data Logger Graphtec GL100

Melalui penjabaran spesifikasi diatas, dapat Anda ketahui bahwa Data Logger Graphtec GL100 didukung dengan instrumen yang berkualitas unggul. Sehingga pada alat ini terdapat keunggulan yang belum tentu dimiliki oleh peralatan lainnya. Keunggulan-keunggulan tersebut diantaranya: 

  • Easy measurement by multifunction input
  • Available the software for PC & Smart devices
  • Possible to check the data in multiple method
  • Reliable measurement with useful functions

Perkiraan Biaya Data Logger Graphtec GL100

Perkiraan harga beli untuk Data Logger Graphtec GL100 kini berkisar Rp. 19.500.000 per unitnya, dan untuk perkiraan harga ini dapat berubah setiap saat. Dengan kisaran harga tersebut, tentunya Anda harus pandai dalam memilih tempat beli. Hal ini perlu Anda lakukan, agar alat yang Anda terima dapat terbukti keasliannya. 

Kini di Indonesia sendiri telah hadir Ralali.com sebagai distributor resmi yang terpercaya. Setiap alat yang didistributori oleh Ralali.comsudah melalui quality control yang sangat ketat, sehingga kondisi alat dapat terjamin. Apakah Anda tertarik ingin melakukan proses pembelian di Ralali.com? Jika tertarik, Anda dapat langsung mengunjungi platform resmi Ralali.com dengan mengklik banner dibawah ini. 

Maintenance dan Kalibrasi Data Logger Graphtec GL100

Selain itu, bila Anda memiliki Data Logger Graphtec GL100 Anda juga perlu rutin dalam melakukan maintenance dan kalibrasi. Maintenance dan kalibrasi seperti apa sih yang harus dilakukan pengguna? Berikut merupakan penjabarannya:

Maintenance Data Logger Graphtec GL100

Panduan maintenance ini biasanya telah dijelaskan di manual book yang sudah disertakan pada saat pembelian alat. Akan tetapi untuk maintenance sederhana yang bisa Anda lakukan yaitu dengan selalu menjaga kebersihan alat, serta pembaruan perangkat yang dibutuhkan oleh alat tersebut. 

Kalibrasi Data Logger Graphtec GL100

Mengenai proses kalibrasi yang perlu dilakukan secara rutin pada Data Logger Graphtec GL100, hanya bisa dilakukan oleh seorang teknisi yang ahli dan berpengalaman saja yang dapat menanganinya. agar tetap dapat memenuhi kalibrasi pada alat, Anda bisa mengajukan layanan proses kalibrasi di Kalibrasi.com. Untuk dapat mengajukan layanan Kalibrasi.com dengan mudah, dibawah ini sudah disediakan banner Klibrasi.com yang bisa langsung Anda klik.